5 Produk RI Dijual di Toko Online Jack Ma

bisnis-ukm-solo-jack-ma.jpg

5 Produk RI Dijual di Toko Online Jack Ma – Lima produk Indonesia dipastikan akan berpartisipasi dalam 11.11 Global Shopping Festival, ajang pesta diskon gila-gilaan di China atau yang dulu dikenal sebagai Hari Jomlo.

Ajang 11.11 yang digawangi perusahaan e-commerce raksasa China Alibaba Group menjadi salah satu perhelatan belanja paling dinanti di Negeri Tirai Bambu dengan lebih dari 10 juta unit produk yang ditawarkan.

Lima produk makanan Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang tahunan tersebut melalui platform Alibaba. Kepastian itu dikemukakan pendiri Alibaba Group, Jack Ma usai bertemu dengan pemerintah dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari pembahasan peta jalan e-commerce Indonesia dengan Jack Ma ikut menjadi salah satu penasihat.

“Kita bahas tiga hal, yaitu mengenai keikutsertaan di acara 11.11 pada November 2018, pengembangan sumber daya manusia (SDM) di era digital, dan pengembangan teknologi keuangan atau fintech,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Terkait ajang 11.11, Jack Ma dalam diskusi dengan Kadin menyepakati pembentukan delegasi yang akan melakukan observasi dan kunjungan ke ajang 11.11 agar lebih banyak pebisnis di Indonesia yang bisa belajar dari ajang yang digelar pada 11 November itu, mulai dari aspek bisnisnya, logistik, keuangan hingga marketplace.

“Kami ingin UKM dan wirausaha di Indonesia bisa belajar dan memperoleh manfaat dari ajang 11.11 mendatang,” ujar Jack Ma.

Sebagai catatan, pada 2017 lalu, Alibaba menembus rekor penjualan pada Hari Jomlo dengan meraup transaksi fantastis, yaitu USD25 miliar atau lebih dari Rp300 triliun dalam tempo 24 jam saja.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan, lima produk Indonesia yang akan diikutsertakan dalam ajang 11.11 adalah Kopi Kapal Api, makanan ringan Richeese, kerupuk udang Papatonk, Indomie, dan sarang burung walet. Kelima produk ini dipilih selain lantaran kualitasnya bagus, juga sebelumnya telah tersedia dan diterima di platform Alibaba serta menjadi favorit konsumen di China.

“Kelima produk ini masingmasing harus tersedia minimal satu juta stok pada saat ajang 11.11 itu berlangsung,” sebutnya.

Menurut Triawan, terdapat 10 juta produk saat ajang 11.11 sehingga persaingan sangat ketat. Karena itu ke depan harus lebih disiapkan lagi produk dan komoditas atau merek apa yang bisa diikutsertakan untuk menggaet pasar konsumen China dan dunia. Salah satu potensi adalah buah manggis.

“Produk yang harus disiapkan juga dan mereka (Alibaba) pernah sebut juga adalah manggis. Manggis kalau kita bisa memproduksi banyak, berkualitas baik dan konsisten, itu bisa luar biasa (penjualannya). Sama seperti durian,” ucapnya.

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani menyambut kerja sama dengan Alibaba dan keikutsertaan produk Indonesia tersebut sebagai langkah awal yang sangat baik. Pihaknya juga sudah berbicara dengan tim Alibaba mengenai potensi produk lain yang bisa ditampilkan. Menurutnya, negara lain seperti Malaysia dan Thailand juga aktif berpartisipasi dalam ajang 11.11.

“Pada ajang 11.11 sebelumnya, durian itu bisa laku 80.000 buah dalam semenit dan mereka (Alibaba) sudah menjual total 2 miliar durian sampai saat ini. Tapi yang memanfaatkan bukan kita, melainkan Thailand dan Malaysia,” ucapnya.

Duta Besar Indonesia di Beijing Djauhari Oratmangun berharap hadirnya produk-produk Indonesia pada platform Alibaba akan bisa meningkatkan brandin g produk Indonesia dan mendorong naik ekspor Indonesia ke depan. Menurutnya, saat ini China merupakan mitra dagang utama Indonesia dengan nilai mencapai USD65 miliar.

 

Rencana Bisnis UKM Simple Tapi Mendatangkan Omset Besar

bisnis-ukm-solo-Strategi-Pemasaran-bisnis.jpg

Rencana Bisnis UKM Simple Tapi Mendatangkan Omset Besar – Selain modal, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan sebelum membangun sebuah bisnis. Itu artinya modal saja belum lah cukup. Perlu pemahaman yang baik pada hal hal lainnya agar bisnis Anda benar benar sukses besar.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita membuat plan bisnis. Dengan adanya plan bisnis atau rencana bisnis, maka usaha yang kita jalankan selalu terang, terarah dan fokus. Perhatikan saja para pebisnis besar, rata rata mereka membuat plan besar yang diikuti oleh plan kecil dan detail.

Fungsi rencana bisnis selain untuk usaha baru, ternyata juga berfungsi untuk menyelamatkan usaha yang sudah berjalan. Oleh sebab itu, kita bisa melihat bahwa rencana atau plan bisnis harus diterapkan. Baik itu bagi perusahaan UKM atau perusahaan besar.

Rencana Bisnis UKM

Untuk menyusun sebuah rencana bisnis, lakukanlah dengan hati hati dan penuh dengan analisa. Tujuannya tentu agar rencana Anda tepat sasaran. Nah berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda perhatikan ketika menyusun rencana bisnis UKM.

Memaksimalkan Pengetahuan Anda Tentang Rencana Bisnis
Semakin mahir seseorang biasanya akan semakin jago pada suatu bidang. Begitu juga ketika membuat plan bisnis ini. Anda harus memahami dengan benar tentang apa itu rencana bisnis.

Dari mana saya harus belajar?

Tenang saja, sekarang ini teknologi sudah canggih, ada begitu banyak tutorial yang menjelaskan tentang apa itu rencana bisnis Bagaimana cara membuatnya dan apa saja yang harus diperhatikan.

Dengan teknologi, Anda bisa membaca artikel di internet, Anda bisa menonton video bahkan Anda bisa komunikasi langsung dengan para pakar bisnis yang ada sekarang ini.. Manfaatkan saja teknologi tersebut untuk tujuan Anda yaitu membuat plan bisnis yang tepat.

Buatlah rencana bisnis dengan catatan yang jelas, jangan hanya di ingat saja. Buat konsep dengan rinci antar rencana. Ini penting!!!!.

Sebagai contoh, katakanlah Anda mencari investor, lalu investor meminta penjelasan tentang rencana bisnis Anda. Anda tentu dapat dengan mudah memberikan penjelasan karena semua sudah tercatat kan?

Itulah alasan yang sangat kuat, mengapa plan bisnis harus dibuat sungguh sungguh, jangan hanya di ingat saja.

Terukur dan Jelas

Ketika membuat rencana bisnis, kita juga harus membuat perencanaan yang terukur dan realistis berdasarkan potensi yang ada. Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan target berapa jumlah penjualan dan omset Anda dalam jangka waktu tertentu.

Apa tujuannya?

Dengan cara tersebut, Anda bisa lebih fokus dan bergerak sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Kegiatan Anda pun terarah dengan baik.

Setelah tujuan tercapai, Anda bisa menerapkan tujuan yang lebih tinggi lagi. Sehingga step step kesuksesan bisnis Anda dilalui dengan baik.

Memahami Potensi Pasar

Setelah Anda memahami bagaimana cara membuat rencana bisnis, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memahami potensi pasar yang ada. Karena setiap bisnis pasti butuh pasar, semakin jago Anda menguasai pasar, sudah dapat dipastikan binsi Anda mudah berkembang.

Pada langkah ini, Anda harus bisa melakukan riset dan mengumpulkan data. Atau mungkin Anda melakukan percobaan terlebih dahulu dengan cara terjun langsung ke lapangan.

Setiap bisnis punya pasar pangsa pasar masing masin. Sehingga Anda harus pintar menyesuaikan agar plan bisnis Anda berjalan dengan baik. Dan kesuksesan bisnis Anda mudah tercapai.

Meneliti SDA dan SDM

Bagi usaha UKM yang memanfaatkan sumber daya alam, Anda harus paham dengan benar seberapa besar ketersediaan bahan baku yang diperlukan untuk bisnis Anda. Tulis lah dengan jelas bagaimana potensi yang ada, apakah sesuai dengan target yang tertulis dalam rencana Anda.

Selain SDM, SDA juga penting untuk diteliti ketika membuat rencana. Misalkan bagaimana target Anda untuk menghasilkan produksi besar, berapa jumlah karyawan yang harus diambil, berapa jumlah tenaga ahli yang harus di rekrut untuk mencapai tujuan tersebut.

Itupun harus tetap realistis. Mengapa?

Terukur dari segi modal

Selain mengukur dari segi SDA dan SDM, Anda juga harus tahu bagaimana potensi modal yang telah Anda miliki atau yang akan Anda dapatkan. Sehingga, Anda dapat membuat rencana bisnis yang terukur juga.

Tujuan rencana bisnis yang hebat akan lebih mudah untuk dikerjakan. Anda pun terasa ringan dan mudah untuk mencapai tujuan berikutnya.

Itulah alasan yang kuat mengapa rencana harus terukur, baik dari segi modal, SDA dan SDM dan lain sebagainya.

Membuat Kegiatan yang Akan Dilakukan Untuk Mencapai Tujuan
Langkah selanjutnya, Anda harus membuat list item pekerjaan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah Anda buat. Dengan kata lain, Anda membuat jadwal pekerjaan sesuai dengan plan bisnis Anda.

Untuk mewujudkan rencana bisnis dengan cepat, Anda juga harus mampu membuat jadwal pekerjaan dengan baik. Lalu, coba disiplin dengan jadwal yang telah Anda buat.

Semakin disiplin Anda dalam bekerja, maka semakin besar kesempatan Anda mencapai kesuksesan rencana bisnis Anda.

Agar jadwal kegiatan Anda lebih maksimal, manfaatkan apapun yang serasa menyenangkan bagi Anda. Misalkan dengan memanfaatkan teknologi smartphone, atau degan memanfaatkan aplikasi tertentu.

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi kegiatan yang sangat lengkap, Anda dapat melakukan input durasi waktu, inter koneksi antar kegiatan dan lain sebagainya.

Koreksi atau Tinjau Ulang

Setelah pada periode tertentu, Anda tentu harus mereview ulang kegiatan Anda. Bukan hanya kegiatan saja, Anda juga harus mereview ulang rencana bisnis Anda pada periode waktu tertentu.

Apa tujuannya?

Sudah jelas bahwa setiap perencanaan tentu perlu perbaikan atau penambahan jika memang diperlukan. Cara ini cukup efektif mengingat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi terkadang cenderung membawa perubahan.

Lakukan analisa dengan cermat dan baik pada setiap perubahan pasar yang ada agar Anda tetap mampu berkembang apapun perubahan yang terjadi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin membuat rencana bisnis UKM. Penulis yakin Anda juga tentu memiliki segudang pengetahuan tentang rencana bisnis. Apalagi teknologi sudah maju, manfaatkan teknologi tersebut untuk menambah wawasan Anda.

 

Peluang Usaha Agribisnis Sederhana Yang Perlu Anda Coba

bisnis-ukm-solo-wirausaha-agrobisnis.jpg

Peluang Usaha Agribisnis Sederhana Yang Perlu Anda Coba, Kumpulan Ide, Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha Sederhana Di Bidang Pertanian (Agrobisnis) Dengan Modal Kecil Menguntungkan.

Kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai beberapa peluang usaha di bidang agribisnis. Bidang Usaha Agribisnis ini sifat usahanya memang kelihatan “mudah”, “santai” dan “sederhana” saja, yakni dengan hanya menanam dan merawat tanaman kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan, namun sebenarnya sama saja dengan jenis bisnis lainnya yakni harus di lakukan dengan pengetahuan dan semangat serta tekad yang kuat untuk berhasil.

Di Indonesia peluang usaha di bidang Agrobisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan, keuntungan yang besar dan rutin dari usaha tanam menanam ini juga bisa relatif sangat mudah didapat asalkan dilakukan dalam skala yang tidak terlalu kecil alias usaha skala menengah ke atas.

Dalam rangka masa percobaan alias merintis usaha agribisnis pun sama saja dengan prinsip bisnis lain, yakni tidak mutlak membutuhkan banyak modal, dan yang bagus memang memulai usaha dari skala kecil terlebih dahulu baru setelah paham seluk beluk usaha yang digeluti, modal bisa ditambah dan skala usaha bisa diperbesar lagi.

Tidak hanya itu, Peluang usaha di bidang agrobisnis ini sesungguhnya sangat patut dipertimbangkan karena waktunya yang sangat fleksibel dan relatif lebih santai dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, sehingga bisa juga dilakukan sebagai usaha sampingan di rumah. Faktor inilah tentunya yang membuat para Pensiunan, Ibu Rumah tangga, karyawan, pegawai maupun adik adik mahasiswa dan pelajar juga sangat berpeluang besar untuk mencapai sukses dalam menggeluti usaha agrobisnis ini.

Usaha di bidang Agrobisnis pada saat ini juga terbilang mudah dan peluang serta pangsa pasarnya yang masih sangat terbuka lebar dan beragam. Sehingga tidak berlebihan rasanya ketika dikatakan bahwa usaha agrobisnis ini masih sangat bagus baik melihat pada peluangnya pada masa kini maupun prospeknya di masa depan.

Walhasil usaha agrobisnis pantas rasanya dikategorikan ke dalam Jenis usaha yang tidak hanya menjanjikan keuntungan yang menggiurkan melainkan juga berpotensi dapat memberikan penghasilan tambahan maupun pendapatan bulanan yang besar dan stabil. 🙂

Baiklah pembaca, sesuai dengan tema bahasan kali ini, yakni tentang Ide dan Peluang bisnis yang jitu serta Peluang usaha mudah dan sederhana di bidang pertanian / agrobisnis yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil.

Maka Admin akan segera memberikan ulasan tentang macam macam Peluang Usaha Di bidang Agrobisnis yang cukup menggiurkan dan telah banyak melahirkan banyak orang sukses dengan pendapatan yang bagus dengan kerja yang cukup santai.

Peluang Usaha dan Ide Sederhana Bidang Agrobisnis yang Mudah dan Menguntungkan.

1. Usaha Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan

Bisa dibilang sayur mayur sudah termasuk dalam daftar kebutuhan pokok setiap rumah tangga di Indonesia.

Jadi kenapakah kita tidak mengambil kesempatan dan memanfaatkan peluang ini?

Anda pastinya pernah kan melihat iklan viral di facebook yang mengemukakan tentang kisah sukses seorang petani kangkung hidroponik sederhana di tahun 2016 dengan omset 90 juta per bulan itu?

Nah, dengan hanya bertanam kangkung potong atau kangkung cabut, seledri air, budidaya sayuran bayam, menanam kacang panjang, daun kemangi, daun singkong secara kecil kecilan terbukti bukan tidak mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Anda bisa melakukan uji coba dahulu di halaman atau di kebun yang sekalipun lahan yang tersedia hanya lahan yang sempit, kemudian menjualnya di warung kelontong yang menjual sayur mayur, anggap saja sebagai supplier skala kecil, jika prospeknya bagus anda bisa lanjut dan membuka usaha sayur mayur ini dengan skala yang lebih besar.

Dengan demikian tentunya anda sudah bisa membuka sebuah usaha agribisnis budidaya sayuran yang akan dapat menghasilkan tambahan lembaran rupiah dari usaha agrobisnis kecil kecilan anda ini.

Jadi membuka atau merintis sebuah usaha agrobisnis itu cukup mudah dan sederhana ataukah sulit ? 🙂

2. Usaha Budidaya Tanaman Obat Untuk Menyuplai Usaha Minuman Kesehatan (Jamu) dan Obat Kesehatan Herbal.
Jenis tanaman untuk bahan baku minuman mempunyai pangsa pasarnya sendiri, dan usaha agrobisnis tipe ini sangat cocok bagi anda yang hendak memulai untuk mentarget dan men-suplai sebuah pabrik atau home industri bisnis berbasis produksi minuman kesehatan atau usaha minuman bahan baku obat herbal.

Di indonesia dari dulu hingga sekarang dan bahkan kemungkinan besar di masa depan minuman kesehatan seperti Jamu dan obat obatan herbal selalu sangatlah diminati konsumen.

Pada intinya usaha yang berkutat dengan makanan dan obat obatan tidak akan pernah sepi, mengingat semua orang butuh makan dan butuh hidup sehat. jadi prospek usaha pertanian dalam bidang ini untuk tahun 2016,2017,2018,2020 hingga hari kiamat pastinya akan terus menerus bagus. hehe..

Nah, Beberapa Contoh peluang usaha dalam kategori ini antara lain ;

1. Bertanam Jahe Merah Dalam Karung/Polybag

2. Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu

3. Budidaya Tanaman Lidah Buaya.

4 .Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya

5. Budidaya Daun Sirih

6. Bertanam Daun Mint dll.

Petani yang sedang membawa hasil budidaya tanaman jahenya

3. Usaha Jitu : Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot)

Ini dia salah satu peluang usaha bidang agribisnis pertanian yang paling menguntungkan dan admin prediksi akan segera populer mulai tahun ini karena admin melihat pada ramainya ulasan dan laju promosi serta perdagangan pada tahun tahun ini di media sosial.

Selain Hemat Modal, peluang bisnis agri yang satu ini sepertinya akan benar benar luar biasa di masa mendatang. Minat dan antusias masyarakat yang cukup tinggi pada tanaman buah dalam pot ini, terutama bagi warga di perkotaan menjadikan peluang usaha menjual bibit tanaman buah kerdil/perdu di dalam pot akan semakin terbuka lebar.

Semua orang pasti tertarik untuk memetik tanaman buah yang ranum bergerombol di halaman belakang atau pekarangan mereka sendiri bukan? dan ini dia peluang bisnis pertanian tahun ini yang sangat menjanjikan.

Tertarik untuk menggeluti bisnis ini?

Simak dulu ulasannya,

* Melirik Peluang Usaha Tabulampot, Peluang Sang Calon Primadona Agrobisnis Masa Depan 🙂

* Peluang Bisnis Cangkok Tanaman yang Makin Menggiurkan.

4. Peluang Bisnis Agrobisnis Sedehana : Berjualan Bunga dan Tanaman Hias

Apakah Anda hobi berkebun? suka menata dan mendekorasi taman bunga anda yang indah? dan sangat bersemangat untuk merawat tanaman hias dan aneka tanaman bunga di pekarangan anda?

Hmm. hobi anda tersebut sebenarnya memilik potensi usaha yang lumayan loh..

Jadi mengapakah anda tidak mencoba untuk sekalian mengembangkan taman indah anda dan mulai berjualan bunga/ menjadi petani bunga untuk para pecinta tanaman hias seperti anda atau untuk mensupplai kebutuhan akan tanaman hias bagi para penjual bunga di daerah anda?

Peluang bisnis ini juga membutuhkan dana atau modal yang cukup kecil namun memiliki potensi bisnis yang sangat menguntungkan.

Hampir setiap rumah memiliki pekarangan dan kebanyakan mereka membutuhkan tanaman hias bagi taman atau kebun mini mereka.

Tentu saja ini belum termasuk peluang dan pangsa pasar untuk menyuplai para dekorator interior dan eksterior, pengrajin karangan bunga, penjual bunga taburan untuk ziarah, para dekorator hiasan pelaminan, hajatan, karnaval dan lain lain di indonesia yang sudah kita mahfumi membutuhkan pasokan bahan baku bunga segar dan tanaman hias yang banyak dan beraneka ragam.

Nah bagaimana? Tertarik dan ingin mencoba? modalnya tidak banyak kok, cukup kembangkan tanaman hias yang anda miliki dahulu dan mulailah memperlengkap koleksi bunga ada dari uang hasil penjualan tanaman dan bebungaan anda tersebut.

5. Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil-Kecilan

Peluang Bisnis Jamur konsumsi juga cukup menjanjikan.

Pasalnya, dengan pangsa pasar yang masih sangat terbuka lebar serta persaingan yang masih sepi, memilih budidaya jamur tentunya adalah pilihan yang sangat tepat.

Berbagai masakan dapur ibu hingga koki hotel dan restoran juga membutuhkan bahan baku jamur segar setiap hari, yang membuktikan bahwa panganan dan kudapan dari bahan baku dan olahan jamur sangatlah digemari masyarakat karena rasanya yang lezat serta kandungan gizinya yang tinggi.

Lebih lebih jamur adalah makanan yang juga sangat di rekomendasikan oleh para ahli gizi dan juga para vegetarian.

* Selengkapnya tentang Budidaya Jamur Konsumsi dengan Modal kecil.

6. Usaha Pembibitan Pohon.

Varian/Jenis bibit pohon sangatlah beragam dan kondisional sesuai daerah anda.

Cobalah anda temukan tanaman apa saja ya yang kira kira cocok untuk dibudidayakan di daerah anda dan berpeluang paling bagus serta berpotensi memberikan keuntungan yang bagus.

Membuka usaha di bidang Pembiakan Bibit Pohon Kelapa, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon pisang dll. mungkin adalah bibit pohon yang bisa anda pilih dalam jenis usaha ini.

7. Budidaya Tanaman Buah Produksi.
Dalam kategori budidaya tanaman/ bisnis agrobisnis modal kecil kecilan yang ke tujuh ini, anda bisa menanam jenis tanaman buah yang murah bibit alias mudah didapatkan di daerah anda dan juga terjangkau biaya perawatannya.

Contoh Tanaman buah yang bisa anda budidayakan antara lain ;

Budidaya Kedondong
Budidaya Pisang Raja / Kepok / Susu
Budidaya Jeruk Manis
Budidaya Jeruk Purut
Budidaya Buah Naga dll.

Nah kiranya demikianlah ke 7 ide dan peluang usaha sederhana di bidang Agrobisnis dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan.

Usaha UKM Yang Memiliki Prospek Menjanjikan

info-bisnis.jpg

Usaha UKM Yang Memiliki Prospek Menjanjikan, Bidang usaha UKM merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini juga menjadi perhatian pemerintah karena UKM bisa memberikan dampak yang besar bagi pereknomian negara.

Selain itu, dari segi modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan resiko kerugian sangatlah minim. UKM juga mampu membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat sekitar. Sehingga sangatlah wajar, bila semakin hari bisnis UKM ini semakin berkembang da diminati banyak orang.

Walaupun begitu, tetap saja masih ada masyarakat yang kebingunangan memilik bidang usaha UKM ini. Alasannya karena takut usaha yang dibuka tidak memberikan prospek yang menjanjikan.

Adapula yang tidak pernah berbisnis sehingga awam dalam hal pemasaran serta berbagai alasan lainnya yang dihadapi.

Tentunya bisnis kecil maupun besar pun akan selalu menghadapi sebuah kendala. Oleh karena itu, jika Anda termasuk yang masuk ragu dan belum percaya diri untuk memilih bisnis bidang UKM ini.

Baca juga : 10 Hal yang bisa Anda lakukan saat akan membuka bisnis baru

Berikut akan kami paparkan tentang 10 Bidang usaha UKM yang memiliki prospek menjanjikan. Dengan begitu, Anda tinggal mengambil langkah Amati, Tiru, dan Modifikasi. Dan Berikut ulasannya!

Macam-Macam Bidang Usaha UKM

1. Bisnis UKM Bidang Pengantaran atau Kurir

Dulu, bisnis pengantaran ini dipandang sebelah mata karena memang belum terlalu diperlukan seperti sekarang ini. Sejak bisnis online mulai menjamur, maka bisnis pengantaran pun berkembang dengan lebih baik.

Bisnis pengantaran atau kurir ini juga beragam jenisnya, ada bisnis pengantaran antar pulau dan luar negeri. Adapula bisnis pengantaran khusus di dalam kota yang mengantarkan barang dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Pengantaran seperti itu pun bisa kita garap layaknya gojek yang sudah memfasilitasi kurir dalam kota tersebut. Tentunya dengan adanya bisnis tersebut, sangat disambut baik oleh para pelaku bisnis online yang terkadang memerlukan pelayanan yang cepat agar menarik hati para konsumen.

Bisnis pengantaran dalam kota ini bisa Anda lakukan ketika memang belum memiliki modal yang besar untuk pengantaran antar pulau. Dengan modal 25 juta untuk membeli 3 hingga 5 unit motor bisnis tersebut sudah bisa Anda lakukan.

Estimasi modal di atas hanya sebagai gambaran semata. Apabila Anda memiliki ide lain yang lebih menarik tentang bisnis ini, tentu akan lebih baik lagi.

2. Bisnis UKM Bidang Otomotif

Bisnis UKM bidang otomotif pun perlu Anda pertimbangkan. Karena semakin hari dunia otomotif di Indonesia ini semakin berkembang dengan pesat. Tentunya bila ditekuni bisa mendatangkan prospek yang lebih baik lagi.

Hal tersebut ditandai dengan pembelian kendaraan roda empat dan dua yang semkain hari semakin meningkat. Maka, sangatlah wajar apabila di kota-kota besar saat ini sering terjadi kemacetan yang begitu panjang.

Nah, dari meingkatnya pembelian otomotif serta sering terjadi kemacetan maka bisa dijadikan sebagai “modal” untuk membuka sebuah usahaa UKM.

Anda bisa memulainya dengan cara membuka jasa cuci kendaraan, jual beli spare part, membuka bengkel mobil atau motor, membuka jasa renta mobil atau motor, dan lain sebagainya.

Tentunya bisnis tersebut dibuka sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda untuk mengembangkannya. Bila ditekuni dengan baik, maka lambat laun usaha tersebut akan berubah menjadi usaha dengan prospek yang begitu menjanjikan.

Selain modal dan keahlian yang dimiliki, hal lain yang perlu diperhatikan adalah survey tentang kebutuhan masyarakat sekitar yang berhubungan dengan dunia otomotif tersebut.

3. Bisnis UKM Bidang Fashion

Bisnis fashion sejak dulu hingga hari ini selalu berkembang dengan baik. Karena fashion ini merupakan kebutuhan utama yang tak pernah lekang oleh waktu. Tentunya bisnis UKM bidang fashion ini menjadi bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Bila tidak ada tempat untuk memasarkannya pun, saat ini bisa memaarkan secara onlie. Lewat sosial media dan tekun mempromosikan produk Anda boleh jadi akan mendapatkan keuntungan yang cukup berlimpah.

Walaupun menjadi kebutuhan utama, tetap saja Anda harus memperhatikan dalam hal trend dari fashion itu sendiri. Karena yang berubah dari usaha fashion ini adalah trend yang sedang berkembang pada zamannya.

Selain itu perhatikan pula tentang target market yang Anda tuju. Apakah fashion yang akan Anda jual diperuntukkan bagi bayi, anak-anak, remaja, dewasa, pria, atau wanita. Dengan begitu produk yang Anda jual bisa lebih fokus untuk menjualkannya.

4. Bisnis UKM Bidang Kuliner

Sama halnya dengan bidang fashion, bisnis di bidang kuliner pun selalu di minati setiap orang dan tidak akan pernah sepi. Kuliner merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang pasti dicari dan dinanti.

Walaupun begitu, agar bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang berlimpah, maka para penjual harus memperhatikan dari rasa, pelayanan, kemasan, dan juga promosi makanan tersebut.

Semakin unik rasa, nama dan juga penyajiannya biasanya semakin banyak dicari. Kuliner legendaris pun masih bertahan hingga hari ini karena memang memiliki rasa cita yang kuat dan berpotensi mendatangkan pelanggan.

Bila hari ini media sosial telah merajalela, tentunya semakin membuat pengusaha kuliner terbantu karena bisa dipromosikan dengan mudah tanpa berbayar.

Untuk membuka bisnis kuliner ini bisa dimulai dengan membeli usaha franchise kuliner. Karena perhitungan bahan baku dan persiapan modalnya sudah jelas dan terencana dengan baik. Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah tempat membuka usaha tersebut.

5. Bisnis UKM Bidang Kecantikan

Populasi penduduk di Indonesia dengan jenis kelamin wanita tergolong lebih banyak. Seperti yang diketahui bersama, wanita selalu memiliki kebutuhan lebih dari pria dari mulai ujung rambut hingga kaki. Maka dari itu, kebutuhan akan wanita yang begitu banyak bisa dijadikan inspirasi untuk membuka usaha.

Salah satu usaha yang bisa Anda garap salah satunya adalah dalam bidang kecantikan seperti salon, SPA, menjual peralatan make up, peralatan salon,menjadi penata rias, dan lain sebagainya.

Tntunya bisnis ini akan berkembang, manakala banyak wanita yang memerlukan jasa rias untuk wisuda, pernikahan, dan acara lain sebagainya. Bisnis ini pun akan menjadi hal yang menjanjikan selama wanita memang masih mementingkan penampilan fisiknya.

Artinya, Anda yang ingin menekuni bisnis ini tidak perlu ragu lagi. Segera ambil peluang dan jadilah pelopor bidang kecantikan yang bisa membuat orang-orang termotivasi.

6. Bisnis UKM Bidang Produk Kerajinan Tangan

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang produk kerajinan tangan. Kekayaan alam di Indonesia adalah anugerah untuk bisa memanfaatkan kekayaan tersebut menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi sekitar.

Selain bernilai manfaat tentu saja produk kerajinan tersebut bisa bernilai ekonomis, apabila Anda bisa mengelola bahan baku yang ada menjadi produk kreatif serta mampu memasarkannya dengan baik. ini menjadi peluang besar!
Adapun produk kerajinan tangan tersebut bisa berupa tas dari anyaman bambu, bros, celengan, boneka, jepit rambut, sarung, kain, dan lain sebagainya.

Pembuatan produk tersebut memang sudah ada sejak dulu. Biasanya mereka memasarkan produk tersebut ke toko-toko besar yang menjual produk serupa.

Namun hari ini, Anda bisa memasarkannya lewat toko online dengan membuka akun di market place atau media sosial.

Dengan semakin dikenalnya produk kreatif yang Anda buat, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda peroleh.

7. Bisnis UKM Bidang Tour & Travel

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda geluti adalah bidang tour & travel. Seperti yang diketahui bersama, wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu pula, banyak tempat wisata baru yang memang perlu Anda kunjungi.

Sayangnya, tempat destinasi baru tersebut belum terpromosikan dengan baik. Maka, Anda bisa mengambil peluang tersebut dengan membuat usaha tour & travel.

Membuka usaha ini bisa dimuai dengan memasarkannya kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah Anda. Karena di sekolah biasanya memiliki program study tour ke beberapa tempat penting yang ada di Indonesia.

Selain sekolah bisa pula memasarkannya kepada organisasi yang berada di bawah pemerintah atau pun kantor-kantor swasta. Jangan lupa pula ketika membuka usaha ini, kenyamanan dan pelayanan terbaik sangat diperlukan kepada para wisatawan, agar mereka bisa menggunakan jasa Anda kembali di lain waktu.

8. Bisnis UKM Bidang Agribisnis

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang agribisnis. Bisnis tersebut meliputi bidang peternakan dan pertanian.

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah maka masyrakat Indonesia bisa menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian dan bisnis yang menjanjikan.

Bisnis ini pada umumnya masih digeluti oleh para orang tua, sedikit sekali anak muda yang mau menyentuk sektor ini. Padahal dalam pengembangannya, diperlukan anak mudah yang kerap memiliki ide kreatif serta inovatif.

Adapun dari usaha agribisnis tersebut bisa mendatangkan usaha seperti menjual sayur organik, budidaya tanaman rempah, jual ayam potong, jual telur ayam, usaha ternak sapi, budidaya tanaman obat, dan lain sebagainya.

9. Bisnis UKM Bidang Pendidikan

Anda yang ingin membuka bisnis UKM dalam bidang pendidikan ini tidak perlu mengeluarkam modal yang besar. Karena kemampuan utama yang diperlukan adalah mengajar.

Berkaitan dengan pendidikan pasti tidak jauh dengan dunia mengajar. Dan hal tersebut bisa dijadikan lahan bisnis yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Bisnis yang dimaksud dalam bidang pendidikan ini adalah membuka les private atau bimbingan belajar. Bisa untuk Anak pra SD yang biasanya membutuhkan les baca dan berhitung. Bisa pula membuka les bahasa asing, les untuk ujian nasional SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

Bila Anda sudah dikenal memiliki tekhnik pelajaran yang baik, maka bersiaplah untuk selalu menerima para murid les setiap bulan ataupun semesternya, tempat belajar biasanya dengan mengunjungi rumah mereka atau bisa dengan “menyulap” ruangan yang ada di rumah Anda untuk dijadikan tempat mengajar.

10. Bisnis UKM Bidang Toko Kelontongan

Bisnis selanjutnya adala dalam bidang toko kelontongan. Toko yang menjual segala amcam kebutuhan layaknya supermarket ini memang mencirikan khas rakyat Indonesia.

Biasanya ada di setiap gang atau komplek perumahan.

Bisnis ini pun sangat menjanjikan, karena setiap orang membutuhkan barang-barang tersebut guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.
Penutup

Apapun bisnis UKM yang Anda buka, yang terpenting adalah menekuninya dan jangan berputus asa. Yakinlah, bahwa setiap usaha yang dijalankan apabila diawali niat yang baik akan mendatangkan keuntungan yang memang adil dan terbaik bagi Anda.
Keseriusan pemerintah memajukan Usaha Kecil Menengah di Indonesia tercermin dengan semakin banyaknya kegiatan pelatihan dan sosialisasi oleh kementerian koperasi dan usaha kecil menengah.

Semoga bermanfaat dan usaha yang dijalankan pun semakin maju dan berkembang.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah Terbaru Menguntungkan & Menjanjikan

bisnis-ukm-solo-usaha-online.jpg

Bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan suatu usaha kecil yang dikelola oleh masyarakat berdasarkan inisiatifnya sendiri. Dewasa ini, usaha kecil menengah semakin marak dan banyak orang yang memilih untuk membuka bisnis ini. Meningkatnya minat masyarakat untuk memulai usaha / bisnis UKM ini sangat membantu mengurangi pengangguran. Dengan adanya bisnis UKM, masyarakat juga bisa membantu pendapatan daerah dan juga pendapatan negara. Kini, masyarakat dan pelaku bisnis tidak bisa memandang rendah bisnis UKM. Sudah banyak bukti suksesnya pelaku bisnis UKM yang dengan telaten dan ulet menjalankan bisnisnya. Jika bisnis UKM ini ditekuni, tak akan menutup kemungkinan bahwa bisnisnya akan berkembang pesat. Beberapa ahli mengklasifikan bisnis UKM ke dalam beberapa kategori sebagai berikut.

Livelihood Activities
Livelihood Activities adalah bisnis UKM yang dijalankan oleh seseorang dengan tujuan untuk mencari nafkah. Bisnis UKM jenis ini lebih digolongkan sebagai sektor informal. Salah satu contoh bisnis UKM yang tergolong dalam Livelihood Activities ialah pedagang kaki lima. Pedagang kaki lima bekerja dengan modal yang dimiliki dan bertujuan untuk memenuhi nafkah keluarga. Tidak ada hubungan dengan pelaku bisnis yang lainnya.

Micro Enterprise
Micro Enterprise adalah bisnis UKM yang sudah menghasilkan produk sendiri tapi belum termasuk kewirausahaan. Menurut para ahli, Micro Enterprise memiliki sifat pengrajin, tetapi belum memiliki sifat kewirausahaan.

Small Dynamic Enterprise
Small Dynamic Enterprise adalah bisnis UKM yang dalam pengerjaannya telah memiliki sifat kewirausahaan. Dalam bisnis UKM jenis Small Dynamic Enterprise, pemilik bisnis ini dapat menerima pekerjaan yang diberikan subkontraktor. Terlebih lagi, mereka sudah bisa melakukan ekspor hasil pekerjaan mereka.

Fast Moving Enterprise
Fast Moving Enterprise adalah bisnis UKM yang sudah memiliki sifat kewirausahaan. Selain itu, bisnis UKM jenis ini sudah bisa bertransformasi menjadi usaha besar (UB). Bisinis UKM ini sudah tergolong besar dan mampu berkembang karena biasanya bisnis ini telah didirikan dalam waktu yang lama. Pemilik bisnis ini juga biasanya telah mengantongi omzet yang besar sehingga ia dapat mengembangkan usahanya menjadi usaha besar.

Berbagai macam bisnis UKM yang dijalankan, tetunya memiliki manfaat. Manfaat tersebut dapat dirasakan baik oleh pelaku/pemilik bisnis maupun orang lain. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dalam menjalankan bisnis UKM.

Penyedia Lapangan Pekerjaan
Tak heran jika banyak orang memilih untuk menjadi pelaku bisnis. Bisnis tidak hanya menguntungkan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Dengan adanya bisnis UKM, kita bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang luas untuk masyarakat. Hal ini juga akan membantu pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran.

Solusi Bagi Masyarakat Ekonomi Menengah
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bisnis UKM mampu menjadi solusi perekonomian di negara berkembang. Bisnis UKM juga menjadi salah satu bukti bahwa negara tersebut mampu tumbuh dengan segala inovasi dan industri kreatif.

Operasional yang Fleksibel
Bisnis UKM tidak memiliki struktur kepemimpinan yang besar seperti di perusahaan. Dalam bisnis UKM setiap kepala/pemimpin memiliki tugas dan peran masing-masing. Bisnis UKM ini juga tidak terlalu kaku karena biasanya mengedepankan trend an juga selera konsumen.

Penyumbang Produk Domestik Terbesar
Salah satu manfaat dari bisnis UKM ialah bisnis ini berperan sangatpenting dalam menyumbangkan pertumbuhan pada pajak negara. Bisnis UKM sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di Indonesia. Hal ini dikarenakan produk-produk yang dihasilkan merupakan produk dalam negeri. Produk-produk ini juga tidak hanya merambah pasar lokal tapi juga internasional.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari bisnis UKM. Jika kita memiliki bisnis yang kita kelola sendiri, kita bisa memberikan peluang untuk para pemuda/pemudi yang kesulitan mencari pekerjaan. Tidak hanya sekedar memberikan lapangan kerja, bisnis UKM juga membuka kesempatan untuk mengembangkan bakat dan keahlian seseorang. Dengan membangun bisnis UKM yang sesuai dengan keahlian, kita bisa lebih menikmati dalam menjalankan bisnis. Ada banyak jenis bisnis UKM yang bisa kita bangun dengan dasar keahlian dan bakat yang kita miliki. Beberapa contoh bisnis UKM yaitu bisnis UKM dalam bidang kuliner, jasa, penjualan perabotan rumah tangga, alat elektronik, atau sebagai penyedia pulsa seluler dan listrik. Bisnis UKM kuliner merupakan bisnis yang plaing banyak diminati. Semakin banyak peminat bisnis UKM di bidang kuliner karena telah terbukti memberikan banyak manfaat. Berikut akan dipaparkan beberapa contooh bisnis UKM yang bisa dijadikan referensi.

Bisnis UKM Bidang Kuliner
Bidang kuliner memang menjadi idola bagi para pelaku UKM. Selain tidak memerlukan modal yang besar, bisnis ini juga tidak menyita banyak watu. Jika Anda berminat untuk membuka bisnis UKM di bidang kuliner, Anda bisa mencoba dengan berjualan camilan, gorengan, atau membuka warung makan di rumah. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa membuka restoran kecil ataupun kafe.

Binis UKM Bidang Fashion
Membuka bisnis UKM di bidang fashion juga cukup popular belakangan ini khususnya di kalangan wanita. Banyak peminat fashion yang ahirnya memutuskan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Nah, jika Anda memiliki minat dalam bidang fashion, Anda bisa mencoba membuka toko pakaian, distro kecil-kecilan yang khusus menjual pakaian anak muda, toko baju batik, baju muslim, dan yang lainnya. Tidak sulit untuk memulai bisnis UKM di bidang fashion ini karena telah banyak supplier fashion yang menyediakan berbagai produk fashion. Anda akan lebih mudah untuk memulai bisnis dibidang fashion ini karena para supplier menyediakan sistem resller dan dropshipping.

Bisnis UKM Bidang Pertanian
Banyak pelaku bisnis UKM yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Bisnis UKM dalam bidang pertanian tidak bisa dipandang sebelah mata karena bisnis ini memiliki prospek yang baik. Mayoritas penduduk Indonesia adalah petani, sehingga bisnis di bidang pertanian memang menjanjikan. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis UKM bidang pertanian bisa mencoba membuka usaha pertanian jagung, padi, sayuran, tanaman hias, dan sebagainya.

Selain bisnis UKM dalam bidang-bidang yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa memulai bisnis UKM online yang sedang marak digalakkan di Indonesia. Kini telah banyak pemuda yang memilih untuk berkarir dalam bisnis online. Bisnis UKM online merupakan bisnin UKM yang mudah dijalankan. Anda dapat dengan mudah melakukan bisnis ini hanya dengan bermodal gadget dan internet. Dibandingkan dengan bisnis UKM konvensional, bisnis UKM online kini lebih menjanjikan dalam segi keuntungan. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis online telah merambah seluruh lapisan masyarakat. Pengguna internet juga telah bertambah setiap tahunnya baik kaum muda maupun dewasa. Jika Anda ingin mendapat penghasilan yang lebih menguntungkan, Anda bisa memulai bisnis UKM online. Dengan cara pemasaran yang mudah, Anda bisa menjangkau konsumen yang berada di kota atau bahkan negara yang berbeda. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis UKM, salah satunya Anda bisa bergabung dengan Bisnis UKM.

Bisnis UKM merupakan salah satu platform berjualan yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis UKM memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memulai bisnis UKM namun tidak memiliki waktu untuk membuat produk Anda. Anda tidak perlu menyita waktu untuk membuat produk Anda sendiri karena Bisnis UKM telah menyediakan jutaan produk yang bisa langsung Anda jual. Jika Anda bermitra dengan Bisnis UKM, Anda bisa memilih sendiri produk untuk memulai bisnis UKM Anda. Anda dapat memilih beragam produk yang disediakan Bisnis UKM yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Bisnis UKM tidak hanya menyediakan produk fisik seperti produk fashion, baju, tas, sepatu, produk kecantikan, produk kuliner, furniture, otomotif, produk elektronik, dan lain sebagainya. Tapi Bisnis UKM juga menyediakan produk non fisik seperti pulsa seluler, pulsa listrik, pembayaran asuransi, pembayaran rekening listrik, hingga pembelian tiket baik kereta maupun pesawat. Anda bisa memilih produk yang Anda inginkan. Anda bisa mengkombinasikan atau memilih satu produk saja untuk memulai bisnis UKM online.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin bergabung menjadi agen Bisnis UKM. Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi agen Bisnis UKM ialah mendaftar sebagai agen. Silahkan pelajari langkah-langkah berikut untuk mendaftar menjadi agen Bisnis UKM dengan mudah.

Unduh Aplikasi Bisnis UKMHal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengunduh aplikasi Bisnis UKM. Anda dapat mengunduhnya secara gratis melaui playstore atau appstore.

Daftar Menjadi Agen Bisnis UKMSetelah memiliki aplikasi Bisnis UKM di handphone, Anda bisa langsung mendaftar sebagai agen Bisnis UKM. Silahkan buka aplikasi Bisnis UKM di handphone Anda, lalu ikuti petunjuk pendaftaran sebagai agen Bisnis UKM yang sudah tertera. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dalam aplikasi Bisnis UKM. Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi jika Anda telah berhasil melakukan pendaftaran.

Pengisian SaldoHal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mengisi saldo. Bisnis UKM tidak memberikan batasan saldo yang harus Anda isi. Anda bisa memulai bisnis dengan saldo awal Rp 10.000,-. Saldo inilah yang kemudian Anda gunakan untuk mulai bertransaksi.
Memulai BisnisSetelah Anda mengisi saldo, Anda bisa langsung melakukan penjualan. Bisnis UKM online dengan Bisnis UKM akan menjadi lebih mudah karena semua layanan telah disediakan. Anda akan mendapatkan katalog online untuk melihat produk apa saja yang bisa Anda jual. Bisnis UKM memberikan segala kemudahan untuk Anda dalam melakukan bisnis online.

Tidak seperti platform online yang hanya menyediakan metode pembayarn online, Bisnis UKM memiliki dua metode pembayaran. Konsumen bisa melakukan pembayaran secara online dan offline sehingga akan memudahkan Anda untuk mendapat konsumen. Karena banyaknya konsumen di luar sana yang masih bingung dengan sistem pembayaran online. Dengan metode pembayaran yang disediakan Bisnis UKM, Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan. Tidak hanya kemudahan dalam menjadi agen dan metode pembayaran, Bisnis UKM juga akan memberikan komisi untuk setiap produk yang Anda jual. Komisi yang akan Anda dapatkan dari Bisnis UKM berbanding lurus dengan banyaknya produk ynag berhasil Anda jual. Semakin banyak produk dari Bisnis UKM yang Anda jual, semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis UKM online bersama Bisnis UKM? Silahkan mecoba dan buktikan manfaat dari bisnis online yang mudah ini bersama Bisnis UKM.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

scroll to top