Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target Pasar, Setelah usaha Anda berjalan, tentu Anda ingin usaha tersebut tetap berjalan dan berkembang. Pada kondisi ini, sebaiknya Anda mulai menentukan segmentasi pasar dari produk yang Anda tawarkan.

Apa dan bagaimana segmentasi pasar yang dapat Anda lakukan?

Segmentasi pasar adalah cara menentukan target konsumen dari produk yang Anda tawarkan. Hal ini merupakan pondasi utama dalam strategi pemasaran dan faktor penting dalam pengembangan bisnis Anda ke depan. Targeting juga termasuk penentu sukses tidaknya sebuah produk di pasaran. Kesalahan dalam membidik target pasar dapat mengakibatkan sumber daya yang dikeluarkan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, dalam menentukan target pasar haruslah berhati-hati karena pada dasarnya setiap produk mempunyai konsumennya sendiri-sendiri. Misalnya saja, ada orang yang suka motor sport, ada pula yang menyukai motor matic. Meski sama-sama motor, namun segmentasi pasarnya berbeda dan Anda harus jeli menentukan produk mana yang tepat untuk konsumen Anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menentukan target pasar yang tepat.

Mencari tahu perekonomian di daerah sekitar. Jika produk yang Anda tawarkan harganya mahal sangat tidak tepat jika Anda membuka pasar di daerah pemukiman yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah. Atau sebaliknya, jika produk yang Anda pasarkan harganya murah meriah tidak tepat jika Anda pasarkan di kalangan menengah ke atas karena yang mereka cari adalah prestise (kebanggaan) dan gengsi dari merk tertentu bukan harga yang murah.

Menyamakan kualitas. Dalam menerapkan strategi pemasaran ke konsumen, sebaiknya sesuai dengan profil konsumen. Misalnya, untuk kalangan menengah ke atas, Anda dapat membuat banner, brosur, atau presentasi yang memikat dan berkualitas. Sebaliknya, untuk konsumen menengah ke bawah, Anda bisa membuat brosur, pamflet, atau leaflet yang difotokopi dan disebarkan.

Perhatikan tingkat keamanan. Saat menentukan lokasi usaha sesuai target konsumen, Anda juga perlu memperhatikan keamanan sekitar. Jangan sampai Anda membuka usaha di tempat yang rawan dengan tindak kriminal atau pungutan liar. Sebaiknya, pilih tempat usaha di dekat pemukiman warga yang aman, ramah, dan welcome terhadap Anda.

Pentingnya survey. Anda juga bisa melakukan survey dan riset terlebih dahulu sebelum Anda melakukan ketiga langkah di atas. Setidaknya, Anda dapat memulai riset kecil dengan menentukan dua hal berikut.

Menentukan kelompok pembeli

Dalam segmentasi pasar, sebaiknya Anda jangan terjebak dalam pengelompokan berdasarkan demografi semata. Anda juga harus memperhatikan kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Misalnya, para pecinta kuliner malam hari. Ada yang menyukai bakmi Jawa, ada pula yang lebih memilih gudeg, atau sekadar makan di angkringan. Merekalah yang disebut kelompok pembeli. Anda dapat menentukan pasar ceruk atau menyempitkan kelompok pembeli tadi dengan produk unggulan yang Anda miliki.

Menentukan manfaat utama yang dicari oleh kelompok pembeli pada suatu produk

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui manfaat utama yang paling dicari oleh target konsumen Anda. Apakah mereka menginginkan harga yang relatif murah, tempat makan yang santai, atau diskon yang menarik. Intinya, Anda harus mencari tahu apa yang paling diinginkan oleh kelompok pembeli tersebut.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply