Cara Mencari Pendanaan UKM

Cara Mencari  Pendanaan UKM, Sebagai pelaku UKM sebagian besar merasa kesulitan dalam mencari modal usaha dan membutuhkan  cara mencari  pendanaan UKM.

Apa tantangan tersulit bagi seorang pengusaha? Umumnya mencari sumber pendanaan yang tepat untuk memulai bisnis.

Pendanaan sangat penting sebagai modal awal peluncuran bisnis. Bagi para pengusaha UKM yang baru akan memulai bisnis mencari sumber pendanaan bukanlah perkara mudah. Belum memiliki portofolio yang mumpuni adalah salah satu alasan yang bias membuat investor besar tidak berani bertaruh berinvetasi modal.

Cara Mencari  Pendanaan UKM

Pendanaan UKM Bootstrap: Manfaatkan sumber finansial sendiri

Menggunakan uang pinjaman untuk tahap awal bisnis mungkin tak terlalu aman. Oleh karena itu, menggunakan uang tabungan sendiri bisa jadi cara yang lebih baik. Namun, cermat dan bijaksanalah dalam memanfaatkan uang tabungan dalam membangun usaha.

 

Pendanaan UKM dengan Keluarga dan Teman

Jika tidak punya cukup tabungan untuk memulai bisnis, jangan patah semangat dulu. Undang keluarga dan teman untuk berinvestasi dalam UKM kita. Jika usaha kita sukses di kemudian hari, jangan lupa untuk mengembalikan uang mereka. Sebelumnya, katakan kepada mereka bahwa untuk mengembalikan uang mereka akan membutuhkan beberapa waktu.

Baca Juga:

Pendanaan UKM dengan Jalan Crowdfunding

Jika kedua cara di atas tidak memungkinkan, cobalah cari pendanaan dengan crowdfunding. Crowdfunding atau dalam bahasa sederhananya “patungan” bisa menjadi alternatif mendapatkan modal untuk memulai bisnis. Kini ada banyak situs yang memungkinkan kita melakukan crowdfunding. Pengguna situs cukup memaparkan ide bisnisnya. Jika ide bisnis cukup menarik, orang-orang akan mau patungan agar bisnis tersebut berjalan. Jangan lupa ya untuk menawarkan imbalan yang menarik untuk mereka. Biasanya imbalan bisa berupa produk awal bisnis.

Pendanaan UKM dengan Angel investor

Jika UKM kita sudah berkembang ke tahap selanjutnya dan membutuhkan dana, maka angel investor bisa menjadi opsi pendanaan yang oke punya.  Angel investor sendiri adalah individu atau sekelompok orang kaya yang menawarkan permodalan. Biasanya, para pemodal ini akan menjadi pemilik saham sebagai imbalannya.

Pendanaan dengan cara Pinjaman bank

Pinjaman bank adalah opsi yang tepat bagi UKM yang memang sudah berjalan dan sedang membutuhkan dana. Tapi, bersiaplah dengan proses yang biasanya cukup sulit dan memakan waktu karena bank harus mengulas bisnis yang sedang berjalan.

 

Sumber Pendanaan dan Pembiayaan untuk Permodalan UKM / Koperasi, Sebelum menulis tentang sumber dana dan pembiayaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UMKM, sebaiknya anda memahami terlebihdahulu mana usaha yang masuk dalam kategori ini. Kalau menurut wikipedia yang termasuk dalam kateogri ini adalah mereka yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200,000,000 (tidak termasuk tanah dan bangunan).

Baca Juga:

 

 

Sumber Pendanaan dan Pembiayaan untuk Permodalan UKM menurut KepRes No 99 tahun 1998 yang dimaksud kategori ini adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Untuk membantu para pemilik dan pengelola usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kementrian negara koperasi dan UKM telah membantuk sebuah lembaga untuk mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan koperasi dan UMKM dalam bentuk pinjaman serta pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan para koerasi dan pemilik/pengelola UMKM. Dengan dibentuknya lembaga ini diharapkan pengelolaan dana bergulir ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk koperasi dan UMKM.

cara-mencari-pendanaan-ukm

Ada beberapa jenis bantuan atau pinjaman pembiayaan permodalan UMKM yang disediakan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah ini, beberapa diantaranya adalah sbb:

Pinjaman dan Pembiayaan untuk Koperasi Sektor Rill

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koprrasi:

  1. Koperasi Primer dan/atau Sekunder yang telah berbadan hukum;
  2. Berpengalaman menjalankan usaha terkait dengan tujuan penggunaan pinjaman/pembiayaan dan memiliki kinerja baik selama 2 (dua) tahun terakhir yang ditunjukan dengan: memperoleh SHU yang positif serta melaksanakan RAT.
  3. Untuk seluruh Pinjaman/Pembiayaan atau dalam bentuk lainnya, dengan plafond di atas Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), harus dilengkapi dengan laporan keuangan audited minimal 2 (dua) tahun terakhir dengan opini minimal wajar dengan pengecualian.
  4. Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil untuk Pinjaman/Pembiayaan diatas Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah), sedangkan untuk Pinjaman/Pembiayaan sampai dengan Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) menandatangani surat perjanjian secara dibawah tangan.
  5. Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil.

Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Lembaga Perantara

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koperasi dan UKM melalui Lembaga Perantara:

  1. Berpengalaman menjalankan kegiatan usaha minimal 3 (tiga) tahun dan memiliki kinerja baik pada 1 (satu) tahun terakhir yang ditunjukkan dengan menunjukkan laba yang positif.
  2. Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  3. Berpengalaman menjalankan usaha produktif di sektor riil terutama mengusahakan komoditi unggulan dan/atau berorientasi ekspor.
  4. Meningkatkan ekonomi perempuan dan/atau kelompok masyarakat miskin dan/atau kelompok penderita cacat tubuh dan/atau kelompok keagamaan yang mempunyai aktivitas produktif, atau
  5. Berlokasi di daerah perbatasan dengan Negara lain, atau
  6. Adanya unsur pemberdayaan sesuai dengan kebijakan Pemerintah.
  7. Bersedia menandatangani surat perjanjian pinjaman secara otentik
  8. Bersedia memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah tersebut.

Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Perusahaan Modal Ventura

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koperasi dan UKM melalui Perusahaan Modal Ventura:

  1. Menjalankan usaha produktif.
  2. Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  3. Memiliki kelayakan usaha yang dipersyaratkan oleh perusahaan modal ventura untuk mengembangkan usahanya.
  4. Dapat menciptakan lapangan kerja.
  5. Sanggup memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan modal ventura

Demikianlah beberapa jenis pinjaman atau bantuan pembiayaan untuk badan usaha yang berbentuk koperasi dan mereka yang bergerak disektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk informasi lebih lengkap, termasuk form pengajuan dan proposal pengajuan pinjaman dapat di unduh dan dibaca lebih lengkap di website lpdb-kumkm sebagai lembaga pengelolaan dana bergulir untuk koperasi dan UMKM ini. Atau jika Anda ingin mempelajari dari sumber lainnya bagaimana cara mendapatkan modal usaha, maka panduan mencari modal usaha yang dibuat oleh bpk. sariyanto di semarang bisa menjadi referensi yang cukup baik.
Sumber Dana dan Pembiayaan Untuk Koperasi dan UMKM

Sebelum menulis tentang sumber dana dan pembiayaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UMKM, sebaiknya anda memahami terlebihdahulu mana usaha yang masuk dalam kategori ini. Kalau menurut wikipedia yang termasuk dalam kateogri ini adalah mereka yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200,000,000 (tidak termasuk tanah dan bangunan).

manajemen-bisnis-ukm

Sementara menurut KepRes No 99 tahun 1998 yang dimaksud kategori ini adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Untuk membantu para pemilik dan pengelola usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kementrian negara koperasi dan UKM telah membantuk sebuah lembaga untuk mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan koperasi dan UMKM dalam bentuk pinjaman serta pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan para koerasi dan pemilik/pengelola UMKM. Dengan dibentuknya lembaga ini diharapkan pengelolaan dana bergulir ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk koperasi dan UMKM.

Ada beberapa jenis bantuan atau pinjaman pembiayaan yang disediakan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah ini, beberapa diantaranya adalah sbb.:
Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi Sektor Rill

Persyaratan:
1.Koperasi Primer dan/atau Sekunder yang telah berbadan hukum;
2.Berpengalaman menjalankan usaha terkait dengan tujuan penggunaan pinjaman/pembiayaan dan memiliki kinerja baik selama 2 (dua) tahun terakhir yang ditunjukan dengan: memperoleh SHU yang positif serta melaksanakan RAT.
3.Untuk seluruh Pinjaman/Pembiayaan atau dalam bentuk lainnya, dengan plafond di atas Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), harus dilengkapi dengan laporan keuangan audited minimal 2 (dua) tahun terakhir dengan opini minimal wajar dengan pengecualian.
4.Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil untuk Pinjaman/Pembiayaan diatas Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah), sedangkan untuk Pinjaman/Pembiayaan sampai dengan Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) menandatangani surat perjanjian secara dibawah tangan.
5.Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil.
Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Lembaga Perantara

Persyaratan:
1.Berpengalaman menjalankan kegiatan usaha minimal 3 (tiga) tahun dan memiliki kinerja baik pada 1 (satu) tahun terakhir yang ditunjukkan dengan menunjukkan laba yang positif.
2.Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
3.Berpengalaman menjalankan usaha produktif di sektor riil terutama mengusahakan komoditi unggulan dan/atau berorientasi ekspor.
4.Meningkatkan ekonomi perempuan dan/atau kelompok masyarakat miskin dan/atau kelompok penderita cacat tubuh dan/atau kelompok keagamaan yang mempunyai aktivitas produktif, atau
5.Berlokasi di daerah perbatasan dengan Negara lain, atau
6.Adanya unsur pemberdayaan sesuai dengan kebijakan Pemerintah.
7.Bersedia menandatangani surat perjanjian pinjaman secara otentik
8.Bersedia memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah tersebut.
Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Perusahaan Modal Ventura

Persyaratan:
1.Menjalankan usaha produktif.
2.Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
3.Memiliki kelayakan usaha yang dipersyaratkan oleh perusahaan modal ventura untuk mengembangkan usahanya.
4.Dapat menciptakan lapangan kerja.
5.Sanggup memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan modal ventura

Demikianlah beberapa jenis pinjaman atau bantuan pembiayaan untuk badan usaha yang berbentuk koperasi dan mereka yang bergerak disektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk informasi lebih lengkap, termasuk form pengajuan dan proposal pengajuan pinjaman dapat di unduh dan dibaca lebih lengkap di website lpdb-kumkm sebagai lembaga pengelolaan dana bergulir untuk koperasi dan UMKM ini. Atau jika Anda ingin mempelajari dari sumber lainnya bagaimana cara mendapatkan modal usaha, maka panduan mencari modal usaha yang dibuat oleh bpk. sariyanto di semarang bisa menjadi referensi yang cukup baik.

 

pendanaan-modal-usaha-ukm

 

Pendanaan UKM Modal LPDB

Kemenkop Usulkan Modal LPDB Ditambah Rp2 Triliun

Guna lebih memperluas jangkauan pemerintah dalam memberikan kredit berbunga murah (rezim suku bunga rendah), Kemenkop dan UKM mengusulkan modal LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) KUKM ditanbah Rp 2 triliun. Pasalnya dana kelolaan LPDB-KUMKM yang sekarang bergulir mencapai Rp 5 triliun, dan itu dirasa kurang.

“Selain KUR (Kredit Usaha Rakyat-red) yang bersuku bunga 7 persen dirasa perlu ada sumber pembiayaan murah lainnya kepada UMKM dannkoperasi. Memperluas cakupan layanan LPDB bisa.menjadi solusi, karena itu modalnya perlu ditambah, agar kehadiran pemerintah dalam mengembangkannUMkM benar-benar terasa,” ujar Menkop dan UKM Puspayoga, saat mendampingi Menko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Puan Maharani dalam acara

Penyerahan Dana Bergulir melalui Loan Agreement sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan lewat Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur, yang diadakan di Bank Jatim, Surabaya, Sabtu (10/9).

Selain Menko Puan Maharani dan Menkop.Puspayoga cara juga dihadiri.Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf. Menkop menjelaskan, suku bunga yang diberlakukan LPDB KUKM saat ini benar-benar rendah, bahkan sudah diturunkan lagi menjadi hanya 0,2 persen perbulan sehingga dalam setahun hanya 2,4 persen bunganya.

Hal itu membuat KUKM yang mendapat pinjaman dana bergulir dari LPDB bisa bersaing bahkan dikancah regional sekalipun seperti MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Pasalnya suku bunganya bisa bersaing dengan negara ASEAN lain seperti Singapura atau Malaysia yang juga bersuku bunga rendah. “Tinggal bagaimana UKM kita memperbaiki produk khususnya dalam kemasan sehingga bisa unggul di pasar domestik dan memiliki daya saing di pasar global,” kata Menkop.

Sementara itu Menko PMK Puan Maharani menyatakan sudah seharusnya pemerintah mendukung dan memihak UMKM karena terbukti sektor inilah yang paling banyak menyerap tenaga kerja dan memiliki ketahanan yng kuat. ” Hal itu teerbukti ketika krisis ekonomi 1998 dimana sektor UMKM menjadi penyelamat perekonomian nasional,” katanya. Karena iru pihaknya mendorong Kemenkop dan UKM untuk terus meluncurkan skim skim pembiayaan murah kepada UMKM juga layanan lain mulai dari IUMK, HAKI, badan hukum koperasi dan sebagainya.

Sementara itu Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, perekonomian Jawa Timur yang tahun lalu tumbuh 5,5 persen atau diatas pertumbuhan ekonomi nasional yang 5,04 persen, banyak dikontribusikan oleh sektor UMKM. “Ada 6,8 juta pengusaha UMKM di Jatim dan memberikan kontribusi 54 persen teehadap PDRB Jatim,” kata Gubenur yang biasa dipanggil Pakde itu.

Sayangnya, skim pembiayaan terhadap UMKM masih terbatas. “Karena itu kami mendirikan Bank UMKM yang kiji sudab memiliki aset rp 2,8 triliun,” katanya. Jumlah pinjaman yang sudah tersalur mencapai Rp 400 miliar. “Namun kami masih memerlukan bantuan pak Menkop melaluu LPBD untuk bisa menambah loan agreement sebesar Rp 1,4 triliun,’ tambahnya. Gubernur Jatim berharap dengan dukungan pembiayaaan inI, Jawa Timur.bisa menjadi pusat percontohan bagi pengembangan UMKM dalam skala nasional.
Selalu ada risiko dalam berbisnis. Pilihlah cara permodalan yang sesuai dengan tahap perkembangan UKM kita. terimakasih Anda telah membaca Cara Mencari  Pendanaan UKM.


Bisnis Online, Even Bisnis UKM, Info Bisnis UKM, Inspirasi Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Seputar UKM, Pemasaran Bisnis UKM, Peluang Usaha, Peluang Bisnis UKM 

 

 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply