Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM

bisnis-ukm-solo-tambahan-modal.jpg

Cara Mendapatkan Tambahan Modal dari Program Kementerian UKM – Usaha Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UKM merupakan jenis usaha dengan modal kecil dan jumlah kekayaannya tidak lebih dari Rp200 juta. Jenis usaha ini perlu mendapatkan perhatian dari lembaga pemerintah Kementerian UKM untuk menambah modal sehingga mampu bersaing. Banyak pelaku bisnis UKM yang tidak mengetahui cara mendapatkan tambahan modal tersebut, sehingga mereka memilih pinjam dari bank dengan bunga yang tinggi. Untuk Anda pelaku bisnis UKM simak cara mendapatkan tambahan modal dari pemerintah berikut.

Buat Proposal Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pelaku bisnis untuk mendapatkan tambahan modal adalah membuat proposal. Buatlah proposal sebaik dan semenarik mungkin agar usaha Anda bisa mendapatkan modal tersebut. Sebaiknya Anda membuat proposal dalam 2 bentuk, hard copy maupun soft file agar memudahkan pengirimannya.

Ajukan ke Dinas Kementerian UKM

Setelah Anda memiliki proposal, Anda bisa mengajukannya ke dinas kementerian UKM setempat. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menjemput bola dengan mengajukan permohonan adakah dana hibah untuk usaha Anda. Pada saat Anda mendatangi Dinas Kementerian, Anda akan menemukan beberapa jenis bantuan yang disediakan pemerintah. Untuk mengetahui bantuan mana yang Anda butuhkan, cobalah tanyakan kepada pihak kementerian UKM yang melayani Anda di sana.

Kunjungi Situs Kementerian UKM

Cara selanjutnya untuk mendapatkan tambahan modal dari kementerian UKM adalah mengunjungi situs website resminya. Rajin-rajinlah mengunjungi situs tersebut, karena akan ada pengumuman tentang dana hibah. Pemerintah secara resmi akan mengumumkannya dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika sudah ada pengumuman, Anda hanya perlu mendaftar secara online dan mengisi semua data yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa meng-upload file proposal yang telah Anda miliki ke situs tersebut. Secara otomatis Anda akan terdaftar sebagai calon penerima bantuan modal dan menunggu proses seleksi.

Ikuti Pameran

Pameran untuk para pebisnis ataupun UKM sering digelar di berbagai tempat dan diadakan oleh banyak sponsor. Pemerintah juga sering mengadakan acara pameran untuk para pengusaha UKM, setidaknya setahun sekali. Acara seperti ini biasanya didatangi oleh pejabat daerah terkait. Di sini, Anda bisa menawarkan produk yang Anda jual dan bisa menunjukkannya pada pejabat tersebut. Dengan demikian dinas akan mengetahui bahwa Anda termasuk pengusaha UKM yang perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk membawa proposal usaha yang Anda miliki, sehingga Anda bisa mengajukan pengajuan modal di tempat ini.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengajukan pembiayaan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR merupakan layanan kredit dari pemerintah yang dilaksanakan oleh bank tertentu yang ditunjuk dan memiliki suku bunga yang rendah. Untuk mendapatkan pinjaman ini, biasanya Anda diminta untuk menunjukkan laporan keuangan dari usaha yang Anda jalani.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top