Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren, Kita semua tentu tahu, perkembangan bisnis teknologi sudah sangat pesat, dan kini semua orang tertarik untuk mulai membangun startup, apapun itu. Tapi apakah semudah itu? Ada banyak orang yang sukses membangun bisnis teknologi, dan tentunya ada lebih banyak lagi yang gagal.

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren

Salah satu hal yang membuat bisnis startup gagal adalah, banyak dari mereka yang tidak memerhatikan apa yang sedang jadi tren. Maka dari itu, sangat baik mengetahui tren pasar, dengan begitu, Anda tidak perlu repot mendrive konsumen, karena jumlah permintaannya sudah banyak.

Lantas, apa saja bisnis teknologi (startup) yang bakal jadi tren?

Amanda Julia Isa, mahasiswi Telkom University, Bandung, sekaligus founder Semperfy mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Kumoh National Institute of Technology, Korea Selatan. Dalam rangka pertukaran pelajar, ia pun coba menggali, bisnis teknologi apa yang bakal tren di Asia untuk para pembaca marketing.co.id

Dan inilah 4 bisnis teknologi yang dinilai akan booming, seperti yang diutarakan oleh James Cunningham, dosen mata kuliah Management of Technology & Management Information System di Kumoh National Institute of Technology.

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren : Consultant IT Security

Menggali berbagai informasi kini dapat dengan mudah dilakukan lewat internet. Kendati begitu, internet juga memiliki banyak informasi mengenai data diri tiap individu di bumi. Mulai dari kontak kerabat yang terkoneksi via email di mobile phone, hingga berbagai private data yang baik secara sengaja atau tidak telah kita buat dalam bentuk digital.

Untuk itu,  Contultant IT Security pun diaku James akan sangat dibutuhkan oleh mereka pengakses dunia maya.

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren : Pengembang Aplikasi

Tak berbeda jauh dengan Consultant IT Security, pengembang aplikasi juga sangat dibutuhkan untuk konteks private security.

“Saya rasa keduanya, more application online untuk menjaga data pribadi, dan kita akan banyak menemukan cara bagaimana mendapatkan data pribadi kita dalam menggunakan internet akan lebih aman,” kata James.

James Cunningham (tengah) foto bersama Indonesian Exchange Students. Salah satunya adalah Amanda Julia Isa (tengah dengan jaket merah)

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren : Personal Style Communication & Entertainment

Satu fenomena lagi yang kerap muncul di dalam kehidupan masyarakat urban kota besar adalah, bergesernya alat komunikasi yang tidak hanya sekadar untuk kebutuhan komunikasi, tapi juga sebagai lifestyle.

Coba lihat bagaimana smartphone menjamur? Bukan karena mereka butuh, tapi untuk gaya. Google Glass yang ramai di luar negeri, hingga smartwatch. Fungsi nomer dua, but style is number one.

Ide Bisnis Teknologi yang Akan Menjadi Tren : E-commerce

Dari ketiga contoh di atas, mungkin e-commerce masih yang paling potensial jika berbicara ruang lingkup Indonesia. Kita bisa lihat berbagai contoh e-commerce sukses, apalagi jika melihat demografinya, tentu e-commerce masih akan sangat ramai di tahun ini.

Sementara jika melihat maraknya pengguna internet mobile, mungkin akan sangat bijak jika para pelaku e-commerce mulai membuat toko onlinenya dalam bentuk aplikasi.

“Tergantung negara masing-masing, tapi menurut saya, ke depannya memiliki toko online akan lebih menguntungkan. Saya sendiri lebih suka mencari barang secara online untuk membandingkan harga terbaik mengenai barang yang akan saya beli,” tegas James.

(Sumber: http://www.marketing.co.id)


Bagaimana Menciptakan Ide Bisnis Kreatif

Ide bisnis kreatif memang sulit ditemukan. Saya berani taruhan, anda tidak akan mendapatkan informasi ini jika anda mencarinya di Google. Karena ide bisnis kreatif sangat mahal harganya. Logika saja, seseorang yang mempunyai ide bisnis kreatif tidak mungkin mau membagikannya kepada anda, kecuali anda keluarga atau teman dekatnya.

So, daripada anda capek-capek mencari informasi tentang sebuah ide bisnis kreatif, lebih baik anda ciptakan sendiri idenya! Tidak ada salahnya anda mencari informasi di Google sebagai referensi dan inspirasi agar anda mendapatkan ide bisnis kreatif yang jarang ada.

Di era yang serba berkembang seperti sekarang, banyak sekali ide-ide bisnis kreatif dan inovatif yang bermunculan. Biasanya ide bisnis kreatif muncul dari mahasiswa-mahasiswa kreatif yang memiliki keinginan tinggi untuk maju dan membantu sesama.

Lalu seperti apakah ide bisnis kreatif itu? Berikut ulasannya:

Pertama kali Meciptakan Ide Bisnis Kreatif : Produk atau Jasa Layanan yang Belum Ada

Ciptakanlah sebuah produk atau jasa yang belum ada. Ini memang agak susah untuk didapat, namun bukan berarti tidak bisa. Biasanya bisnis seperti ini suatu saat akan menjadi sebuah kerajaan bisnis yang besar. Salah satu contohnya adalah perusahaan air minum Aqua yang pertama kalinya menjual air putih tanpa rasa di Indonesia.

Meciptakan Ide Bisnis Kreatif :  Berbeda

Jika anda tidak bisa menciptakan sebuah bisnis yang pertama kalinya, jadilah yang berbeda. Steve Jobs menciptakan sebuah ipod. Bukan berarti ipod merupakan yang pertama. Sebelumnya sudah ada mp3 device lainnya seperti Walkman (Sony) dan Discman. Steve Jobs berhasil membuatnya berbeda hingga berhasil merajai pasar mp3 device.

Meciptakan Ide Bisnis Kreatif : Harus Yang Terbaik

Ini yang paling terakhir. Jika anda tidak bisa menciptakan sebuah bisnis yang pertama dan berbeda, maka buatlah bisnis yang terbaik. Untuk menjadi yang terbaik tidaklah sulit. Anda tidak harus berpusing-pusing lagi mencari ide kreatif. Anda tinggal meningkatkan kualitas yang sudah ada. Misalnya anda membuka sebuah bisnis franchise yang cabangnya sudah ada dimana-mana, sudah pasti bisnis anda bukan yang pertama dan bukan yang berbeda, namun anda dapat membuatnya menjadi yang terbaik, misalnya dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik.

Itulah 3 alasan kenapa sebuah bisnis dapat dibilang kreatif. Namun jika anda adalah orang yang sangat tidak kreatif, anda tidak perlu berkecil hati. Mungkin ada banyak orang yang beranggapan bahwa sebuah kreativitas itu terbentuk dari bakatnya sejak lahir, atau pengaruh dari IQ seseorang. Saya tidak tahu pasti bagaimana kreatifitas itu bisa muncul, namun yang saya tahu kreatifitas itu dapat ditingkatkan.

Tips Meningkatkan Kreatifitas Untuk Mendapatkan Sebuah Ide Bisnis Kreatif

Miliki karakter ingin selalu berbuat baik
Jika anda sudah memiliki karakter ini, otomatis anda akan selalu berfikir, “bagaimana ya membuat hal itu menjadi lebih baik”, “bagaimana ya membuat hal itu menjadi lebih bermanfaat”.

Membuka diri untuk menjadi orang yang peka
Mulai sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan keadaan sekitar anda. Baik itu di di bis, stasiun, mall, atau bahkan masjid. Karena semua yang anda lihat itu merupakan inspirasi dari terciptanya sebuah ide bisnis kreatif.

Memperluas wawasan
Selain itu, anda juga harus memperluas wawasan anda. Sering-seringlah membaca buku, nonton televisi, browsing, bahkan bermain di sosial media dapat memperluas wawasan kita.

Terapkan ketiga tips ini, dijamin tidak lama lagi anda akan mendapatkan sebuah ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Anda tidak perlu susah-susah menciptakan sebuah ide bisnis yang pertama kali. Karena sekarang sudah bukan zamannya anda menciptakan telepon, listrik, ataupun pesawat terbang. Cukup ciptakan sebuah ide bisnis yang berbeda dan terbaik, maka anda pun akan bisa sukses.


Tak Ada Ide Bisnis Yang Mengapai Semua Pasar

Tak ada ide bisnis yang bisa menggapai semua jenis pasar. Semakin sempit kita mendefinisikan target pasar, semakin baik bagi bisnis. Proses tersebut disebut dengan menciptakan ceruk pasar, sebuah kunci kesuksesan bahkan bagi perusahaan besar sekalipun.

Ceruk pasar berbeda dengan bidang bisnis. Misalnya, sebuah bisnis ritel pakaian bukanlah ceruk tetapi bidang. Ceruk pasar dari bisnis ritel pakaian misalnya, ritel pakaian wanita hamil.

Namun, tak sedikit bisnis yang melakukan kesalahan dengan menawarkan bisnisnya kepada semua pasar dan mengklaim mereka bisa melakukan yang terbaik bagi semua. Lynda Falkenstein, Penulis buku Nichecraftmengatakan dalam bukunya, “smaller is bigger in business, and smaller is not all over the map: it’s highly focus”.

Untuk menciptakan ceruk pasar, ia memberikan saran kepada pengusaha untuk melakukan tujuh langkah berikut ini.

Buatlah daftar keinginan. Dengan siapa kita ingin berbisnis?
Usahakan spesifik. Identifikasikan rentang geografis dan tipe bisnis atau konsumen yang ingin ditargetkan. Falkeinstein mengingatkan agar para pebisnis menyadari bahwa bisnis mereka tak bisa menargetkan semua orang atau hal itu hanya akan jadi risiko bagi bisnis dan membingungkan konsumen.

Fokus
Perjelas apa yang ingin kita jual. Ingatlah bahwa bisnis kita tidak bisa menargetkan semua orang. Semakin sempit target pasar, semakin baik. Coba lakukan teknik berikut untuk membantu kita untuk fokus:

  1. Buat daftar hal-hal yang paling bisa kita lakukan
  2. Buat daftar pencapaian kita
  3. Identifikasi pelajaran paling penting dalam hidup
  4. Cari pendekatan yang bisa menyelesaikan masalah

Ceruk pasar sebaiknya berasal dari pengalaman dan ketertarikan
Misalnya, jika Anda berpengalaman sebagai konsultan dan juga bekerja untuk bisnis kecil keluarga, Anda bisa memulai bisnis konsultan spesial untuk perusahaan kecil milik keluarga.

Gunakan sudut pandang konsumen
Sebuah bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya. Untuk memahami konsumen tentunya bisnis harus melihat segalanya dari kaca mata konsumennya.

Sintesis
Pada tahap ini ceruk pasar seharusnya sudah mulai terbentuk sesuai dengan ide bisnis dan kebutuhan konsumen. Bisnis dengan ceruk yang baik memiliki lima kualitas sebagai berikut:

  • Memiliki visi jangka panjang
  • Konsumen menginginkan bisnis kita.
  • Bisnis direncanakan dengan baik
  • Bisnis unik
  • Bisnis berevolusi yang memungkinkan kita mengembangkan sumber keuntungan baru namun tetap bisa menjaga core business sehingga menjaga kesuksesan jangka panjang.

Evaluasi
Saatnya mengevaluasi produk atau layanan yang kita buat berdasarkan kriteria pada tahap keempat. Jika produk atau layanan tak ada yang memenuhi kriteria tersebut, maka saatnya beralih ke ide lainnya.

Menguji
Setelah tahap evaluasi, apabila produk dan ceruk sudah pas, maka saatnya menguji pasar. Salah satu caranya bisa dengan menawarkan sample produk, lalu amati bagaimana reaksi pasar.

Luncurkan Bisnis
Jika pasar merespon dengan baik, segeralah meluncurkan bisnis kita dan inilah tahap tersulit bagi umumnya pengusaha. Tak perlu khawatir, jika kita sudah melakukan tahap-tahap sebelumnya dengan baik, maka memasuki pasar bukan sebuah pertaruhan, tetapi risiko yang terukur.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply