Kerajinan Bambu Lokal Yang Melanglangbuana Sampai Australia

kerajinan-bambu-lokal.jpg

kerajinan-bambu-lokal

Melimpahnya persediaan pohon bambu di Indonesia ternyata bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru yang cukup menjanjikan. Jika selama ini masyarakat luas hanya memanfaatkan batang bambu sebagai bahan bangunan rumah, kini bambu bisa disulap menjadi aneka kerajinan cantik dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti aneka peralatan rumah tangga dari mulai alat makan, tambir, tempat tisu, tempat buah, lampu hias, pigura, serta beberapa hiasan ruangan lainnya.

Meskipun awalnya kerajinan bambu hanya diminati masyarakat di daerah pelosok, namun seiring dengan maraknya isu global warming di lingkungan masyarakat dunia, kini banyak orang yang tertarik menggunakan produk-produk ramah lingkungan untuk kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga tidak heran bila permintaan pasar kerajinan bambu kini semakin melonjak bahkan tidak hanya menjangkau kota-kota besar saja, tetapi juga sampai tembus pasar mancanegara.

Target pasar yang bisa Anda bidik antara lain konsumen rumah tangga yang biasanya didominasi oleh kaum ibu-ibu yang mencari peralatan dan perlengkapan rumah, masyarakat umum yang tertarik dengan hiasan unik dari bambu (seperti pigura, miniatur rumah bambu, dll), serta hotel, restoran atau cafe-cafe yang membutuhkan furnitur serba bambu untuk mempercantik penampilan tempat usahanya.

Saat ini para pengrajin bambu tidak hanya memproduksi aneka kerajinan untuk penghias ruangan saja, mereka mulai menciptakan inovasi baru kerajinan bambu yang lebih fungsional. Sebut saja kelompok usaha kerajinan Bambu di Salatiga , Jawa Tengah yang mulai menciptakan kerajinan dari bambu . Selain itu ada juga Jatnika dari Cibinong, Bogor yang telah sukses melanglang buana berkat saung dan rumah bambu ciptaannya, bahkan sekarang ini Jatnika telah kebanjiran pesanan dari luar negeri, seperti dari Malaysia, Jeddah, serta Arab Saudi .

Ada begitu banyak cara membuat kerajinan dari bambu yang bisa kamu gunakan sebagai ide. Pada dasarnya bambu merupakan bahan material yang amat mudah diutak-atik sebab sifatnya yang lentur dan kuat.

Apabila anda bisa dan mahir dalam mengolahnya menjadi sebuah kerajinan tangan, dengan beraneka bentuk kerajinan bisa anda hasilkan, lebih-lebih hingga dapat menghasilkan uang.

Bambu sendiri merupakan satu dari sekian tanaman yang amat mudah dijumpai di negeri kita ini. Ini sebab letak geografis negara kita yang strategis agar perkembangan dan persebaran bambu jadi cepat dan mudah. Iklim di Indonesia sendiri pun amat ramah terhadap perkembangan tanaman.

Tahukah kalian bahwa pada dasarnya bambu ternyata mempunyai banyak sekali manfaat nya lebih-lebih bisa dijadikan obat tradisional secara turun temurun.

Adapun kelebihan dari bambu ini yakni batang yang lentur agar menyebabkannya tidak mudah patah, dinding kayunya yang keras serta pemnafaatannya yang berulang terhitung kala hidup tumbuhan ini yang panjang.

Tak heran bambu dijadikan salah satu alasan dalam cara pembuatan kerajinan tangan. Disamping membawa bahan yang mudah dicari terhitung kerajinan tangan dari bambu ini membawa nilai lebih sebab lebih muncul unik dan menarik meskipun pengerjaannya lumayan rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top