Bagaimana Cara Supaya Bisnis Bisa Tahan Lama

Tips-Sukses-Menjalankan-Bisnis-Kuliner-Khas-solo-2.jpg

Bagaimana Cara Supaya Bisnis Bisa Tahan Lama, Bisnis bisa tahan lama bagaimana ya caranya? Kamu pasti penasaran, apa sih sebenarnya yang membuat sebuah bisnis bisa bertahan sampai bertahun-tahun, puluhan tahun lamanya bahkan sampai ratusan tahun? Coca Cola misalnya, itu udah lebih dari 100 tahun lho. Heran nggak? Kok bisa sih bertahan selama itu? Sudah berapa generasi ya kalau lebih dari 100 tahun, yang jelas banyak banget deh.

Dengan fakta bahwa ada bisnis yang bertahan lama banget, itu artinya nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Kamu juga bisa jadi salah satu orang yang punya bisnis awet. Segala sesuatu pasti ada rahasianya dong. Setelah kemarin diKemas.com sempat melakukan riset sederhana dan merangkum pendapat netizen yang baik hati melalui Instagram kami, ini dia jurus bikin bisnis awet yang berhasil kami rangkum. Kira-kira ada jurus apa saja ya? Coba intip bersama yuk!

Cara Supaya Bisnis Bisa Tahan Lama

Di dunia ini ada yang kelihatannya mustahil, tapi dengan resep berikut ini kamu juga bisa jadi the next yang punya bisnis bisa tahan lama.

1. Jaga kualitas

Ketika menjalankan bisnis yang outputnya baik barang/produk maupun jasa, yang paling pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas. Kualitas produk menjadikan bisnismu dipercaya sama pelanggan. Kalau sudah ada pelanggan setia, bukan tidak mungkin dia akan promosi betapa terjamin kualitas di tempatmu sehingga akan ada pelanggan baru.

Catatan: jika kamu sudah sukses, kualitas tetap harus jadi perhatian utama ya! Kalau kamu sukses dan jadi tidak teliti mengawasi kualitas, bisa-bisa diselip sama pebisnis lain. Kualitas jadi perbincangan hangat di kalangan klien lho. Yuk, jangan sampai kelupaan minimal mempertahankan kualitas. Kalau bisa ditingkatkan, why not?

2. Punya ciri khas

Memiliki ciri khas atau karakter sendiri. Berani berinovasi dan kreatif mengikuti tren yang terus berkembang. Kualitas dan konsistensi benar-benar harus dijaga dari sejak awal bisnis dibuka hingga sukses nanti. Soalnya, kadang kalau sudah sukses, hal-hal sederhana mendasar seperti ini sering dilupakan. Padahal bisa dikatakan ini masuk key factor biar bisnis bisa sukses dan bonusnya bisa tahan lama deh!

3. Inovasi nggak boleh dilewatkan

Inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Itu makna menurut KBBI ya, jadi intinya kalau inovasi bisnis itu yang sebelumnya sudah ada bisa di upgrade mengikuti perkembangan jaman biar nggak ketinggalan jaman dan kalah saing.

4. Cari tahu yang dibutuhkan pasar

Ketika ingin menjalankan bisnis, jangan sekadar memikirkan kita mau apa, karena yang lebih penting adalah apa yang memang lagi dicari dan dibutuhkan sama pasar. Pasar yang dimaksud di sini adalah target bisnis. Dengan menyesuaikan bisnis sesuai kebutuhan pasar, pasti ada saja klien yang akan datang melarisi bisnismu. Bisnismu akan ngalir terus nggak pernah kehilangan pelanggan.

5. Pentingnya strategi marketing

Menjalankan usaha jangan setengah-setengah. Kamu sudah tahu kalau punya banyak saingan, jangan dianggap remeh. Strategi pemasaran atau marketing ini penting banget untuk kamu yang baru memulai bisnis. Hal yang menjadi prioritas untuk dipertimbangkan dalam sebuah bisnis, terutama jika baru saja merintis adalah strategi dalam mempromosikan usahamu. Tidak jarang, orang yang menjalankan bisnis hanya sekadar menjalankan dan untuk marketing-nya mengalir begitu saja alias fleksibel, padahal jika ingin bisnismu berhasil, segala sesuatunya harus dimatangkan!

Eits, nggak cuman lima poin di atas aja lho yang bisa bikin bisnis jadi awet, masih ada beberapa poin lagi. Nantikan kelanjutan episode membahas strategi biar bisnis bisa tahan lama.

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

 

scroll to top