Cara Menjadi Pebisnis Sukses di Usia Muda

bisnis-ukm-solo-sukses-muda.jpg

Cara Menjadi Pebisnis Sukses di Usia Muda – Saat ini banyak anak muda yang mulai melirik dunia usaha dan menjadikannya sebagai sebuah awal pembelajaran untuk mencari uang ketimbang harus berdesakan mendatangi lowongan pekerjaan yang kadang tidak sesuai ekspektasi mereka. Di luar negeri, fenomena ini sudah lama terjadi. Mark Zuckerberg pelopor Facebook, Larry Page penemu Google, atau bahkan Evan Spiegel pendiri Snapchat adalah beberapa contoh dari segelintir anak muda yang dapat meraih kesuksesan dan berhasil menjalankan perusahaan bernilai jutaan dolar. Namun apa sebenarnya yang mereka lakukan hingga berhasil sukses di usia muda? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat mengikuti langkah mereka:

Jeli Melihat Kesempatan

Banyak pengusaha muda yang mendapat ide bisnis dari hal sederhana yang mereka temui sehari-hari. Tidak adanya solusi terhadap permasalahan yang mereka alami, akhirnya mengantar mereka untuk membuat solusi baru atas permasalahan yang ada. Misalnya, ketika Anda sedang olahraga di taman dekat komplek dan kesulitan mencari minuman. Sebagai orang yang jeli melihat kesempatan, Anda pasti akan mencoba membuka warung kecil di rumah atau disekitar taman tersebut.

Mampu Memanfaatkan Jaringan

Tidak ada karir pengusaha yang dapat berhasil tanpa bantuan dari orang-orang yang tepat. Para pengusaha muda tersebut mengerti betul akan hal ini. Jaringan atau networking adalah salah satu yang selalu di manfaatkan oleh para pengusaha sukses  untuk mendapatkan dukungan bisnis ketika mereka memulai awal usaha. Memanfaatkan pengaruh orang sukses sebelumnya untuk membangun sebuah kredibilitas dalam berbisnis adalah sebuah langkah tepat untuk meraih sukses di masa muda.

Berani Mengambil Risiko

Pengusaha sukses cenderung untuk tidak terlalu banyak menganalisis keadaan yang ada. Mereka langsung bertindak terhadap apa yang terjadi dan berani mengambil risiko yang ada. Contoh saja Michael Dunlop yang keluar dari sekolah setelah divonis sebagai pengidap disleksia. Michael menemukan kenyataan bahwa mungkin sekolah bukan tempat yang sesuai dengan dirinya yang berkebutuhan khusus dan akhirnya memberanikan diri dengan semua uang yang dia miliki untuk membuka usaha IncomeDiary.com, sebuah situs yang membantu para pengusaha untuk mengembangkan website pribadinya yang akhirnya mendatangkan profit keuntungan hingga jutaan dolar Amerika.

Bekerja dengan Hobi & Bakat

Hobi maupun bakat bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang  bernilai dan menghasilkan banyak uang. Pekerjaan yang dilakukan berdasarkan hobi atau bakat justru akan mendatangkan kenikmatan dan keahlian yang tidak dimiliki oleh orang awam. Seorang pebisnis handal, tahu cara menggunakan bakat atau hobi sebagai penunjang bisnisnya di masa muda. Contohnya, Elang Gumilang seorang pengusaha properti terkenal yang sejak muda sudah menyukai dunia arsitektur dan berkuliah di jurusan yang sama. Ia menggunakan bakatnya untuk menekuni bisnis properti sejak masih kuliah.

Mampu Beradaptasi, Berinovasi, & Berani

Tidak ada yang tetap dalam dunia bisnis, semuanya mengalami perubahan. Jika tidak berinovasi dan beradaptasi, maka sebuah usaha akan tertinggal dari perubahan. Contohnya keberadaan sebuah toko online atau transportasi online, dulu kita tidak mengenal hal itu, tapi saat ini ke dua bisnis tersebut menjadi sesuatu yang marak dijalani banyak orang di Indonesia. Untuk beradaptasi dan membuat inovasi, Anda juga harus bisa lebih berani, terutama berani menerima risiko dan berani mencoba hal baru yang belum pernah ada.

Bersabar & Fokus pada Bisnis yang Ada

Banyak pengusaha yang terlalu mudah menyerah karena tidak sabar dengan kemajuan bisnis yang stagnan. Membangun usaha yang berkelanjutan diperlukan waktu, bahkan tokoh sehebat Steve Jobs pun tidak langsung menciptakan Macintosh setelah ia menemukan Apple 8 tahun sebelumnya. Anda harus tetap fokus dan bersabar agar dapat sukses.

Investasikan Kekayaan & Kelola keuangan

Banyak pengusaha sukses yang tidak gegabah untuk menghabiskan kekayaan mereka dalam satu waktu. Mereka  menginvestasikan kembali kekayaan yang mereka miliki dan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memastikan diri mereka agar tidak jatuh bangkrut.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Editor's Review
  • Scenic beauty
  • Accomodation
  • Conveyance
  • Food availibility
  • Security
5

Summary

One day however a small line of blind text by the name of Lorem Ipsum decided to leave for the far World of Grammar. The Big Oxmox advised her not to do so, because there were thousands of bad Commas.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top