Cara Merancang Bisnis Jasa Layanan Pesan Antar

Saat ini banyak sekali para pengusaha baru yang telah meraih kesuksesan di tanah air. Namun masih jarang ditemukan ide bisnis yang unik dan cemerlang untuk dilakoni sebagai suatu bisnis yang mendatangkan keuntungan. Salah satu bisnis yang menurut saya tergolong bisnis yang unik yakni bisnis jasa layanan pesan antar. Peluang bisnis jenis ini banyak dibutuhkan banyak orang yang tidak memiliki waktu atau bebarengan dengan kegiatan yang sama dengan waktu tersebut.

Cara Merancang Bisnis Jasa Layanan Pesan Antar

Layanan pesan antar atau delivery order merupakan salah satu penunjang citra bisnis dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Berbagai jenis usaha seperti restaurant, bengkel, toko, perkantoran, pabrik dan lainnya mencoba menghadirkan layanan ini kepada konsumennya. Namun untuk menghadirkan layanan pesan antar ini juga dibutuhkan biaya dan tenaga yang besar, sehingga sangat sedikit perusahaan yang rela menggunakan investasinya untuk jasa layanan tersebut. Nah menyadari peluang ini tentu akan sangat menjanjikan bila Anda menjadi penyedia jasa layanan pesan antar.

Penyedia jasa layanan pesan antar memiliki tugas untuk mengantarkan barang pesanan yang dipesan ke pada konsumen. Modal yang utama dalam menjalankan suatu bisnis ini adalah alat tranportasi misalnya montor ataupun mobil. Kunci yang utama dalam menjalankan jenis bisnis ini adalah memperluas jaringan agar mendapat pelanggan yang banyak dan mempercayakan terhadap bisnis Anda. Jika meneropong dari sasaran bisnis ini adalah menargetkan kerja sama yang baik terhadap para pelanggan yang membutuhkan jasa pelayanan pesan antar atau menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang belu memiliki layanan tersebut.

Cara merancang bisnis jasa layanan pesan antar, Usaha ini sebenarnya telah ada yang melakoninya. Salah satunya adalah seorang mahasiswa yang telah sukses menjalankan bisnis jasa layanan pesan antar. Berawal dari kejeliannya menangkap peluang yang ada yang berkembang di masyarakat dengan kondisi kesulitan perjalanan karena sering macet, tidak ada waktu untuk melakukan tugasnya karena harus berada di tempat yang lain. Melihat peluang yang ada membuat mahasiswa ini menjalankan bisnis jasa layanan pesan antar memberikan tambahan penghasilan yang cukup lumayan tinggi, dari hasil bisnis ini saja biaya kuliah mudah dibayarkan dan tidak menjadi beban.

Contoh dari bisnis jasa layanan pesan antar ini seperti dalam berikut ini :

1. Jasa layanan untuk berbelanja di pasar ataupun supermarket.

2. Jasa layanan untuk membayarkan tagihan telepon, listrik atau PDAM.

3. Jasa layanan untuk mengantar makanan.

4. Jasa layanan untuk membeli tiket nonton bioskop.

5. Jasa layanan untuk mentransfer uang.

6. Jasa layanan membeli tiket pesawat, travel, kereta api dll.

7. Jasa layanan membeli tiket pertandingan sepak bola, tiket konser dll.

8. Jasa layanan untuk mengantar jemput anak sekolah.

Contoh di atas adalah contoh sebagian dari bisnis jasa layanan pesan antar yang bisa Anda coba untuk melakoninya. Meski terlihat sepele, tapi keuntungan bisnis tersebut sangat menjanjikan. Misalnya saja jasa layanan untuk membeli tiket pertandingan sepak bola, mungkin sebagian orang pecinta klub sepak bola, menyaksikan langsung pertandingan sepak bola adalah hal terpenting. Jika melewatkannya karena belum sempat membeli tiketnya tentu rasanya marah dan kecewa. Nah bagi Anda yang kerepotan atau lagi sibuk namun belum bisa membeli langsung tiket pertandingan dan tak ingin kehabisan stock tiket atau tidak ingin melewatkan sebuah pertandingan sepak bola yang penting. Tentu menggunakan jasa layanan pesan antar ini sangat membantu Anda. Bisnis jasa layanan pesan antar tentu akan sangat membantu dan berguna bagi semua orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Menjadi penyedia untuk jasa layanan pesan antar ke pelanggan sangat pas dilakoni bagi para pelajar, para mahasiswa ataupun untuk para pengangguran yang susah mencari pekerjaan. Dalam menjalankan bisnis ini, penyedia jasa akan menerima order dari konsumen untuk melakukan pelayanan jasa. Misalnya saja membeli barang tertentu ke suatu tempat. Yakni ada pelanggan yang membutuhkan jenis buku pelajaran yang sangat penting untuk anaknya. Anda tentu akan mencarikan jenis buku tersebut ke sebuah tempat yakni toko buku. Setelah buku di dapatkan Anda bisa langsung mengantarkan ke pelanggan. Upah atau biaya yang akan didapatkan atau diterima ini akan dihitung berdasarkan jarak tempuh, lama perjalanan atau tingkat kesulitan yang dihadapi. Agar jumlah order yang diterima makin banyak, maka dibutuhkan suatu promosi bisnis ke berbagai tempat misalnya saja memasang iklan lewat internet, surat kabar atau cetak brosur maupun kartu nama bisnis.

Sebelum membahas dengan promosi bisnis tentu Anda juga perlu menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan. Kerja sama ini dibutuhkan agar jika Anda mengalami kesulitan menyebarkan atau promosi bisnis ini Anda dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di seputar wilayah Anda. Misalnya saja menjalin hubungan dengan para pengusaha toko kue atau bakery, pengusaha makanan, pengusaha rumah makan dan berbagai perusahaan lain yang belum memiliki jasa layanan pesan antar. Dalam menjalankan bisnis ini Anda juga harus lebih profesioanal karena juga menyangkut citra perusahaan yang telah menggunakan bisnis jasa layanan Anda. Beberapa orang yang menggeluti bisnis ini telah menjalin kerjasama yang baik dengan banyak perusahaan. Ada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan pesan antar di jakarta yang menerima order makanan secara online. Lewat sebuah website mereka menampilkan aneka menu makanan yang bisa langsung dipesan kepada konsumen. Ketika ada order makanan, mereka menghubungi rumah makan atau restaurant yang diajak untuk kerjasama untuk menyiapkan menu makanan yang telah di pesan dari pelanggan. Hal ini tentu merupakan sebuah hubungan yang menguntungkan antara pelaku rumah makan, konsumen, dan si penyedia jasa layanan pesan antar.

Bagaimana cara mempromosikan bisnis jasa layanan pesan antar ?

Promosi merupakan langkah ampuh untuk menggait para pelanggan dalam bisnis jasa layanan pesan antar. Tanpa dilakukan promosi orang tidak akan tahu tentang jasa layanan pesan antar yang sedang Anda jalankan. Promosi sangat dibutuhkan agar memiliki atau mendapat order dari para pelanggan yang menginginkan sebuah jasa layanan pesan antar. Cara promosi ini dapat ditempuh dengan berbagai cara yang digunakan baik online atupun offline. Seperti yang telah kita bahas tadi di atas cara promosi offline dapat dilakukan dengan menyebar luaskan jasa lewat mencetak brosur, kartu nama, spanduk dan lainnya. Misalnya saja mencetak brosur Anda harus membuat isi brosur menarik dan dapat dengan mudah dipahami pelanggan. Brosur yang telah dicetak ini dapat Anda sebarkan ke tempat-tempat yang ramai seperti tengah kota, jalanan, kampus dan lainnya.  Sedangkan cara promosi lewat sistem online, Anda dapat membangun atau membuat sebuah website atau blog dengan tampilan yang baik dan bagus. Blog ini dapat Anda isi dengan jenis layanan yang Anda gunakan atau dengan memasang tarif jika dibutuhkan. Selain lewat blog Anda juga bisa membuat halaman atau grub di facebook, twitter, BBM, we chat, whats upp dan lainnya. Misalnya saja Anda ingin mmpromosikan bisnis Anda dalam sebuat halaman atau fans page facebook, Anda juga harus mendesain tampilan halaman menjadi menarik dan juga memberikan jenis layanan yang ada. Setelah cara promosi ini ditempuh tentu bisnis jasa layanan pesan antar Anda akan ramai dikunjungi atau dibutuhkan banyak pelanggan. Jika sudah berkembang sukses, tentu Anda perlu menjalin kerja sama dengan banyak orang atau mempekerjakan karyawan.

Demikian mengenai info merancang bisnis jasa layanan pesan antar yang bisa untuk Anda coba untuk menambah penghasilan dari sekarang. Tertarik untuk terjun langsung dalam bisnis jasa layanan pesan antar ? Tidak ada salahnya jika mencoba bisnis jasa layanan pesan antar karena bisnis ini masih sedikit yang melakukannya dan peluang bisnis yang didapatkan sangatlah menguntungkan. Kunci utama keberhasilan bisnis jasa layanan pesan antar adalah membangun tingkat kepercayaan kepada pelanggan serta memberikan pelayanan yang memuaskan. Semoga artikel di atas tentang bisnis jasa layanan pesan antar dapat bermanfaat serta berguna bagi Anda semua.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply