Fungsi dan Pengguna Akuntansi dalam Bisnis

Fungsi dan Pengguna Akuntansi dalam Bisnis, Kita flashback sebentar akuntansi merupakan catatan yang disusun dengan cara tertentu dan juga dengan tujuan tertentu dengan informasi yang berupa angka, untuk lebih jelasnya silahkan klik disini.

Nah setelah kita mengetahui pengertian dari akuntansi sendiri, pasti kita bertanya apa saja kegunaan dan siapa saja pengguna dari akuntansi. Untuk itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pada umumnya akuntansi ini banyak digunakan dalam bidang dunia bisnis, lembaga pendidikan dan masih banyak lagi. Misalkan saja dalam dunia pendidikan berupa sekolah, biasanya akuntansi dijadikan laporan pertanggungjawaban sekolah kepada dinas pendidikan berupa keluar masuknya anggaran dari pemerintah.

Adapun sekarang sekolah yang berbasis pada kejuruan telah banyak menyediakan jurusan yang berupa akuntansi, ini agar menyiapkan siswa yang telah siap untuk bekerja sebagai akuntan. Karena semua organisasi yang terdapat aliran dan biasanya memerlukan akuntansi agar dapat mencatat pengeluaran dan juga pendapatan.

Dari berbagai pengertian akuntansi yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, menyatakan bahwa akuntansi ini mempunyai kegunaan dan juga pengguna. Berikut kegunaan dari akuntansi :

  1. Menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan ekonomi suatu perusahaan yang cocok yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan investasi dan juga kredit yang tepat.
  2. Menjadi media komunikasi bisnis antar manajemen dan juga pengguna eksternal dalam bidang finansial entah itu dalam hal keuangan, perubahan posisi keuangan, dan juga arus kas dari perusahaan.
  3. Memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan menghasilkan laba dan juga arus kas suatu perusahaan.
  4. Menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada para pemilik perusahaan (investor).
  5. Menjadi potret suatu perusahaan dari waktu ke waktu, baik tentang kemajuan atau kemunduran, dan juga sebagai perbandingan antara perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama.

Akuntasi ini sangatlah berguna untuk laporan pertanggungjawaban bagi karyawan yang berada di posisi keuangan untuk dapat melaporkan keuntungan ataupun kerugian yang dihadapi oleh suatu perusahaan.

Untuk itu perusahaan yang telah besar ataupun superior biasanya membutuhkan akuntan yang telah berpengalaman agar mereka dengan cepat mengetahui keadaan perusahaan mereka.

Hal ini sangatlah penting dilakukan karena dengan mengetahui keuangan perusahaan secara cepat dan efisien akan mempengaruhi kebijakan marketing dan manajemen perusahaan. Sehingga dapat membuat strategi dan keputusan yang tepat untuk memajukan perusahaan.
Lantas, siapa yang membutuhkan informasi akuntansi?

Adapun pengguna akuntansi ini mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan juga unik.

Sehingga dengan perbedaan karakteristik dari pengguna akuntansi ini, pengguna akuntansi sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal. Berikut penjelasannya.

contoh-akutansi

Pengguna internal merupakan orang yang membuat keputusan dimana keputusan tersebut dapat berpengaruh secara langsung terhadap semua operasional perusahaan. Misalkan saja dewan komisaris, dewan direksi, manajer kunci, dan sebagainya.

Sedangkan pengguna eksternal merupakan mereka yang memberikan keputusan, dimana keputusan tersebut berkaitan dengan hubungan mereka dan suatu perusahaan. Sebagai contohnya investor, kreditor, dan sebagainya. Semua pihak yang berkaitan dengan kondisi keuangan dari suatu perusahaan disebut dengan stakeholders.

Para akuntan dari setiap perusahaan pasti menyadari betapa pentingnya memberikan laporan akuntansi yang berkualitas, karena laporan akuntansi tersebut dapat menyebabkan dua dampak yaitu konsekuensi ekonomis dan orientasi pengguna.

Mempertimbangkan dan juga memahami bahwa laporan akuntansi ini dipengaruhi oleh bagaimana terjadinya transaksi dan juga peristiwa ekonomi, dan sebaliknya, adalah dampak penting yang ditimbulkan oleh informasi dari akuntansi.

Yang selanjutnya orientasi pengguna yang mempunyai berbagai karakteristik yang unik, yang akan mempengaruhi perilaku dari entitas bisnis dan juga pelaku bisnis itu sendiri. Karena akuntan ini masih sangat banyak diperlukan oleh semua pihak, baik itu dalam dunia bisnis, instantsi pendidikan, perhotelan ataupun dalam organisasi yang di danai oleh pihak tertentu.

Dari penjelasan diatas maka kita sudah dapat mengetahui bahwa kegunaan akubtansi ini sangatlah banyak serta kompleks. Sehingga aknutansi ini diperlukan baik itu industri kecil yang berskala rumah tangga sampai industri yang telah mapan yang berupa perusahaan besar.

Untuk itu banyak orang yang ingin masuk dalam jurusan akuntansi, baik saat masih bersekolah smk ataupun saat ingin melanjutkan kuliahnya di jurusan akuntansi. Ini dikarenakan semakin berkembangnya atau banyak munculnya perusahaan baru yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang akuntansi ini.

Bila kita telah mengetahui betapa pentingnya sebuah akuntansi apakah kita masih mau meremehkan pekerjaan akuntan? Karena pekerjaan akuntan masih sangat banyak dibutuhkan oleh setiap instansi yang menyangkut adanya keluar masuknya uang dalam instansi tersebut.

Sekian penjelasan mengenai kegunaan dan juga pengguna dari akuntansi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda baik itu dalam mengembangkan bisnis anda dan juga menambah wawasan.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply