Layanan UKM Jawa Tengah

LAYANAN KLINIK USAHA KUMKM JAWA TENGAH

Tentang Pelayanan Klinik Usaha KUMKM Jateng:

  1. Pelayanan Klinik Usaha KUMKM Jawa Tengah didirikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah guna memberikan Layanan Gratis kepada masyarakat dan pelaku usaha di Jawa Tengah.
  2. Pelayanan Klinik Usaha KUMKM Jawa Tengah adalah sebuah Lembaga Layanan Pengembangan Usaha Terpadu yang menyediakan Layanan pengembangan Usaha yang cepat, mudah dan profesional.
  3. Pelayanan Klinik Usaha KUMKM Jawa Tengah didesain untuk memenuhi kebutuhan KUMKM Jawa Tengah ayng berorientasi pada pemecahan masalah yang dihadapi.

Tujuan :

  1. Memberikan layanan, informasi dan advokasi kepada KUMKM Jawa Tengah berkaitan dengan pengembangan usaha mulai dari hulu sampai hilir (bahan baku, processing, pemasaran).
  2. Meningkatkan akses pelayanan pemberdayaan KUMKM Provinsi Jawa Tengah
  3. Memberikan kemudahan kepada KUMKM dalam mendapatkan layanan konsultasi, informasi dan advokasi dalam pengembangan usahanya.
  4. Memberikan solusi kepada KUMKM terhadap permsalahan-permasalahan yang ada serta peningkatan usahanya.

Kantor Layanan Klinik usaha KUMKM Jawa Tengah :

  • Alamat : UMKM Center Jawa Tengah, Jl. Anton Sujarwo 192 Srondol Semarang
  • Telepon : 024 8310556
  • Faks     : 024 8414165
  • Email    : dinkopjateng@gmail.com
  • Website : dinkop-umkm.jatengprov.go.id

Jenis Layanan Klinik Usaha Jawa Tengah :

1. Layanan Konsultasi Bisnis

Merupakan layanan konsultasi secara personal antara konsultan dengan pelaku usaha KUMKM dengan tujuan untuk menemukan masalah yang dihadapi, konsultan akan membimbing dan menemukan masalah serta membimbing untuk mengatasi masalah yang ada.

2. Layanan Informasi Bisnis

Layanan informasi diberikan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan bagi KUMKM seperti database bahan baku, produk perbankan, peluang ekspor, kemitraan, program-program pemerintah dll.

3. Layanan Advokasi dan Pendampingan

Layanan advokasi dan pendampingan diberikan kepada KUMKM yang belum mampu melakukan sendiri aktivitasnya, misalnya pembuatan laporan keuangan, pengurusan ijin usaha, pembuatan studi kelayakan proposal kredit dll.

4. Layanan Akses Pembiayaan

Merupakan pemberian layanan di bidang permodalan, memberikan informasi kredit selanjutnya KUMKM diarahkan ke perbankan atau lembaga keuangan yang tetap sesuai dengan kebutuhan, mendampingi pengajuan, presentasi, negoisasi dan kredit.

5. Layanan Akses Pemasaran

Membantu KUMKM di bidang pemasaran melalui berbagai kegiatan seperti kontak bisnis, promosi produk dan pameran.

6. Layanan Konsultasi dan Fasilitasi Perlindungan Produk 

Layanan konsultasi dan fasilitasi perlidungan produk di bidang PIRT, halal dan HaKI bagi UMKM dalam pengembangan usahanya.