11 UKM Singapura Siap untuk Ekonomi Masa Depan

Additional gallery in post content

11 UKM Singapura Siap untuk Ekonomi Masa Depan


FinLab, perusahaan patungan antara United Overseas Bank Limited (UOB) dan SGInnovate1, mengumumkan pencapaian tonggak dari 11 UKM yang berpartisipasi dalam program “Transformasi Bisnis Cerdas” pertama di Singapura.

Program empat bulan ini terdiri dari lokakarya, sesi mentoring, dan evaluasi berbagai solusi teknologi yang dirancang untuk mengatalisasi transformasi digital UKM. Selain mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi yang berbeda dapat diintegrasikan ke dalam bisnis mereka, 11 UKM tersebut juga telah memperdalam kemampuan digital mereka dengan mengujicobakan solusi yang memanfaatkan teknologi seperti pembelajaran mesin, Artificial Intelligence (AI) dan Robotic Process Automation.

Baca Juga: LPEI dorong daya saing UMKM melalui e-commerce

Ini adalah program akselerasi pertama dari jenisnya yang dirancang untuk UKM. Ini juga merupakan siklus percepatan ketiga FinLab. Siklus sebelumnya FinLab berfokus pada peningkatan dan pengomersialisasian solusi dari perusahaan pemula di bidang fintech yang inovatif terpilih dari lebih dari 700 pelamar dari lebih dari 44 negara.

Felix Tan, Managing Director FinLab, menjelaskan bahwa program terbaru ini mengincar UKM berkolaborasi dengan pakar domain untuk terlebih dahulu melengkapi diri mereka dengan pengetahuan dan alat untuk berinovasi diri dan untuk mengelola perubahan.


“Kami kemudian bekerja dengan masing-masing UKM untuk meninjau, untuk menentukan dan untuk mengidentifikasi area masalah sebelum strategis dan menyetujui solusi untuk memulai dengan”, ungkap Felix Tan. “Pada saat ini, lebih dari 400 solusi digital yang bersumber melalui jaringan kami dikuratori, kecilkan jumlahnya, dan dinilai bersama dengan UKM kami yang berpartisipasi. Sepuluh perusahaan akhirnya dipilih untuk menjalankan program pilot bersama.”

Saat ini, 11 UKM yang berpartisipasi bekerja untuk menguji hingga dua solusi masing-masing, dengan rencana untuk meluncurkannya sepenuhnya mengikuti kesuksesan pilot. Untuk menandai penyelesaian program, hari ini FinLab mengadakan Hari Pameran di School of Arts Singapore untuk semua UKM untuk berbagi pengalaman mereka dan solusi teknologi yang sedang diujicobakan di bisnis mereka masing-masing.

Perkembangan Positif dari Program

Siam Coconut, distributor bahan makanan Thailand, telah menjual produk air kelapa “Cocoloco” 2 mereka melalui halaman Facebooknya lewat kerja sama dengan Jumper.ai, enabler e-commerce. Dengan solusi Jumper.ai, Cocoloco dapat dibeli melalui Facebook Messenger menggunakan bot untuk mengambil dan memenuhi pesanan secara otomatis; sehingga menambahkan saluran baru ke jaringan penjualan perusahaan.

Sementara itu, UE Holidays – agen perjalanan yang mengkhususkan diri dalam tur di AS dan Eropa – telah menerapkan solusi generasi-generasi oleh Novocall di situs web mereka. Solusi Novocall, yang dapat diterapkan dengan cepat dan mudah, membantu agen perjalanan untuk melacak dan mengonversi kunjungan situs web menjadi prospek potensial.

Membantu Perusahaan Menyediakan Solusi Teknologi untuk Tujuan Komersil

Selain memandu digitalisasi UKM yang berpartisipasi, perusahaan teknologi yang dipilih juga mendapat manfaat dari mendapatkan klien baru dengan mengamankan pilot untuk memperkuat kesesuaian pasar produk mereka.

Affable Technologies yang berbasis di Singapura adalah salah satu penyedia solusi yang mengujicobakan solusi mereka melalui program FinLab. Teknologi berbasis AI mereka digunakan oleh International Labs, distributor merek-merek ritel global seperti Everlast, untuk mengidentifikasi influencer Instagram yang relevan dengan pengikut yang sesuai dengan target pasar Everlast untuk membantu menumbuhkan kesadaran merek dan mendorong penjualan.

Felix Tan menekankan pentingnya bagi pemilik bisnis dan tim manajemen mereka untuk melakukan pendekatan inovasi dengan pola pikir terbuka untuk belajar dan mengambil sudut pandang yang berbeda, kesediaan untuk mengeksplorasi dan mencoba cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan kemampuan untuk melihat transformasi proses melalui.

“Mengadopsi teknologi baru hanyalah salah satu bagian dari persamaan. Untuk memastikan bahwa proses transformasi adalah sesuatu yang berkelanjutan, perubahan perlu dimasukkan ke dalam strategi keseluruhan. Jadi, meskipun perjalanan transformasi digital mereka masih jauh dari kata selesai, kami yakin bahwa 11 UKM ini akan melihat upaya mereka membuahkan hasil. ”

 

Referensi: https://www.duniafintech.com

Keyword: Berita Bisnis UKM|Berita UKM|Bisnis Kreatif|Bisnis Online|Event Bisnis UKM|‎Info Bisnis UKM|‎Inspirasi Bisnis UKM|Liputan Bisnis|Pelatihan UKM|Pembiayaan UKM|Permodalan UKMStrategi Bisnis UKM|Tips Bisnis UKM

Previous Strategi Jitu Mengembangkan Bisnis UKM Di Tahun 2019
Next Kualitas SDM, Kunci Sukses UKM

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *