Fungsi Penting Marketing dalam Perusahaan yang Jarang Anda Ketahui

bisnis-ukm-solo-marketing.jpg

Fungsi Penting Marketing dalam Perusahaan yang Jarang Anda Ketahui – Ibarat perang, marketing adalah pasukan terdepan dalam sebuah peperangan. Di dalam perusahaan, marketing menjadi salah satu divisi yang memiliki tugas penting dalam menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan. Meski demikian, divisi marketing tidak bisa berdiri sendiri, masih ada keterkaitan hubungan dengan divisi lain dalam perusahaan seperti divisi riset, produksi, pengembangan, sumber daya manusia, dan divisi keuangan. Bagi Anda yang kurang memahami apa itu divisi marketing, apa fungsinya, dan bagaimana tugasnya, di bawah ini akan kami bahas satu per satu.

Pengertian Marketing

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Definisi lain dari marketing bisa disebut sebagai beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli oleh konsumen.

Marketing memang dekat dengan dengan kehidupan sehari-hari, karena marketing ditugaskan di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sampai-sampai karena banyaknya produk yang dipromosikan oleh seorang marketing membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan mana produk yang terbaik.

Fungsi Marketing Perusahaan

Berikut beberapa fungsi marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui:

a. Fungsi Pertukaran

Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.

b. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk  dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara. Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.

c. Fungsi Perantara

Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketinglah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.

Fungsi Lain Dari Marketing

Fungsi lain dari marketing tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing, diantaranya sebagai berikut ini:

a. Marketing Sales

Tugas utama seorang marketing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.

b. Marketing Promosi

Marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.

c. Marketing Riset dan Pengembangan

Marketing memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.

d. Marketing Communication

Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.

Tugas Marketing

Selain memiliki fungsi, marketing memiliki tugas utama yang harus dilakukan agar bisnis tetap bisa berjalan. Berikut tugas seorang marketing:

  1. Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
  2. Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
  3. Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
  4. Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
  5. Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Editor's Review
  • Scenic beauty
  • Accomodation
  • Conveyance
  • Food availibility
  • Security
3

Summary

One day however a small line of blind text by the name of Lorem Ipsum decided to leave for the far World of Grammar. The Big Oxmox advised her not to do so, because there were thousands of bad Commas.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top