Langkah Membuat Visi dan Misi yang Menarik untuk Bisnis UKM Anda

bisnis-ukm-solo-visi.jpg

Langkah Membuat Visi dan Misi yang Menarik untuk Bisnis UKM Anda – Setiap perusahaan akan membutuhkan arah yang jelas agar bisa berjalan dengan terarah dan sesuai pencapaian yang ingin diraih oleh pemilik bisnis tersebut di masa depan. Agar sebuah bisnis dapat terarah dan berjalan sesuai tujuan awal, maka pemilik bisnis perlu memiliki visi yang jelas dan dapat dijadikan sebagai standar atau arahan bisnis bagi seluruh staf maupun pimpinan perusahaan. Di bawah ini akan kita bahas mengenai visi bisnis beserta langkah membuat visi dan perbedaannya dengan misi.

Ketahui Perbedaan Visi & Misi

a. Visi

Visi merupakan pernyataan tentang pandangan ke depan mengenai bisnis yang akan dijalani, apa yang menjadi tujuannya, serta apa yang ingin dicapai nantinya. Karena itu visi bisnis merupakan refleksi cita-cita bisnis di masa akan datang. Adapun yang perlu diperhatikan dalam menetapkan visi bisnis adalah:

-. Berorientasi ke masa depan dan tidak berdasarkan keadaan sekarang

-. Menjabarkan kreativitas dan penghargaan pada kehidupan bermasyarakat.

Dalam menentukan visi bisnis kedepannya, Anda harus realistis, agar mudah mewujudkan dan menjalankannya. Ukur kemampuan Anda dalam mengembangkan bisnis. Buatlah visi yang bisa menjadi penyemangat Anda dan berisi kalimat yang membangun semangat atau antusiasme.

b. Misi

Sedangkan misi merupakan pernyataan tindakan yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi, bagaimana mencapai tujuan dan mengapa bisnis itu ada. Selain itu, misi juga berfungsi untuk memberikan arah sekaligus batasan dalam proses mencapai tujuan. Dalam merumuskan misi, cobalah untuk dibuat sewajar mungkin namun tetap menjelaskan keberhasilan bisnis yang diharapkan sesuai dengan kemampuan yang ada saat ini dan akan datang. Misi ini dapat direvisi sesuai dengan perkembangan atau situasi bisnis.

Cara Membuat Visi untuk Bisnis UKM Anda

a. Periksa Pernyataan Misi Anda

Pada awalnya, sebuah visi diperoleh melalui pernyataan misi. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan sederhana: “Mengapa kita ada?“. Periksa pernyataan misi Anda dan dapatkan pemahaman tentang bisnis UKM yang Anda lakukan saat ini. Setelah Anda memahami mengapa Anda ada dan masalah apa yang Anda selesaikan saat ini, Anda dapat mulai memvisualisasikan seperti apa bisnis Anda nanti di masa depan.

b. Bersikaplah Tegas Ketika Memvisualisasikan

Setelah Anda memantapkan pernyataan misi, jangan takut untuk berpikir di luar kotak. Untuk menulis pernyataan visi, fokuskan pada dasar-dasar pernyataan misi Anda dan dedikasikan makna lebih lanjut. Jika bisnis kecil Anda adalah sebuah karir secara freelance solo atau Anda baru saja membuka toko baru-baru ini, maka, Anda melihat bisnis tersebut, lima tahun dari sekarang? Apa yang akan dicapai oleh bisnis tersebut di masa depan? Mulailah dengan membentuk gambaran mental di kepala Anda. Bayangkan jika seseorang mewawancarai bisnis Anda, kemudian menanyakan, untuk apa Anda dan bisnis Anda diakui? .

c. Ekstrak Visi Anda Menjadi Pernyataan yang Berguna

Ketika Anda sibuk memvisualisasikan, Anda mungkin menghitung seluruh daftar pencapaian yang telah dicapai oleh bisnis Anda. Untuk membuat pernyataan visi, mulailah dengan mengekstraksi bagian paling penting dari visi Anda (hal-hal yang menonjol) menjadi bentuk yang dapat digunakan. Bagaimana caranya? Gunakan persamaan berikut untuk membentuk pernyataan visi Anda:

Lima tahun dari sekarang, (nama bisnis saya) akan ____________ oleh _____________________.

Menggunakan persamaan ini untuk membuat pernyataan visi akan memaksa Anda untuk memilih apa yang Anda anggap sebagai pencapaian paling penting yang Anda inginkan untuk dicapai oleh bisnis dan memberi kerangka waktu untuk mencapainya.

Misalnya “Lima tahun dari sekarang, Restoran Saya akan dinilai sebagai restoran ‘bintang lima’ di Indonesia, dengan menyediakan makanan berkualitas tinggi dan layanan luar biasa yang menciptakan pengalaman bersantap yang luar biasa bagi keluarga dan teman-teman.”

Perhatikan bahwa pernyataan visi yang benar-benar menarik akan memposisikan dirinya untuk sejajar dengan nilai-nilai Anda, tidak hanya menjadi sebuah tulisan semata.

d. Berkomitmenlah pada Pernyataan Visi Anda

Gunakan pernyataan visi Anda yang sudah mapan sebagai blok bangunan perencanaan bisnis Anda. Ingat, pernyataan visi memberikan tujuan untuk bisnis UKM Anda seperti memberikan bentuk, arahan, dan menyediakan peta jalan ke tempat yang ingin dituju. Ini merangkum semua tujuan Anda, strategi, dan nilai-nilai inti dalam membantu bisnis kecil Anda sampai ke tempat Anda membayangkannya dalam beberapa tahun mendatang.

Berkomitmen pada pernyataan visi Anda dengan menggunakannya setiap hari. Bagikan dengan calon investor, mitra, dan karyawan jika Anda memilikinya. Cetak dan tinggalkan di meja Anda, di dapur staf, atau di mana Anda dan staf dapat melihatnya (dan diingatkan setiap hari).

Kunci bisnis UKM yang sukses dimulai dengan pernyataan visi yang terdefinisi dengan jelas. Pelanggan tidak akan pernah mencintai perusahaan sampai para karyawan menyukainya lebih dulu. Di mana intinya adalah bahwa Anda dan staf Anda perlu secara kolektif memahami makna dan tujuan bisnis Anda dan mempercayainya dalam rangka untuk berkembang. Agar visi bisnis Anda dapat terlaksana dengan baik selama proses bisnis, tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai aspek termasuk pengelolaan dan pencatatan keuangan bisnis.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top