Cara Mendapatkan Kredit UKM untuk Usaha Kecil dan Menengah

Cara Mendapatkan Kredit UKM untuk Usaha Kecil dan Menengah, Kredit UKM merupakan salah satu instrumen pengembangan usaha yang selalu mendapat porsi dan perhatian besar dalam suatu negara karena dengan adanya kucuran kredit UKM kepada sektor perekonomian akan menggerakkan perekonomian secara baik. Pertumbuhan suatu negara selalu akan terkait dengan pertumbuhan ekonomi sektor riil yang rata-rata ditopang oleh pera pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah. Para pelaku bisnis UKM dan Bisnis Mikro sangat membutuhkan bimbingan / training UKM dan akses permodalan UKM agar pengembangan usahanya dapat dilakukan secara maksimal.

Kenapa Susah Mendapatkan Kredit UKM?

Sebenarnya perbankan tidak pernah mempersusah atau membuat susah para pelaku bisnis untuk dapat mengakses permodalan / Kredit UKM. Akan tetapi kita harus mengerti bahwa Bank merupakan Well Regulated Organization (Organisasi yang telah tertata secara baik aturan mainnya) sehingga setiap transaksi harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kenapa susah? rata-rata pelaku bisnis UKM tidak mau dan mengabaikan aspek legalitas dan formalitas kegiatan bisnisnya semisal, NPWP UKM, TDP UKM, SK Domisili UKM.

Bagaimana Solusi mendapatkan Kredit UKM?

Solusinya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan bahwa bisnis kita merupakan bisnis UKM yang terus berkembang.
  • Pastikan bahwa Legalitas usaha dilengkapi secara baik beserta dokumen pembukuan transaksi usaha.
  • Pastikan bahwa kita tidak mempunyai cacat di dunia perbankan walau sekecil apapun sebelumnya (Misal : Tunggakan kartu kredit walau hanya 100 perak sekalipun.)
  • Pastikan kita mempunyai opini positif dari rekanan bisnis kita.
  • Untuk usaha menengah – Usahakan bisnis kita telah menggunakan komputerisasi dalam administrasi transaksinya.
  • Pastikan bahwa lokasi usaha mendukung dan representatif (dibandingkan pelaku sejenis) walau di pasar yang kumuh sekalipun.
  • Pastikan informasi yang kita berikan kepada pejabat Bank adalah akurat dan tepat serta jujur.
  • Pastikan bahwa bisnis kita bukan usaha baru sebab Pejabat Bank tidak akan mau mengambil resiko dengan usaha yang masih baru dan belum tentu berjalan.

Catatan : Pejabat Bank tidak akan mentolerir adanya upaya penipuan dalam bentuk apapun.

Apakah bisa dibantu untuk mendapatkan kredit UKM?
Sebenarnya tanpa bantuan apapun, pelaku Bisnis UKM dapat dengan sendirinya mengajukan diri kepada pihak Bank tanpa bantuan pihak manapun yang mengaku dapat melancarkan proses kredit ke Bank. Jadi bersikap Percaya Diri untuk mengajukan diri kepada Perbankan.

Biasanya apa saja yang diminta untuk proses kredit UKM?

Aspek legalitas usaha
Untuk PT/ CV/ Firma/ NV atau sejenisnya adalah fotocopy : Akta pendirian berserta perubahannya, SIUP, NPWP, TDP, SK Domisili, KTP Seluruh pengurus, Sertipikat jaminan / BPKB, KTP Pemilik Jaminan, Surat Nikah, Kartu Keluarga, Rekening Koran 3 Bulan terakhir, Nota penjualan 3 bulan terakhir, Rekap laporan penjualan 1 Tahun. Adapun untuk perorangan adalah : SIUP,NPWP, TDP, SK Domisili,Laporan Penjualan,Sertipikat/ BPKB Jaminan, KTP, KK, Surat Nikah.
Aspek Ekonomis

Laporan penjualan dan faktur2 penjualan, Rekening Koran, Rekening Listrik dan dokumen sejenis lainnya.

Aspek Tekhnis
Pelaku Bisnis UKM harus sadar bahwa pejabat Bank banyak menangani portofolio kredit sehingga membutuhkan dukungan support teknis kelengkapan dokumen dan hal tersebut harus diperhatikan atau pengajuan akan menjadi sedikit lebih lamban.

DOKUMEN INI DISAMPAIKAN DALAM RANGKA MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PARA PELAKU UKM YANG MEMBUTUHKAN AKSES KREDIT KE DUNIA PERBANKAN DAN KONSULTASI PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK.

Banyak orang ingin menjalankan satu bisnis tapi tidak semua orang kemudian terjun ke dunia bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah ketiadaan modal. Dangan kondisi perekonomian negara yang masih kurang stabil sehingga berakibat pada tingginya angka kemiskinan membuat gairah usaha kecil menengah kian surut. Pemerintah sebagai penyelenggara negara ternyata menyadari akan hal tersebut dan untuk menanggulangi masalah permodalan UKM, pemerintah kemudian mencanangkan berbagai program yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha baik dengan sistem pinjaman lunak maupun hibah.

Bantuan Modal usaha Kecil Menengah

PNPM dan KUR adalah dua program pinjaman yang saat ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Meski dalam pelaksanaannya masih perlu beberapa perbaikan terkait tidak tepat guna yang dilakukan oleh para peminjam yang ternyata telah bekerja sama dengan pihak surveyor bank sehingga dana yang seharusnya di jadikan sebagai modal usaha kemudian dijadikan sebagai alat untuk membeli beberapa barang konsumtif. Namun, secara umum program ini telah membantu banyak pelaku UKM, sayangngya KUR dan PNPM adalah bantuan dalam bentuk pinjaman, dan tentu anda ingin mendapatkan modal dengan sistem hibah alias tanpa pengembalian.
Pemerintah dengan programnya GKN atau Gerakan Kewirausaan Nasional telah mengalokasikangana sebesar Rp. 54 Milliar kepada 2500 pelaku usaha kecil menengah guna mendongkrak pertumbuhan usaha mikro. Bantuan ini diberikan dalam bentuk modal usaha hibah sehingga tidak perlu dikembalikan karena bantuan ini adalah hibah murni.

Baca Juga: Pendanaan UKM dengan Mandiri Kredit Mikro

Seperti yang dilansir Tempo.co, bantuan ini akan disalurkan setelah pemilu presiden agar tidak terjadi fitnah adanya kepentingan politik  yang menunggangi program ini. Sasaran yang di tuju dari program ini adalah para pemula atau pemuda yang memiliki ide usaha kreatif yang layak usaha. Cara pengajuan adalah melalui proposal usaha yang diajukan kepada Kementerian Usaha Kecil Menengah dan Koperasi . Jadi jika anda memiliki ide usaha dan ingin berbisnis, mengapa tidak mengajukan bantuan ?

Di Jawa Tengah sendiri, perkembangan usaha kecil menengah meningkat 1000% dan ini juga tentu merupakan salah satu keberhasilan GKN. Tercatat pada tahun 2013, Kementrian Usaha Kecil Menengah Dan Koperasi telah mengucurkan dana sebesar 50 milliar. Angka yang sangat lumayan bukan?

So. untuk anda calon pengusaha atau pelaku usaha yang saat ini masih kebingungan dengan sulitnya mencari modal usaha kecil menengah yang aman. Segera cari informasi tentang hibah ini atau kunjungi http://www.depkop.go.id/. Mari dukung Gerakan Kewirausahaan Nasional agar tercipta banyak pekerjaan baru sehingga akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang sejahtera, subur sarwo tinandur, karta raharja, gemah ripah loh jinawi.


 

Cara Mendapatkan Kredit UKM Dari Pemerintah

Pemerintah, melalui berbagai program telah berupaya meningkatkan jumlah UKM di negara ini. Hal ini tentu dilatar belakangi oleh fakta bahwa Indonesia masih sangat kekurangan jumlah wirausahawan. Kekurangan pada sektor usaha mikro ini berimbas pada tingginya pengangguran lantaran sempitnya lapangan kerja sehingga menjadikan gaji buruh dan karyawan juga tidak tinggi. Di lansir dari keterangan Hatta Rajasa pada satu sesi wawancara, diketahui bahwa Indonesia masih sangat kekurangan stok wirausaha. karena sampai saat ini jumlah UKM baru mencapai 0,18 %. Angka ini jauh dari angka cukup. Beberapa ahli mengatakan bahwa suatu negara akan terhitung kuat ekonomi ketika jumlah UKM mencapai  minimal 2 %.

Cara Mendapatkan Kredit UKM Dari Pemerintah

Seperti yang telah banyak di prediksi oleh berbagai pengamat ekonomi dunia. Indonesia digadang gadang akan menjadi kekuatan ekonomi pada tahun 2030 mendatang. Ini tentu bukan tanpa alasan, sumber kekayaan alam yang melimpah menjadi salah satu faktor mengapa Indonesia berpeluang menjadi negara dengan tingkat ekonomi kuat di dunia. Namun demikian, masih ada banyak pekerjaan rumah yang perlu di lakukan terutama menambah jumlah usaha mikro agar setidaknya mencapai angka 2% dari total seluruh penduduk Indonesia.

Untuk itulah pemerintah berusaha untuk menggalakkan tumbuhnya minat berwirausaha masyarakat serta mendorong masyarakat untuk ikut andil dalam sistem ekonomi kewirausahaan. Tak cukup di situ, pemerintah pun telah menyiapkan dana untuk bantuan modal wirausaha untuk mereka yang ingin mendapatkan bantuan modal usaha secara cuma cuma alias hibah. Jika anda memiliki peluang usaha yang layak dengan prospek menjanjikan namun masih kesulitan mencari tambahan modal, ada baiknya silahkan baca tentang Cara Mendapatkan Modal Peluang Usaha Dari Pemerintah Terbaru berikut ini.

Bantuan Hibah Kelompok

Bantuan ini merupakan bantuan yang ditujukan kepada satu kelompok usaha dalam hal pengembangan usaha. Jadi bantuan ini mensyaratkan anda harus memiliki usaha yang telah berjalan dan ini harus dibuktikan keabsahannya melalui surat keterangan usaha dari pemerintah desa setempat. Bantuan ini dibagi bagi menurut jenis atau bidangnya, misalnya peternakan, pertanian dan sebagainya. Jika anda memiliki usaha ternak kambing dan ternyata di daerah anda ada beberapa peternak, cobalah untuk membuat kelompok ternak atau kelompok tani.

Setelah itu mintalah kepada pihak PPK Kecamatan kemudian mintalah surat keputusana resmi mengenai ijin kelompok tersebut. Baru setelah itu anda bisa mengajukan proposal usaha kepada pemerintah. Nominal bantuan tergantung dari skala usaha anda serta di tingkat pemerintahan mana yang anda mintai bantuan. Jika anda masih bingung bagaimana pembuatan proposal usaha untuk hibah pemerintah silahkan baca artikel di bawah ini

Bantuan Untuk Wanita Rawan Sosial

Bantuan ini ditujukan untuk wanita wanita janda, atau ibu rumah tanggga yang rawan sosial atau masih berada di bawah garis kemiskinan. Terlebih dahulu anda harus membentuk kelompok sebanyak 10 orang. Kemudian buatlah surat keputusan yang ditanda tangani oleh kepala desa bahwa di desa tersebut kelompok tersebut benar benar nyata. Setelah itu anda bisa mengajukan proposal usaha ke dinas sosial. Untuk nominal bantuan biasanya Rp. 10.000.000/ kelompok. Untuk contoh proposal usaha bantuan pemerintah ini silahkan baca di bawah ini :
Bantuan Untuk Wirausaha Muda

Bantuan untuk wirausaha muda ini dikhususkan kepada mereke pemula yang masih muda untuk berkarya membangun usaha mikro. Total dana yang akan didapat per unit usaha adalah Rp. 25 juta. Jika anda memiliki satu ide bisnis yang layak dan prospektif tidak ada salahnya mengikuti program ini. baca selengkapnya tentang bantuan modal wirausaha muda di sini.

Dari ketiga jenis bantuan di atas, anda bisa sesuaikan dengan jenis peluang usaha yang anda jalankan. Bantuan tentunya berbeda sesuai dengan tingkat pemerintahannya. Jika anda mengajukan bantuan ke pemerintah kabupaten tentu akan mendapatkan hasil yang lebih kecil di banding dengan bantuan dari pemerintah provinsi. Proposal usaha yang telah anda susun, segera anda kirim ke pemerintah baik di tingkat kabupaten, propinsi maupun pusat.

Jika usaha anda memang diterima anda akan mendapatkan pemberitahuan dari dinas terkait dan akan memberikan beberapa langkah penting untuk melakukan pencairan. Penulis sendiri telah beberapa kali menikmati bantuan ini dan memang sangat membantu rakyat kecil dalam mengembangkan usaha ini.


Support Keyword: Bisnis UKM, Info UKM, Peluang Usaha, Tips Bisnis, Peluang Bisnis UKM, Seputar UKM, Bisnis Online, Ulasan Bisnis UKM

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply