Bunga KUR 2016 jadi 9% Usaha UKM: Bagaimana Syarat & Cara Pengajuannya

Bunga KUR 2016 jadi 9% Usaha UKM, Bagaimana Syarat & Cara Pengajuannya- Gembar gembor berita nasional mengabarkan penurunan bunga KUR 2016 jadi 9%. Berbagai media baik surat kabar maupun elektronik berbondong-bondong menyampaikan kabar baik ini pada masyarakat luas. Di sisi lain belum banyak masyarakat pelaku usaha Mikro yang tahu syarat serta cara mengajukan KUR di tahun 2016 ini.

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan berita tersebut mungkin patut untuk tersenyum atas pemberitaan ini. Pasalnya pemerintah baru menyiapkan skema dalam mengalokasikan sertaa KUR sebesar Rp 120 Triliyun tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Darman Nasution, Menteri Koordinasi Bisertag Perekonomian pada tanggal 31 Desember 2015 yang lalu. Beliau mengaku bahwa pihaknya baru melakukan penggodokan skema kedua bersama dengan timnya.

Lantas bagaimana serta sebesar itu bisa diakses oleh masyarakat jika skema serta aturan main dalam mengalokasika sertaa KUR belum jelas? Lucunya lagi pemerintah telah memutuskan peraturan kredit mikro dengan platfon 25 juta rupiah tiap debitur dapat disalurkan mulai tanggal 2 januari ini.

Seharusnya skema baru dalam penyaluran sertaa KUR 2016 ini telah terselesaikan jauh-jauh hari sebelum sertaa siap disalurkan, hal ini sangat penting bagi para pelaku usaha UMKM khususnya dalam mempelajari syarat serta cara mengajukan KUR 2016 serta mengetahui perbankan mana saja yang ditunjuk sebagai penyalur kredit mikro tersebut.

Jika langkah ini tidak segera terselesaikan maka akan semakin banyak waktu terbuang percuma, dampaknya penyaluran sertaa 120 T yang dialokasikan dalam Kredit Usaha Rakyat bakal mendapat hambatan dalam penyerapannya yang ujung-ujungnya perbaikan sektor usaha mikro hanya akan menjadi wacana semata.

Rencananya sasaran kredit mikro pada tahun ini diprioritaskan bagi para petani, nelayan, pengarajin, serta profesi lain yang layak mendapatkan sertaa pinjaman tersebut.

Melalui Menteri Koordinasi Bisertag Perekonomian pemerintah juga mengaku bakal menambah jumlah perbankan penyalur Kredit Usaha Rakyat di tahun 2016 yang bisa dipilih dari Bank Daerah maupun Nasional lainnya. Namun hingga berita ini dituliskan kiranya pemerintah belum mengumumkan secara resmi perbankan mana saja yang termasuk di dalam penyalur KUR tersebut selain Bank Syariah Mandiri, BRI,Bank Mandiri, BNI,  BTN, Bukopin, BNI Syariah.

Kita lihat saja bagaimana kesungguhan Menteri Koordinasi Bisertag Perekonomian dalam menggarap skema penyaluran KUR 2016 ini hingga pengumuman atas syarat serta cara mengajukan KUR 2016 dapat segera dikeluarkan secara resmi.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply