skip to Main Content

Cara Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis UKM

Januari 2, 20196 minute read

Cara Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis UKM– Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat – Saat ini banyak orang mulai tertarik untuk membuka bisnis dibandingkan dengan menekuni suatu karier tertentu.

Namun, tak sedikit juga yang menahan diri karena takut mereka tidak bisa mengelola bisnisnya dengan sukses.

Dibutuhkan sebuah iman untuk membuka bisnis baru disertai pengetahuan bisnis yang luas agar bisnis tersebut dapat tetap berjalan secara lama. Ada banyak tantangan yang akan dihadapi pemilik bisnis dalam proses operasionalnya.

Salah satu tantangan pertama yang dihadapi berupa cara menumbuhkan bisnis dan bagaimana menarik pelanggan baru.

Bagi seseorang yang belum memiliki pengalaman dalam hal pemasaran, maka hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Akan tetapi, jangan khawatir karena saat ini ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam memasarkan bisnis dengan mudah dan efisien.

Tapi pastikan teknik pemasaran berlangsung dengan tepat, dan jangan hanya sekedar melakukan pemasaran dengan asal. Untuk itu, berikut adalah 4 cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam melakukan proses pemasaran yang tepat:

4 Teknik Pemasaran Bisnis Online yang Wajib Diterapkan

1. Tentukan Proposisi Nilai Unik Anda (UVP)

Langkah pertama dalam memasarkan bisnis secara efektif adalah memahami kemampuan dan kelebihan yang dimiliki bisnis Anda di dalam suatu industri.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa persaingan akan menjadi sangat berat di lapangan, maka luangkan waktu untuk menguraikan apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

Miliki informasi sebanyak mungkin mengenai industri Anda, membaca majalah perdagangan yang relevan, dan pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam acara industri.

Ini akan memungkinkan Anda mengidentifikasi tren, dan mengetahui berita penting terkait dengan bidang yang Anda tekuni.

Di samping itu, hal ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi pesaing Anda. Perhatikan baik-baik apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka menampilkan diri mereka kepada calon pelanggan.

Setelah itu, cobalah untuk menentukan siapa target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan. Pastikan Anda melakukan penelitian akan hal ini, dan bukan hanya sekedar menebak-nebak.

Identifikasi dengan jelas layanan yang Anda berikan dan masalah yang Anda selesaikan untuk target pelanggan Anda.

Hal ini akan membantu Anda menentukan UVP Anda – manfaat unik yang dapat Anda berikan untuk pelanggan Anda.

Ingat Anda tidak akan mencoba menjual kepada semua orang. Tujuan Anda adalah untuk menentukan dengan jelas siapa yang Anda targetkan, mengapa mereka menginginkan produk Anda dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya.

Setelah Anda mengetahuinya dengan jelas, tugas Anda adalah untuk secara konsisten menjalankan rencana pemasaran Anda.

2. Maksimalkan Eksistensi Secara Online

Berbekal pemahaman yang jelas tentang bisnis dan industry Anda, kini saatnya memasarkannya kepada calon pelanggan.

Meskipun ada banyak saluran pemasaran yang perlu dipertimbangkan, biasanya yang paling efisien dan hemat biaya adalah melalui pemasaran online.

Luangkan waktu untuk menganalisa kehadiran online Anda. Tempat yang paling mudah untuk memulainya diawal adalah melalui situs web Anda.

Pastikan Anda menampilkan tampilan situs yang konsisten dengan merek Anda. Selain itu, pastikan situs dapat diakses dengan mudah, dan juga berisi informasi-informasi yang biasanya dicari oleh pelanggan.

Selain itu, mudahkan pelanggan Anda untuk mendaftar ke email list atau subscribe untuk memungkinkan Anda membangun database pelanggan.

Database ini akan memberikan Anda kesempatan untuk menghubungi mereka secara teratur mengenai update produk, berita menarik atau diskon yang bisa Anda berikan kemudian hari.

Di luar situs web Anda sendiri, pastikan untuk membangun keberadaan online Anda dengan meluangkan waktu mengelola media sosial yang ada.

Semakin mudah pelanggan menemukan Anda secara online, semakin besar pula kemungkinan penjualan akan meningkat.

Namun apapun platform komunikasi yang digunakan, baik melalui situs web, email, situs ulasan pihak ketiga atau media sosial Anda, pastikan untuk menyampaikan informasi yang konsisten. Setiap pelanggan yang ada adalah kesempatan untuk membangun merek Anda lebih lagi.

3. Mulai Percakapan

Saluran media sosial adalah cara pemasaran dengan berbiaya rendah namun dapat secara efektif membangun kesadaran merk serta hubungan dengan target pelanggan Anda.

Pilih media yang sesuai dengan target pelanggan Anda. Facebook, Instagram dan LinkedIn melayani tujuan yang sangat berbeda.

Jadilah pintar dalam menentukan pilihan Anda, dan pikirkan jenis konten yang akan Anda bagikan. Menggunakan platform yang spesifik untuk bisnis Anda memudahkan pelanggan untuk menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda secara online.

4. Pertimbangkan Konten Berbayar

Iklan berbayar dari media sosial juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan profil bisnis Anda sekaligus mendatangkan pelanggan baru.

Misalnya, Anda dapat menargetkan jenis pelanggan yang tepat yang ingin Anda tarik dengan iklan melalui kampanye Facebook dan LinkedIn, berdasarkan informasi yang telah dibagikan oleh mereka di profil mereka.

Terkadang sebuah kampanye kecil bisa membuat perbedaan besar. Contohnya: dengan hanya beriklan sebesar Rp 40ribu sehari saja melalui Facebook, Anda akan memiliki 3000-9000 calon pelanggan baru untuk bisnis Anda. Tentunya ini sangat layak untuk dicoba.

Itulah tadi 4 hal melakukan pemasaran yang tepat dalam bisnis. Namun, terlepas dari hal tersebut setiap pemilik bisnis tentunya dapat secara bebas menggunakan alat-alat atau media lain untuk memasarkan bisnisnya dengan sukses.

Pemilik usaha kecil bisa menjadi CMO mereka sendiri, bahkan tanpa adanya latar belakang pemasaran.

Hanya dengan mengembangkan kesadaran akan industri yang ada, memperhatikan tren, dan teruslah bekerja keras tanpa menyerah, pastilah Anda akan menuai hasilnya.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pengembangan bisnis biasanya ada modal yang perlu dikeluarkan.

Modal yang dikeluarkan ini bahkan biasanya memiliki nominal yang tidak sedikit. Tentunya, modal tidak akan menjadi halangan berarti bagi Anda, kan?

Karena saat ini KoinWorks hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan pinjaman modal usaha bagi setiap UKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih lagi.

 


B2B marketplace UKM dan direktori bisnis online UMKM di Indonesia, kami memilki member yang sudah menggunakan layanan dari Bisnis UKM, selain sebagai portal Marketplace kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan, seperti pembuatan website, pembuatan Company Profile dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan Digital Marketing lain nya.

Bisnis UKM adalah B2B Marketplace dan Direktori Bisnis, Supplier produk UKM & UMKM di Indonesia.

Situs Jual Beli khusus B2B Marketplace UMKM, B2B E-commerce UKM, Pusat Distributor Produk UKM, Trading, Supplier Produk, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa Usaha Mikro dan Menengah di Indonesia.

Related Articles

Tidak ada komentar

Follow Us

Don’t forget to follow us via social media to get the latest news when it happens.

NEWSLETTER

Subscribe today and don’t miss out on any important articles.

Our Sponsors
Most Discussed
Back To Top