Cara Kreatif Menghemat Keuangan Bisnis UKM

bisnis-ukm-solo-hemat.jpg

Cara Kreatif Menghemat Keuangan Bisnis UKM – Mengelola keuangan usaha dengan anggaran terbatas adalah sebuah tantangan yang harus dicermati dengan cerdas. Bagi pemilik UKM, mengelola keuangan bisnis agar bisa sesuai dengan kepentingan perusahaan menjadi sebuah masalah jika tidak hati-hati agar terhindar dari penyalahgunaan modal yang terbatas, kegagalan usaha yang tidak perlu, dan menghemat lebih banyak pengeluaran, di bawah ini ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda gunakan agar modal yang Anda miliki bisa dipergunakan secara efektif dan efisien.

Bergabung Dengan Jasa Penyedia Website Builder

Menyewa jasa seorang web developer bisa jadi sangat mahal bagi pemilik UKM, namun untuk membangun website secara pribadi biasanya perusahaan belum memiliki SDM yang mumpuni. Sebagai solusi atas  permasalahan tersebut, Anda bisa coba mengunjungi beberapa website yang menawarkan diri sebagai website builder sekaligus tempat e-commerce untuk produk Anda. Ketika bisnis Anda mulai berkembang, Anda bisa mulai membuat website sendiri secara profesional yang nantinya akan memiliki fitur lebih lengkap dan fasilitas penunjang lainnya. Dengan memanfaatkan website builder gratis, Anda bisa memiliki sebuah tempat pemasaran online tanpa harus keluar banyak biaya.

Iklan Bersama

Untuk pemilik bisnis kecil, pemasaran bisa menjadi sangat mahal, kecuali Anda sudah memiliki database pelanggan yang besar untuk dikirimi iklan gratis melalui mailing list. Untuk mengatasinya, hubungi beberapa kolega untuk menciptakan hubungan kerja jangka panjang dengan mereka. Anda bahkan bisa mempertimbangkan untuk beriklan bersama mereka. Misalnya, seorang teman yang memiliki jumlah followers yang tinggi atau memiliki bisnis yang terkait dengan usaha Anda di beberapa social media, bisa Anda manfaatkan untuk bekerja sama untuk mempromosikan website maupun bisnis Anda dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis dengan memberi dukungan untuk mempromosikan bisnis mereka juga di website maupun social media Anda.

Menjadi Pembicara Gratis di Forum-Forum Bisnis

Cara hemat biaya selanjutnya untuk menekan pengeluaran uang bisnis adalah dengan menjadi pembicara sukarelawan di acara-acara bisnis. Dengan menjadi seorang pembicara pada forum bisnis, secara tidak langsung nama dan brand bisnis yang Anda jalankan akan dibacakan dan diperkenalkan kepada peserta forum tersebut. Ini adalah sebuah kesempatan emas untuk memperbesar bisnis Anda agar terhubung  pada agen industri yang mungkin secara tidak langsung membutuhkan produk yang Anda miliki.

Membeli Perlengkapan Kantor Bekas

Jangan berpikir bahwa sesuatu yang bekas itu tidak layak dipakai atau memiliki penampilan yang tidak baik. Kenyataannya jika Anda adalah seorang pemilik bisnis UKM yang cerdas dengan keuangan terbatas, Anda bisa mencoba untuk datang ke tempat penjualan yang menawarkan  peralatan kantor bekas pakai. Selain berharga murah, biasanya tempat seperti ini juga menawarkan beberapa peralatan yang masih terawat dan sangat baik fungsinya, misalnya untuk meja dan kursi kantor.

Gunakan Pegawai Freelance

Karyawan penuh waktu akan membutuhkan banyak biaya yang mungkin masih terasa berat bagi sebagian pengusaha UKM. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan pegawai freelance untuk memenuhi kebutuhan tenaga yang dibutuhkan. Gunakan jasa pegawai freelance sesuai dengan banyaknya kebutuhan pekerjaan yang ditanggung bisnis sehingga tidak membebani keuangan perusahaan. Jika bisnis tersebut sudah mulai memiliki pesanan yang pasti dan keuangan yang stabil, mulailah merekrut pegawai tetap agar memiliki pola kerja yang sama dan loyalitas pegawai yang terjaga.

Bekerja Secara Mobile Tanpa Perlu Sewa Kantor

Berkat teknologi dan internet, sebagian besar bisnis kini dapat dijalankan dari jarak jauh. Jika Anda tidak bekerja secara penuh atau tidak memerlukan ruang kantor untuk pegawai tetap, cobalah untuk tetap mobile sebisa mungkin. Menandatangani sewa ruang kantor bisa sangat mahal untuk bisnis kecil Anda. Konversikan area di apartemen atau rumah Anda sebagai  ruang kantor dan tangani bisnis Anda dari jarak jauh melalui perangkat mobile.

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top