Cara Memulai Menjadi Pelaku Usaha Sukses

Cara Memulai Menjadi Pelaku Usaha Sukses, Tak ada istilah terlalu muda untuk jadi seorang pengusaha. Saat ini justru banyak yang berhasil jadi pengusaha sukses kendati usianya masih sangat muda. Tentu ini bukan hanya sekedar peruntungan ataupun garis keturunan semata, mereka yang berhasil sukses di usia muda telah mempersiapkan diri sejak usia 20an.

Usia 20an menjadi usia paling produktif dari manusia. Bahkan di rentang usia ini berbagai macam peluang bisa kamu dapatkan. Mulai dari merasakan lulus kuliah, peluang mendapatkan pekerjaan, sampai memutuskan untuk merintis sebuah usaha, bisa kamu rasakan di usia 20an.

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook, dan Larry Page si empunya Google, merupakan segelintir contoh anak muda yang jadi pengusaha sukses dengan asset perusahaan bernilai jutaan dolar Amerika Serikat (AS) di usianya yang masih sangat muda. Buat kamu yang ingin jadi pengusaha sukses di usia muda, lakukan beberapa langkah ini ketika usiamu masih 20an.

 

Cari Tahu yang Kamu Suka
Yang pertama kali harus kamu lakukan yaitu mencari tahu bidang apa yang sebenarnya kamu sukai. Jangan sampai di usiamu yang ke-20, kamu belum tahu sebenarnya apa passion atau hobi yang disukai. Ini penting, karena dari hal yang kamu sukai ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan.
Jadikan Kebiasaan Nongkrong Untuk Perluas Jaringan

Kebiasaan yang tak bisa dijauhkan dari anak muda usia 20an adalah nongkrong. Ketiatan ini memang tidak sepenuhnya negatif, karena sembari nongkrong asyik dan bertemu banyak teman baru, kamu juga bisa membangun relasi bisnis dan mempromosikan bisnismu ke teman-teman tongkrongan. Contohnya kamu bisnis kaos distro, sesekali ceritakan aktivitasmu saat ini dan tunjukkan produk-produk terbaru yang kamu punya.

 

Cari Mentor Dan Jangan Selalu Ikuti Trend Masa Kini
Umumnya anak muda usia 20an memiliki gengsi yang tinggi dan masih labil dalam mencari jati diri. Sering kali mereka hanya ikut-ikutan trend masa kini agar bisa selalu up to date di depan teman-teman lainnya. Tentu ini keliru. Untuk membatasi dirimu dari arus trend masa kini, bertemanlah dengan beberapa pengusaha yang sudah berhasil dan jadikan mereka sebagai mentor agar kamu bisa banyak belajar dari kesuksesan yang sudah mereka capai saat ini.
Manfaatkan Internet Untuk Mencari Inspirasi
Kemudahan informasi yang diberikan internet bisa kamu manfaatkan untuk sekedar mencari inspirasi bisnis, dan mengembangkan diri dengan belajar hal-hal baru tentang bisnis yang kamu mau. Bahkan beberapa pengusaha sukses berhasil meniti karirnya hanya dengan belajar secara otodidak melalui internet, selain itu ada banyak informasi peluang bisnis yang bisa kamu jalankan melalui internet.
Jangan Takut Menjadi Beda
Di usia 20an banyak ide segar yang bisa kamu hasilkan. Jangan takut menjadi pembeda dan mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh orang lain. Ciptakan produk baru atau berikan pelayanan baru yang tak pernah disangka-sangka oleh pemain lainnya yang sudah berjalan lebih dulu.

 

Tidak Hanya Kerja Keras Tapi Juga Harus Cerdas
Kerja keras saja ternyata tidak cukup untuk membuatmu jadi pengusaha sukses. Selain mengandalkan kekuatan otot, kamu juga harus bekerja secara cerdas. Buatlah pola kerja yang efisien dan efektif, agar waktu dan tenagamu bisa dioptimalkan untuk menyelesaikan target lainnya.

Jadi, untuk memulai usaha tak perlu menunggu tua dan kehilangan kesempatan terbaik di depan mata. Mulailah dari usia muda, mulailah dari yang ada di sekitar Anda, dan mulailah sekarang juga!

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply