Definisi Pasar Berdasarkan Karakteristik dalam DUnia Bisnis

Definisi Pasar Berdasarkan Karakteristik dalam Dunia Bisnis, Semua orang pasti tahu pasar, ya pasar secara sederhana adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Saat ini definisi pasar semakin meluas dengan hadirnya internet.

Kalau dulu orang harus bertemu langsung di pasar, baik pasar tradisional maupun modern. Untuk saat ini penjual dan pembeli bisa bertemu secara tidak langsung melalui internet atau pasar digital.

Besar kecilnya suatu pasar dilihat dari jumlah pembeli yang ada pada pasar tersebut. Pembeli yang potensial itu mempunyai tiga karakteristik pokok, yaitu minat, penghasilan dan akses. Berdasarkan ketiga karakteristik yang dimiliki pembeli potensial tersebut, maka ada lima level definisi pasar, yaitu :

  1. Pasar potensi (potential market), pasar ini dapat didefinisikan sekumpulan orang (konsumen) yang mempunyai tingkatan minat tertentu terhadap penawaran pasar tertentu. sebagai contoh, semua orang yang menyatakan keinginan (minatnya) untuk membeli sebuah mobil.
  2. Pasar yang tersedia (available markat), dapat katakan sebagai sekumpulan konsumen yang mempunyai minat, akses dan penghasilan terhadap pasar tertentu. dalam pasar ini konsumen sanggup tau punya kemampuan (daya beli) untuk membeli mobil. Selain itu hambatan akses juga teratasi, artinya bahwa mobil tersebut tersedia dalam wilayah konsumen tersebut.
  3. Pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market), yaitu sekumpulan pembeli yang mempunyai minat, akses, penghasilan dan kualifikasi untuk penawaran pasar tertentu. misalkan saja pemerintah membuat UU (melarang) penjualan mobil terhadap konsumen yang masih dibawah usia 18 tahun. Dengan begitu, walaupun konsumen tersebut mempunyai akses, penghasilan (daya beli) , minat tetapi bila belum berusia 18 tahu maka ia bukanlah pasar tersedia yang memenuhi syarat.
  4. Pasar yang dilayani (served market atau terget market) yaitu pasar yang meruapak bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat (qualified available market) yang ingin dimasuki oleh sebuah perusahaan. Sebagai contoh, saat produsen mobil memutuskan untuk memusatkan perhatian pemasarannya dan distribusinya di Jakarta, maka Jakarta menjadi pasar yang dilayani.
  5. Pasar penetrasi (penetrated market), yaitu sekumpulan konsumen (pembeli) yang benar-benar telah membeli produk. Jadi dalam hal ini yang termasuk dalam pasar penetrasi adalah mereka (konsumen) yang telah sungguh-sungguh membeli mobil produsen tersebut.

Pemahaman tentang level definisi pasar ini sangat bermanfaat bagi perusahaan bagi perencanaan pemasaran. Jika seorang pemasar (produsen) belum puas dengan hasil penjualannya saat ini, maka produsen tersebut dapat melakukan sejumlah tindakan atau cara. Produsen tersebut dapat mencoba untuk menarik prosentase pembeli dari pasar yang dilayani yang lebih besar. Produsen dapat memperluas pemasarannya dengan cara membuka distribusi pada wilayah lain ataupun dengan menurunkan harga. Selain itu produsen dapat mengiklankan produknya agar memperluas pasar potensialnya dan juga menarik konsumen yang semula tidak berminat.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply