E-Commerce Indonesia Perkokoh UKM

Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesia E-Commerce Association (idEA) berencana menggelar seminar dan exhibition khusus untuk memperkuat usaha kecil dan menengah (UKM) pada 30 Mei di Assembly Hall Plaza Bapindo, Jakarta.

Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesia E-Commerce Association (idEA) berencana menggelar seminar dan exhibition khusus untuk memperkuat usaha kecil dan menengah (UKM) pada 30 Mei di Assembly Hall Plaza Bapindo, Jakarta.

Program bertajuk UKM Indonesia Scale Up ini bertujuan untuk mengedukasi pelaku UKM agar mampu meningkatkan skala usaha melalui mitra e-commerce, seperti penyedia jasa teknologi dan pembayaran online (payment gateway). “Pengembangan UKM merupakan salah satu prioritas kerja dan komitmen idEA. Platform e-commerce dan teknologi digital dapat memperluas akses pasar bagi pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usaha,” tutur Ketua Umum idEA Daniel Tumiwa, dalam pesan tertuls, Senin (18/5). Ia menargetkan sekitar 30 ribu pengunjung akan memeriahkan acara tersebut.

Ada 16 perusahaan yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut. Perusahaan-perusahaan ini bergerak di bidang antara lain marketplace, sistem pembayaran, logistik, teknologi, dan perbankan. Mereka ialah Elevania.co.id, Labsatu.com, Triptrus.com, Skye, Doku, Faspay, ipay88, Sprint, veritrans, JNE, CBN, Webcika.com, Bank mandiri, Google, Nurbaya, dan Hukum Online.

Dengan program itu, anggota asosiasi memberikan berbagai benefit eksklusif yang sangat bermanfaat bagi operasional UKM. “Contoh benefit mulai diskon untuk layanan tertentu, konsultasi gratis, dukungan program promosi, hingga penggunaan fasilitas layanan yang dibuat khusus,” ujar Daniel.

Webcika.com, misalnya, memberikan uji coba sistem aplikasi kasir secara offline dan online dengan gratis selama satu bulan. Setelahnya, Webcika.com menawarkan diskon sebesar 10% bagi UKM yang menjadi anggota idEA. Sekadar informasi, harga berlangganan aplikasi Webcika sebesar Rp99 ribu per bulan.Webcika.com juga memberikan pelatihan cuma-cuma kepada UKM agar dapat melakukan usaha e-commerce.

Menurut Chief Executive Officer Webcika.com Bima Gusti, perusahaannya ingin berbagi ilmu dengan UKM dalam menjalankan kegiatan usahanya dari cara konvensional menjadi yang lebih modern. Aktivitas toko, seperti pencatatan stok barang dan laporan penjualan, secara cepat juga akurat dapat diwujudkan dengan aplikasi kasir milik Webcika dengan cara offline dan bisa terintegrasi dengan toko online Anda sendiri.

Sejatinya,  “Kami telah melakukan pembinaan kepada UKM sejak awal tahun ini. Hingga kini kami sudah memberikan pelatihan kepada 50 UKM,” ungkap Bima Gusti. Kebanyakan UKM yang dilatih Webcika.com terkait fesyen, komputer, handphone, dan suku cadang otomotif.

Webcika.com punya cerita sukses dalam mengakselerasi UKM. Suatu perusahaan ritel yang menjual tas, imbuh Bima, kini telah berani membuka toko online setelah diberikan pendampingan oleh Webcika.com. Dengan memasuki dunia e-commerce, usaha ritel tersebut bisa dibilang semakin maju karena akses pasar yang lebih luas.

Sejak diluncurkan pada November 2014 sampai sekarang, Webcika telah diunduh oleh beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Filipina, dan lainnya. Tentu ini merupakan prestasi bagi produk lokal yang relatif baru. Karenanya, Bima berharap dengan keikutsertaan Webcika.com dalam acara idEA pada akhir Mei nanti dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi pada pengembangan UKM yang terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional.


Berita UKM | Bisnis Online | Even Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Inspirasi Bisnis UKM | Koperasi | Kredit UKM | Manajemen Bisnis | Pelatihan Bisnis UKM | Peluang Bisnis UKM | Peluang Usaha | Pemasaran Bisnis UKM | Pembiayaan UKM | Seputar UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM | Ulasan Bisnis UKM

 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply