Bisnis Event Organizer adalah bentuk usaha yang berkaitan dengan penyelenggaraan suatu kegiatan atau acara tertentu. Untuk prinsipnya bisnis event organizer ini memiliki fungsi dalam mengatur sumber daya dari suatu acara tertentu. Event organizer atau lebih dikenal dengan sebutan EO ini dapat menangani berbagai macam bentuk acara, dimulai dari acara ulang tahuin, pesta pernikahan, kegiatan seminar, outbond, kegiatan promosi dari perusahaan, melakukan launching terhadap produk baru, atau bahkan beberapa kegiatan acara yang berkaitan dengan dunia olahraga, serta musik hingga ke taraf internasional. Namun meskipun dapat menangani berbagai macam bentuk acara tertentu, banyak sekali diantaranya EO yang hanya membatasi pelayanan untuk beberapa acara tertentu saja.

Seperti halnya EO yang hanya memiliki spesifikasi untuk menggelar suatu acara pernikahan, atau bahkan beberapa bentuk acara lapangan seperti edutainment, launching dari produk, dan juga konser musik. Hal ini berkaitan dengan tingkat kepiawaian mereka dalam menangani suatu bentuk acara tertentu, karena banyak diantaranya EO yang sukses menangani kegiatan olahraga namun justru tidak mampu menangani acara pernikahan, atau bahkan sebaliknya. Karena hal tersebutlah banyak sekali para pengusaha EO yang hanya berfokus pada satu bentuk spesialisasi tertentu saja.

Selain itu, seorang motivator bisnis, yaitu Andrias Harefa pun juga turut memberikan pernyataan yang hampir sama dengan pemilihan spesialisasi tersebut. Menurutnya para pengusaha yang bergerak dalam bidang EO ini memang sangat wajib untuk menentukan spesifikasi usaha yang tengah dilakukan. Dengan demikian, maka pengusaha tersebut pun akan benar-benar tau dengan hal apa saja yang wajib untuk diperdalam olehnya. Sehingga usaha EO yang digeluti olehnya pun akan berjalan lebih lancar dan mudah.

Bidang EO ini bukanlah bisnis yang bisa dilakukan dengan cara coba-coba, apalagi jika hal tersebut dilakukan tanpa adanya pengetahuan dan juga kemampuan yang tinggi. Memiliki modal yang besar bukalah jaminan untuk mencapai keberhasilan, karena itulah akan lebih baik jika Anda berpikir dulu lebih matang sebelum memulainya.

Bisnis Event Organizer Resiko Besar

Melaksanakan bisnis event organizer ini seringkali disebut sebagai promotor yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap satu bentuk acara tertentu, baik itu dimulai dari mencari berbagai macam bentuk persiapan hingga pelaksanaannya berlangsung. Hal inilah yang membuat EO dikatakan sebagai jenis bisnis dengan resiko besar, terutama untuk EO yang bekerja dengan spesialiasi tertentu, seperti halnya pelaksanaan kegiatan olehraga dan juga konser musik yang memang melibatkan banyak orang atau peserta. Hal ini juga sempat dinyatakan oleh Ari Stefanus sebagai bagian dari A Plus Production, beliau menyatakan jika sebuah EO musik, memang penuh dengan bentuk ketidakpastian, baik itu dari segi perencanaan hingga pelaksanaan yang dilakukan olehnya.

Resiko yang timbul untuk acara musik, biasanya dikaitkan dengan keadaan politik atau bahkan keamanan. Meskipun susunan dari acara musik ini sudah tersusun dengan rapi, berbagai macam bentuk peralatan juga sudah tersedia, bahkan tiket terjual habis, dan fee untuk para artis juga tidak mengalami masalah. Namun dengan tindakan peledakan bom yang dilakukan oleh teroris, maka acara untuk konser musik tersebut pun akan mengalami beberapa bentuk perubahan.

Seperti halnya untuk artis yang berasal dari luar negeri, maka ia pun akan mengeluarkan travel warning dengan membatalkan konser yang dimilikinya. Dengan mengeluarkan travel warning tersebut, asuransi yang berguna untuk mengcover perjalanan konser itu pun menjadio tidak ada sama sekali. Selain itu, ada pula resiko yang ditimbulkan dari tiket yang tidak terjual habis, karena masalah itu biasanya EO tidak dapat membatalkan acara konser musik tersebut begitu saja. Hal ini juga berkaitan dengan banyaknya pihak lainnya yang ikut terlibat.

Pencarian Sponsor Bisnis Event Organizer

Meskipun memiliki tingkat resiko yang tinggi, akan tetapi jenis bisnis yang satu ini pun juga memiliki potensi untuk meraup keuntungan yang tinggi pula. Hal ini bahkan banyak dibuktikan oleh pihak EO yang tidak jarang mendapatkan keuntungan hingga mencapai 100% atau bahkan lebih, utamanya jika acara yang mereka miliki dapat berjalan dengan baik dan meraih kesuksesan tinggi. Seperti halnya pada EO musik, bentuk keuntungan tertinggi yang dapat mereka raih itu bermula dari penjualan tiket dan juga sponsor yang dimilikinya. Karena itulah melakukan bisnis event organizer ini membutuhkan koneksi yang luas.

Bisnis Event Organizer Harus Serius

Bagi pengusaha Event Organizer yang serius mengembangkan bisnis Event Organizer, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Event Organizer harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Di halaman ini, kami akan memberikan 50 cara mempromosikan usaha Event Organizer agar usaha Event Organizer tersebut mencapai kesuksesan.
Paket Website Informatif

Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh, izinkan kami memberikan penjelasan sedikit tentang Strategi Pemasaran. Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen:
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Event Organizer Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Event Organizer. Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Event Organizer jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website untuk Event Organizer perlu juga dilakukan secara offline dan online:

Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi.
Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan terjadilah transaksi.
Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.
Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.

Ilustrasi Integrasi Promosi Offline dan Website (online)

Promosi (menurut Wikipedia) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Tujuan promosi diantaranya adalah:
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3. Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Nah, dari ketujuh tujuan promosi diatas, berikut adalah 50 teknik promosi website yang nantinya akan berisi profil bisnis Event Organizer Anda. Sehingga, begitu mereka mengakses website Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Event Organizer Anda di website tersebut.

Ketika melakukan aktivitas promosi yang kami sebutkan dibawah, jangan lupa untuk selalu memberitahukan alamat website Anda ke calon konsumen Anda.

  1. Memasang iklan baris di koran.
  2. Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
  3. Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
  4. Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
  5. Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
  6. Berpromosi lewat surat (direct mail).
  7. Menjadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
  8. Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
  9. Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
  10. Membangun citra perusahaan dengan kop surat yang menarik.
  11. Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
  12. Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
  13. Membuat tempat khusus untuk memamerkan usaha Event Organizer
  14. Merancang pemasaran jarak jauh (telemarketing)
  15. Membuat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun
  16. Menerbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali
  17. Mencetak kalender dan membagikannya sebagai souvenir.
  18. Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis Event Organizer.
  19. Membuat stiker dengan logo dan slogan perusahaan dan membagikannya
  20. Membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan lalu membagikannya.
  21. Menjajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
  22. Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
  23. Memanfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi
  24. Berterimakasih pada konsumen dengan mengirimi surat
  25. Menjaga hubungan dengan konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
  26. Memasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
  27. Menyewa agen periklanan atau humas (Public Relation)
  28. Menyelenggarakan kontes atau sayembara yang bersifat promosi
  29. Menyelenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
  30. Menyelipkan brosur, katalog promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
  31. Mencari calon konsumen di pameran-pameran.
  32. Mencari calon konsumen di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Event Organizer
  33. Menari calon konsumen di seminar-seminar.
  34. Mencari konsumen potensial di majalah atau koran
  35. Mengemas brosur, daftar harga, dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk konsumen.
  36. Memasang papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
  37. Menyebarkan brosur yang diselipkan di wiper kaca mobil.
  38. Mencetak kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
  39. Memasang logo dan nama perusahaan di kendaraan perusahaan.
  40. Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar.
  41. Menyiapkan video tentang profil perusahaan.
  42. Menyiapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
  43. Menyiapkan contoh produk gratisan.
  44. Menyediakan kesempatan pada calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi.
  45. Mensponsori acara amal.
  46. Menyebarkan kartu nama ke kenalan, saudara, teman, atau siapa saja.
  47. Membuat mug dan membagikannya sebagai cinderamata
  48. Membuat topi sebagai hadiah
  49. Menerbangkan balon berisi logo perusahaan pada acara-acara tertentu
  50. Beriklan di media elektronik seperti radio dan televisi
  51. Pasang papan iklan di reklame, halte bus, dan tempat-tempat strategis

Demikianlah 51 cara promosi bisnis Event Organizer dan strategi pemasarannya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam menjalankan usaha Event Organizer. Apabila Anda tertarik, kami siap membantu membangun website untuk usaha Event Organizer Anda.

Bersama kami para pelaku bisnis Event Organizer dapat melakukan memanfaatkan media online tanpa harus menguasai seluruhnya ilmu-ilmu (web design dan programming) yang bagi kebanyakan orang rumit dan butuh waktu lama untuk mempelajarinya.
Paket Website Informatif

Kami akan membantu Anda mengembangkan desain layout website, mendaftarkan domain dan hosting. Semua informasi dari Anda, baik berupa teks maupun gambar akan kami tuangkan dalam karya menjadi sebuah website yang menarik, interaktif dan bisa di akses di seluruh dunia setiap saat selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 30 hari dalam sebulan. Bandingkan dengan toko atau kantor yang hanya bisa diakses oleh calon konsumen selama 8 jam sehari, 6 hari seminggu, dan 24 hari sebulan. Sangat masuk akal jika semakin banyak waktu profil bisnis kita diakses, maka akan semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Proposal Bisnis Event Organizer

Jika Anda sudah siap, segera mengisi Form Request Proposal. Setelah kami menerima Request Proposal, kami segera mengirimkan Proposal Penawaran Terbaik ke email Anda secara detail berdasarkan informasi yang kami terima dari form Request Proposal. Segera isi form Request Proposal sekarang juga.
Pencarian tentang jasa pembuatan website:
strategi branding pada eo,strategi event organizer,eo pembuat iklan,marketing event organizer,cara promosi bisnis eo,event apa yang cocok untuk promosikan media online,cara menawarkan jasa EO,cara promosiin party planner,trik menarik konsumen event organi,contoh katakata iklan EO,

Cara Bisnis Event Organizer Sukses

Usaha Event Organizer makin dibutuhkan di saat seperti sekarang. Cobalah tengok, saat ada pernikahan kelas menengah sampai megah, disitu pasti menggunakan jasa EO. Acara kantor juga sering menggunakan EO, apalagi yang acaranya di luar ruangan (outdoor).

Acara pemerintah yang nilainya ratusan juta lebih pun sangat sering menggunakan EO. Hampir semua acara besar, dari level kabupaten/kota sampai dengan nasional lebih sering menggunakan EO. Lihatlah acara ulang tahun kota kita, atau acara suatu peringatan. Ada EO dibalik acara tersebut.

Kegiatan internal kantor juga banyak yang menggunakan EO. Misalnya diklat pegawai baru, perpisahan dan internalisasi nilai.

3 Fakta Bisnis Event Organizer

Tiga Fakta di atas mengawali pembahasan mendalam kita mengenai event organizer. Nah di sini saya akan bercerita tentang seluk beluk bisnis EO ini dan membaginya dalam 18 hal. Mulai dari apa itu Event Organizer, kenapa peluang bisnis ini sangat menjanjikan, bagaimana memulai bisnis ini, dan tentu saja, perhitungan keuntungan untuk bisnis ini. Saya juga mencantumkan tips sukses di bisnis ini.

Event Organizer adalah Event Organizer (EO) merupakan jasa mengorganisir suatu acara. Dengan adanya EO, pihak yang punya acara tidak perlu bingung memilih panitia untuk mengurus acara.

Satu acara bisa saja dipegang oleh lebih dari satu EO. Misalnya, acara diklat pegawai baru bisa saja dipegang dua EO. EO pertama memegang perlengkapan, sarana prasarana, dan tempat yang dibutuhkan peserta maupun penyelenggara. EO kedua berperan mengatur makanan/catering.

Dengan berlandaskan pada kepercayaan, maka akan mengarah pada pengelolaan sebuah acara yang terorganisir, dinamis, dan praktis.

Peluang Usaha Bisnis Event Organizer

Sedikitnya ada 2 hal yang membuat bisnis ini makin menjanjikan :

Orang-orang di kantor semakin sibuk mengejar target pekerjaan. Mereka lebih memilih EO untuk mempersiapkan suatu acara daripada harus kehilangan fokus di pekerjaan. Hal inilah yang membuat EO makin laris manis.
EO yang berpengalaman bisa menekan harga karena sudah punya kenalan untuk membeli barang/jasa persiapan acara. Ia juga tahu acara seperti apa yang diinginkan oleh masing-masing tipe penyelenggara. Hal tersebut menjadi alasan kenapa EO makin dicari.

Tidak hanya acara yang saya sebutkan di atas, banyak acara lainnya yang siap dikelola oleh EO, misalnya: ulang tahun dan peluncuran produk.

Cara Memulai Bisnis Event Organizer

Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.

Pengalaman Sangat di Perlukan Bisnis Event Organizer

Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal remeh. Jika belum punya pengalaman anda bisa ikut EO lain dulu. Anda juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini. 7 Hal berikutnya yang akan kita bahas juga harus diperdalam melalui pengalaman.

Anda harus merelakan diri untuk menggali pengalaman dari orang lain. Kesuksesan jangka panjangmu diawali dar sini.

Bisnis ini akan  mengatur catering, hotel, toko bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan pengalaman.

Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.

Bisnis Event Organizer di perlukan Tim Khusus yang Solid

Membuat acara adalah kerja tim. Kreativitas juga hasil diskusi tim. Anda hanya punya 2 tangan, itu tidak cukup untuk memegang semuanya.

Tidak mungkin sebuah acara dipegang satu orang. Setidaknya anda butuh penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan pengatur dana. Semakin besar acara, semakin kompleks kebutuhannya

Tim yang solid bisa memunculkan ide-ide brilian. Tim yang solid juga menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan

Relasi/Kenalan sebanyak-banyaknya

Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting agar persiapan acara anda mudah dan cepat

Relasi juga memungkinkan kita mendapat lebih banyak client. Mereka bisa merekomendasikan jasa anda.

Kualitas acara yang bagus adalah cara yang ampuh untuk melipatgandakan relasi.

Modal Uang

Total uang yang kita butuhkan untuk memulai bisnis ini bergantung cara kita menjalankan bisnis. Jika kita ingin penyelenggara membayar di muka, sudah pasti jumlah yang kita butuhkan sedikit. Paling sekitar 5 Juta. Namun jika penyelenggara membayar separuh saja di muka, atau bahkan dibayar semuanya di belakang. Siapkan kocek yang lebih dalam.

Bisnis Event Organizer Dibutuhkan  Kreativitas

Jaman terus berganti, anda wajib mengetahui apa yang diinginkan pasar saat ini. Kreativitas tim anda sangat penting disini. Anda juga harus update informasi terbaru.

Butuh Kesabaran Bisnis Event Organizer

Percayalah, sabar merupakan modal mutlak untuk bisnis ini. Bisa jadi konsumen anda marah-marah karena suatu hal. Bisa jadi staf anda melakukan kesalahan. Ini semua adalah belajar dari pengalaman.

Promosikan Bisnis Event Organizer di Facebook dan Website Resmi

Anda butuh ini. Pelanggan akan mencari anda lewat Google, tinggal pasang iklan di Google adwords dan selamat anda akan muncul di halaman 1 Google. Anda dapat pengunjung dan tentunya dapat order. Lakukan hal yang sama di Facebook.

Buatlah web anda seprofesional mungkin. Makin profesional, makin dipercaya oleh calon client.

 Event Organizer untuk Acara Pemerintah

Jika anda berbisnis dengan pemerintah, sabar adalah hal yang wajib anda dalami. Berbisnis dengan pemerintah itu sedikit rumit. Misalnya, jika nilainya lebih dari 200 juta, harus ada proses lelang. Anda harus ber NPWP dan menggunakan faktur pajak.  Saking rumitnya, pihak yang berhasil berbisnis dengan pemerintah biasanya memperoleh untung besar.

hal yang harus dimiliki oleh penyelengara Bisnis Event Organizer sebelum memulai bisnis EO.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Event Organizer
Berikut ini adalah contoh perhitungan keuntungan event organizer Pesta ulang tahun anak, lama acara 3 jam.

Pemasukan                   : Rp 7.000.000

Biaya :

3 pegawai + MC            : 1.000.000
Konsumsi                     : 3.000.000
Perlengkapan acara       : 1.000.000
Total Biaya                   : 5.000.000

Keuntungan                 : 2.000.000

Cara Menjalankan Bisnis Event Organizer
EOUntuk menyukseskan terselenggaranya sebuah acara, tentu dibutuhkan pemikiran yang tak semudah membalik telapak tangan, siapa bilang membuat acara itu mudah?, terlebih bila acara tersebut merupakan acara yang sangat dinantikan selama bertahun-tahun seperti pesta ulang tahun dan pesta pernikahan.

Baca Juga:

Event yang membutuhkan kerja keras tidak lagi membuat panik sang penyelenggara. Hal ini dikarenakan jasa Event Organizer (EO) telah siap merangkul penyelenggara acara untuk menyelesaikan semuanya. Dari makanan hingga penginapan, transportasi hingga dekorasi pun siap untuk dilaksanakan.

Dalam berbisnis Event Organizer, anda sebaiknya melakukan 5 tips berikut:

Pentingnya Konsep

Sebuah konsep yang tepat dapat menggambarkan kualitas acaranya. Emua ini bergantung tingkat kreatifitas anda. Ide acara, pengutaraan pada penyelenggara acara, hingga relasi yang diperlukan sebagai pelengkap paket kemulusan acara, semuanya harus anda konsep.

Nah, jadi perlunya konsep yang tepat dan analisa yang sejalan antara pihak Event Organizer (EO) dengan pihak penyelenggara akan memudahkan menyatukan pemikiran yang tepat, sehingga terlaksana acara yang cermat.

Evaluasi dan Upgrade Terus Tim Anda

Jangan salah, dalam Event Organizer (EO) juga membutuhkan tim khusus. Yaitu tim yang dapat bekerjasama dalam mengonsep, hingga pelaksanaan sebuah acara. Saling bertukar pikiran dan mengonsepnya sebagai kemasan cantik sebuah kerangka pikiran yang nantinya dapat digunakan sebagai alur skema jalannya sebuah acara yang akan diselenggarakan. Lakukan evaluasi untuk mengupgrade tim anda.

Persiapan, Persiapan, dan Persiapan

Apabila suatu acara sudah mulai memasuki tingkatan proses pembuatan acara, berarti telah ada kesepakatan antara pihak Event Organizer (EO) dengan pihak  penyelenggara. Anda harus memastikan semuanya siap, lalu anda mengecek lgi bahwa semuanya benar-benar siap. Lakukanlah gladi kotor dan gladi bersih sebaik mungkin.

Let the Event Begins

Setelah semua konsep dirancang, tim event terbentuk, serta persiapan telah selesai dilaksanakan, maka tibalah pelaksanaan acara yang sering kita dengar dengan sebutan ‘hari-H’. Pastikan semuanya berjalan lancar, jika ada sesuatu, anda harus mengambil keputusan dengan cepat.

Bagi calon-calon pengusaha sukses, tentunya Event Organizer (EO) menjadi suatu peluang bisnis yang perlu dicicipi. Bagaimana tidak, bukan hanya membantu pihak penyelenggara membuat acara, namun juga berhubungan dengan pundi-pundi rupiah yang akan anda dapatkan.

Acara Harus Sukses

Relasi, supplier, tim konsep, hingga pihak yang datang dalam acara pun juga dapat menjadi klien anda berikutnya. Semakin mulus konsep dengan acara, maka sebanding pula bersama kepercayaan penuh atas kesuksesan sebuah acara.

Sumber: Dari berbagai sumber


Bisnis Online, Even Bisnis UKM, Info Bisnis UKM, Inspirasi Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Seputar UKM, Pemasaran Bisnis UKM, Peluang Usaha, Peluang Bisnis UKM 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply