Cara Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM

bisnis-ukm-solo-target-pasar.jpg

Cara Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM – Permasalahan yang sering dihadapi UKM di Indonesia adalah tidak dapat menentukan target pasar dengan benar. Hal tersebut dapat terjadi ketika bisnis sudah berjalan tetapi target pasar belum dapat ditentukan. Hal ini dapat mengakibatkan bisnis yang dijalankan mati di tengah jalan. Penentuan target pasar sangat penting untuk Anda dalam memulai bisnis. Di mana, Anda harus mengetahui siapa saja konsumen yang menjadi  sasaran bisnis. Salah dalam memasarkan produk, hanya akan membuat produk Anda tidak laku dipasaran. Jadi, sebelum memulai bisnis, cobalah untuk mengetahui target pasar Anda dengan tepat. Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Anda.

Tentukan Siapa Konsumen Anda

Setelah Anda memiliki ide  produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Anda.  Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa aspek sebagai berikut:

  1. Geografi: lokasi atau daerah target pasar Anda berada.
  2. Demografi: jenis kelamin, usia, penghasilan, dan sebagainya.
  3. Harga: cara ini dinilai efektif karena kekuatan ekonomi setiap orang berbeda-beda. Sehingga Anda dapat menentukan target pasar sesuai harga yang Anda tetapkan.

Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, selanjutnya adalah mencari informasi  kebutuhan konsumen yang Anda sasar. Cara ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tes produk. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan. Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk. Maksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target pasar Anda.

Evaluasi Target Pasar

Cara ketiga adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan langkah Anda ke depan, apakah melanjutkan bisnis atau tidak. UKM di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jangan sampai, ketika Anda telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Anda salah. Akibatnya bisnis yang Anda bangun mati di tengah jalan. Padahal sudah banyak biaya yang telah dikeluarkan tetapi tidak ada pemasukan yang didapatkan.

Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena tiap target pasar mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarnnya. Misalnya, target pasar Anda remaja usia 17-20, maka target pemasarannya harus melalui social media. Sebab, rentan usia 17-20 sangat dekat dengan social media seperti instagram.

Evaluasi Respon Pasar

Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang Anda terapkan berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk. Cara ini dapat dilakukan apabila penjualan sudah mulai berjalan dan menghasilkan. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Lakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

scroll to top