Editor choice

Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur Tamu Dari Colombo Plan

Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Jatim pada Rabu (21/9) yang lalu kedatangan tamu istimewa. Tamu sebanyak 18 orang ini berasal dari 13 negara yang tergabung di Colombo Plan. Mereka berasal dari negara Maldives, Bangladesh, Bhutan, Iran, Malaysia, Pakistan, Philippines, Vietnam, Nepal, Srilanka, Myanmar, Fiji dan Indonesia.

Kunjungan ke kantor Diskopumkm ini dalam rangka Sharing Best Practices On Women and Leadership yang sudah dimulai dari 19 September 2016 dan akan berakhir 23 September 2016 ini. Pada acara ini ditampilkan 2 orang narasumber yakni I Made Sukartha yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM propinsi Jawa Timur, dengan menyampaikan materi Policies and Strategies  Empowerment Cooperatives & MSMEs in East Java. Sedangkan pembicara kedua adalah Jihan Al Hanin, ketua Koperasi Wanita (Kopwan) Al Barokah Tuban yang menyampaikan materi seputar keberhasilan mendirikan dan mengelola Kopwan Al Barokah.

”Koperasi dan UMKM sebagai salah satu pelaku ekonomi memiliki peranan strategis dalam pembangunan ekonomi rakyat. Jumlah koperasi di Jawa Timur tercatat ada 31.182 unit koperasi. Pemerintah provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah berhasil menumbuhkan 8.506 koperasi wanita yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Usaha penumbuhan koperasi ini telah membuktikan jika pemerintah Jatim memiliki kepedulian yang tingggi untuk pemberdayaan perempuan, khususnya telah memberikan peran kepada perempuan di pedesaan untuk turut berkiprah dalam pemberdayaan ekonomi. Sehingga perempuan di pedesaan sekarang mampu berkarya secara ekonomi untuk membantu perekonomian keluarga dan masyarakat sekitarnya,”ujar I Made Sukartha dalam pemaparannya yang di sampaikan dalam bahasa Inggris tersebut.

Sedangkan  Jihan Al Hanin mengungkapkan, jika sejak berdiri pada Agustus 2010 silam modal kopwannya hanya sebesar Rp 25 juta yang didapatkan dari bantuan pemerintah, serta jumlah anggota yang hanya 29 orang, maka kini jumah asset kopwannya ini sudah mencapai 1,3 M dengan jumlah anggota 506 orang dari jumlah 606 KK yang ada di desa Cekalang kecamatan Soko kabupaten Tuban itu.

”Alhamdulillah dari 606 KK yang di desa kami kini 567 orang sudah menjadi anggota kami di September 2016 ini. Banyak jasa keuangan yang masuk ke desa kami, tapi alhamdulillah kami masih bisa bersaing dan menjadi prioritas bagi warga kami. Dan sejak Kopwan Al Barokah berdiri pada Agustus  2010 yang lalu, kini desa kami menjadi desa percontohan, baik itu di tingkat kabupaten dan propinsi sebagai Desa Pengerak Ekonomi Kerakyatan, Desa Penggerak Pembangunan dan Kegiatan Sosial,”ungkap Jihan.[ken]

 

Sumber: http://diskopumkm.jatimprov.go.id

Editor choice

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply