Ciri Pemimpin Bisnis Ideal Era Medsos

Sudah memulai bisnis sejak zaman komputer belum begitu banyak digunakan dalam bisnis, hingga bisnis menjadi sangat personal dan kendalikan smartphone membuat saya mengamati ribuan bisnis yang mati dengan tenang di tangan pemimpinnya.

Mau diakui atau tidak, ibarat perang, pemimpin bisnis adalah jenderal yang menentukan semua strategi perang. Menang kalahnya perang, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemimpin.

Nah, inilah ciri pemimpin ideal di era turbulen, era perubahan yang sangat cepat masa ini.

1. Jawara Marketing dengan Medsos

Media sosial adalah alat perang dahsyat berbiaya murah, menjangkau market dengan biaya murah sekaligus cepat. Maka pemimpin bisnis yang tidak paham cara kerja medsos akan tertinggal. Gagal dalam marketing, gagal dalam branding dan gagal dalam menghasilkan omset minimal untuk bisnis atau institusi yang dipimpinnya.

Media sosial jika dikuasai, akan menjadi alat perang yang dahsyat. Jika tidak, iya akan menjadi alat bagi kompetitor dalam membunuh bisnis atau institusi kita.

2. Memimpin Bisnis dengan Medsos

Dengan medsos, kecepatan pengambilan keputusan bisa ditingkatkan. WhatsApp Group membuat para pemimpin di seluruh dunia bisa mengambil keputusan bisnis tanpa meeting formal. Pemimpin bisnis yang tidak menggunakan WA Group untuk menggerakkan organisasinya, bersiaplah organisasinya terbunuh oleh kompetitor. Ciri-cirinya biasanya adalah cash flow negatif dalam bisnis yang dipimpinnya, alias pengeluaran yang lebih besar dibanding pendapatannya.

3. Merekrut Tim Via Medsos

Merekrut tim via medsos, minimal membuat tim kita adalah orang sadar pentingnya medsos dan mau memanfaatkan medsos untuk kemajuan perusahaan.

Bayangkan jika perusahaan diisi dengan orang-orang galau di medsos mereka, tentu ini akan membangun citra negatif bagi perusahaan atau institusi.

Lain halnya jika orang-orang yang merasakan manfaat finansial dan karir dari medsos dalam tim kita, maka mereka akan memanfaatkan medsos untuk memajukan bisnis.

Saya sudah memanfaatkan medsos untuk membangun dan membesarkan bisnis serta karir saya sebagai trainer dan motivator. Bagaimana dengan Anda?

Selamat menjadi pemimpin ideal di era medsos.

Salam Hebat
Putu Putrayasa
CEO of Hebat Group Asia
www.putu.harianbernas.com

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply