Ide Bisnis Kreatif Kerajinan yang Bisa Datangkan Banyak Rupiah

Ide Bisnis Kreatif Kerajinan yang Bisa Datangkan Banyak Rupiah

ide kreatif kerajinan
ide kreatif kerajinan

Ide Bisnis Kreatif Kerajinan yang Bisa Datangkan Banyak Rupiah

Tren berbisnis di kalangan anak muda kian digemari. Agar bisa bersaing dan bertahan di dunia bisnis, kamu harus memilih ide bisnis kreatif modal kecil yang peluangnya lebih besar. Lalu ada ide bisnis kreatif apa saja yang bisa dipilih? Lihat daftarnya di sini!

Membuka bisnis sendiri tampaknya sekarang sedang menjadi tren. Hal ini bisa kamu lihat dari banyaknya perusahaan startup dan bisnis kreatif yang sebagian besar dilakoni oleh anak muda. Merintis bisnis pribadi memiliki tantangan tersendiri sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan bisnis yang sukses. Di tengah persaingan yang tinggi, bisnis kreatif tetap bisa bertahan dan menjadi sorotan karena tampil dengan beragam inovasi menarik.

Dinamakan bisnis kreatif karena dalam proses pembuatan produk-produknya dibutuhkan kreatifitas sehingga bisa menghasilkan nilai seni dan harga jual yang tinggi. Buat kamu yang tertarik untuk membuka bisnis kreatif, HaloMoney.co.id punya sepuluh ide bisnis kreatif yang bisa kamu pilih, yaitu:

 

1. Kerajinan rotan

Ide Kerajinan Rotan
Ide Kerajinan Rotan

Naiknya US Dollar ternyata tidak selamanya berdampak buruk pada industri bisnis Indonesia. Ada sektor industri yang ternyata malah mendulang untung berlipat akibat dampak kenaikan US Dollar, yaitu kerajinan rotan. Kenapa bisa untung? Karena kerajinan rotan yang dihasilkan akan diekspor ke luar negeri. Perlu kamu ketahui, permintaan akan kerajinan rotan dari negera-negara Eropa dan Jepang ini sangat tinggi.

Tapi bukankah di Indonesia pengrajin rotan sudah banyak? Di Indonesia kerajinan rotan memang sudah banyak pengrajinnya, tapi bentuknya sangat kaku dan itu-itu saja. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan ide bisnis kreatif yang jarang ada ini sebagai peluang untuk berbisnis kerajinan rotan dengan tampilan yang lebih unik seperti bentuk-bentuk karakter tokoh kartun. Harga yang dijual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan, tergantung dari kerumitan pengerjaan dan ukurannya.

 

2. Scrap frame

Ide Scrap Frame
Ide Scrap Frame

Bisnis scrap book sudah mulai meredup, tapi tidak dengan scrap frame yang keberadaannya sedang menjadi sorotan. Scrap frame merupakan pigura yang dihias dengan aneka latar potongan gambar, foto, dan tulisan tangan yang dipadukan sedemikian mungkin sehingga menghasilakn tampilan 3D yang apik. Scrap frame memadukan kreatifitas seni menggunting dan menempel.

Bisnis scrap frame ini memiliki peluang yang besar karena ada banyak orang yang menjadikannya sebagai hadiah untuk orang terdekat atau membelinya untuk sengaja dijadikan pajangan unik di rumah. Biasanya scrap frame ini dibuat berdasarkan permintaan alias menerapkan sistem PO (pre order) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Harga jual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga ratusan ribu, tergantung bahan yang digunakan.

3. Kayu lukis

Ide Karya Lukis
Ide Karya Lukis

Melukis di atas kayu menjadi ide bisnis kreatif yang masih belum banyak dilirik tapi memiliki peminat yang sangat banyak. Melukis di atas kayu dengan menggunakan teknik tipografi atau penulisan ini biasanya diminati untuk dijadikan souvenir pernikahan karena wadah lukisannya berupa talenan, centong, tatakan mug, dan perabotan kayu lainnya. Souvenir pernikahan pastinya akan terlihat lebih unik dengan kayu lukis ini.

Untuk memulai bisnis kayu lukis, tidak membutuhkan modal dana yang banyak. Tapi pastinya kamu harus membutuhkan modal keahlian melukis. Bangun relasi dengan wedding organizer agar pasarmu bisa lebih luas.

 

4. Bunga kertas artificial

Bunga kertas artificial
Bunga kertas artificial

Pernah melihat foto dengan background bunga-bunga kertas dalam acara lamaran, birthday party, baby shower, pernikahan, atau acara-acara pesta lainnya? Bunga kertas artificial ini sedang menjadi tren dan digandrungi banyak anak muda, tak terkecuali selebriti. Ide bisnis kreatif bunga kertas artificial ini memiliki modal yang tidak sebesar modal membuka toko bunga karena bahan bakunya terbilang cukup murah. Meski bahan bakunya murah, tapi nilai jual bunga kertas artificial ini cukup tinggi karena bisa bertahan lama dan tidak bisa layu.

 

Baca Juga : Tips dan Trik Bisnis Air Isi Ulang

 

5. Bantal karakter

Ide Bantal Karakter
Ide Bantal Karakter

Industri kreatif selalu menghadirkan produk-produk unik yang memiliki nilai jual tinggi. Jika biasanya bantal hanya digunakan sebagai alas kepala untuk tidur, tapi sekarang bantal telah berubah makna karena bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah, souvenir, hingga hadiah untuk orang tersayang. Bantal tidak lagi berbentuk kotak atau persegi panjang saja karena di zaman sekarang, bantal memiliki beragam bentuk seperti tokoh superhero atau tokoh animasi yang digemari anak-anak. Selain bantal karakter, kamu juga bisa melirik bisnis kreatif yang serupa yakni bantal lukis.

 

6. Home living products

Ide Home living products
Ide Home living products

Tak ingin hanya berbisnis bantal karakter saja, kamu bisa memilih ide bisnis kreatif home living products. Bukankah banyak pesaingnya? Industri kreatif yang satu ini memang memiliki banyak pesaing, tapi jika kamu membuatnya tampil berbeda, pasti produkmu bisa bersaing dan memiliki banyak peminat. Coba untuk membuat tema tertentu seperti vintage, makrame, bohemian, industrial, dan lain sebagainya. Trik pemasarannya adalah kamu harus pintar-pintar memadukan dan menciptakan foto yang terlihat apik dipandang agar bisa menarik calon pembeli.

 

7. Bros clay

Ide Bros Clay
Ide Bros Clay

Bisnis kreatif selalu hadir dengan beragam inovasi menarik yang terkadang tidak kita sangka-sangka sebelumnya. Jika awalnya clay dipergunakan sebagai bahan untuk melatih kreativitas anak karena tergolong aman digunakan, kini clay justru dijadikan sebagai bahan baku beragam kerajinan tangan, mulai dari miniatur karakter tokoh, boneka, hingga bros cantik. Modal untuk bros clay ini tak mencapai Rp 5 juta karena kamu bisa menggunakan bahan dasar clay dari tepung terigu, tepung kanji, tepung maizena, tepung tapioka, hingga tepung beras.

 

8. Print 3D

Ide Printer 3D
Ide Printer 3D

Print menggunakan media kertas sudah biasa, tapi bagaimana jika print yang mencetak mirip dengan bentuk aslinya alias tiga dimensi. Print 3D bisa menjadi ide bisnis kreatif yang bisa kamu geluti karena keberadaannya masih langka di Indonesia sehingga pesaingnya tidak terlalu banyak. Untuk dapat membuka bisnis print 3D ini, pastinya kamu harus memiliki printer khusus 3D terlebih dahulu. Kisaran modal yang kamu butuhkan lumayan banyak karena harga satu mesin printer 3D bisa lebih dari Rp 5.000.000.

 

9. Furniture dari Barang Bekas

Ide Furniture Bekas
Ide Furniture Bekas

Sering datang ke kafe atau coffee shop kekinian? Beberapa kafe dan coffee shop, ada yang memiliki konsep industrial sehingga mereka sengaja meletakkan furniture unik yang terbuat dari barang bekas, seperti kursi yang dibuat dari drum minyak. Selain drum minyak, ada ban bekas, rak peti kemas, krat minuman, hingga bathtube bekas. Kamu bisa menjadikan furniture dari barang bekas sebagai ide bisnis kreatif dengan modal minimal tapi untungnya maksimal. Agar tidak kekurangan pasokan barang bekas, kamu harus menjalin kerjasama dengan tempat-tempat pengepul barang bekas.

 

10. Daur ulang sampah plastik

Ide daur ulang
Ide daur ulang

Masih dengan menyulap barang tak berharga menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Selain ide bisnis kreatif furniture barang bekas, ada daur ulang sampah plastik yang jika diolah dengan kreativitas tinggi akan menghasilan barang yang memiliki nilai jual. Produk-produk daur ulang sampah plastik ini memiliki modal yang sangat kecil karena kamu bisa mendapatkannya dari limbah plastik atau sampah plastik.

Tapi jangan sekali-kali meremehkan bisnis daur ulang sampah plastik ini karena dari sampah plastik, kamu bisa membuat beragam barang kerajinan tangan yang ternyata bisa diekspor hingga ke luar negeri. Beberapa produk daur ulang sampah plastik yang terkenal adalah tas belanja, tas ransel, sendal, dan payung.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM)

 

referensi : https://www.halomoney.co.id/

Pencarian Keyword Google:

Previous Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM)
Next Diana Rikasari,Seorang Blog Fashion Diary Bangun Brand Fashion International

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *