Memulai Usaha Furniture dari Awal

Memulai Usaha Furniture dari Awal

Semakin anda serius dan tekun dalam menjalani sebuah usaha. Maka dengan berjalannya waktu, akan terdapat pula hasil-hasil yang dapat anda petik.

Di Tengah Boikot, Penjualan Sari Roti Justru Meningkat
8 Bisnis Antimainstream Ini Bakal Laris Selama Bulan Puasa
Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Menguntungkan & Menjanjikan

Memulai Usaha Furniture dari Awal, Anda berminat dan bernyali untuk mulai berwirausaha di bidang furniture? Coba tengok dulu serba-serbinya yang telah DuitPintar.com kumpulkan dari berbagai sumber kali ini.

Bisnis furniture dapat menjadi pilihan yang menjanjikan bagi para calon wirausahawan. Pasalnya, furniture merupakan perlengkapan rumah yang notabene akan selalu dibutuhkan orang.

Istilahnya, selama industri properti tidak pernah mati, furniture akan selalu punya pasar. Furniture bahkan merupakan salah satu dari sembilan sektor industri yang diprioritaskan pemerintah Indonesia.

Dengan serba-serbi usaha furniture berikut ini, DuitPintar.com ingin membantu menambah wawasan maupun masukan sebelum Anda memutuskan untuk menjalankannya.

1. Modal

Tak perlu khawatir, dengan modal kecil pun, bisnis furniture sudah dapat dijalankan. Modern ini, sudah banyak juga lembaga keuangan pemerintah dan swasta yang menggelar program untuk membantu permodalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan pengelolaan keuangan dan manajemen yang cerdas dan cermat, UMKM bisa mendapatkan omzet yang menguntungkan hingga dapat dikembangkan lebih besar lagi. [Baca: Ayo Belajar Menghitung Kredit Usaha Rakyat]

Contohnya lihat saja pengalaman Jokowi, Gubernur DKI Jakarta ke-15, yang memulai usaha kecil furniture kayu jati lebih dari dua dasawarsa lalu. Hingga sekarang, beliau dapat memasarkan produknya ke lima benua!

2. Target Pasar

Banyak pengusaha sukses memulai cerita mereka dengan analisis target pasar yang tepat. Dengan analisis pasar, Anda kemudian dapat menentukan target pembeli yang disasar dan daya serap konsumen tersebut terhadap penawaran Anda.

Penentuan target pasar sangat penting untuk bisnis furniture. Pasalnya, jenis produk atau jasa, model, dan kualitas akan bergantung pada pangsa pasar yang dituju. Begitu juga dengan pengelolaan keuangan dan pengurusan perizinan.

Misalnya, target pasar komersial, seperti hotel atau restoran, tentu memiliki standar spesifikasi furniture yang berbeda dengan klien individual. Atau, jika Anda memilih target pasar mancanegara, tentu ada biaya dan perizinan khusus untuk ekspor.

3. Tenaga Kerja

Tak mustahil untuk memulai UMKM furniture dengan tenaga kerja yang terbatas. Bahkan, jika Anda memang ahli menyulap kayu atau bahan baku lainnya menjadi perkakas rumah tangga, Anda dapat mulai produksi furniture sendiri hingga Anda sanggup menemukan tenaga kerja yang dapat diandalkan.

Jika Anda sama sekali belum berpengelaman di dunia furniture, coba mulai dengan mencari kenalan terdekat yang ahli di bidang pembuatan furniture atau kayu. Dari situ, Anda dapat mencari tenaga kerja borongan untuk membuat furniture sesuai dengan model, kualitas, dan bahan baku yang Anda miliki.

4. Bahan Baku

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam terbesar di dunia. Istilahnya, lempar mutiara dimana saja pun bisa tumbuh. Dengan ketersediaan bahan baku hasil hutan yang memadai, Indonesia berpeluang besar untuk menjadi produsen furniture terbesar di kawasan regional dan bahkan dunia.

Tentukan bahan baku utama produk furniture Anda sesuai dengan kedua poin di atas. Kemudian, kumpulkan pilihan supplier bahan baku tersebut untuk dibandingkan dan akhirnya diajak bekerjasama. Misalnya:

Kayu merupakan material furniture yang paling banyak digunakan. Lakukan riset mengenai jenis-jenis kayu. Jati merupakan kayu solid paling tahan lama dan digemari. Namun tentu, harga berbicara lantang untuk kualitasnya.

Medium Density Fibreboard (MDF) merupakan salah satu jenis material yang banyak digunakan oleh produsen furniture massal dengan harga murah, seperti Olympics dan sebagainya.

Salah satu bahan baku yang sedang naik daun, dan membanggakan Indonesia di hadapan dunia, adalah rotan. Namun proses pembuatannya terbilang sukar, jadi Anda harus mempertimbangkan pelatihan untuk tenaga kerja UMKM Anda.

Untuk mencari harga bahan baku yang paling bersahabat untuk finansial UMKM Anda, coba Anda lakukan riset mengenai daerah-daerah di Indonesia yang paling banyak menghasilkan bahan baku furniture Anda. Lalu, cari supplier setempat di daerah tersebut.

Bisa dibilang, ke-empat poin di atas merupakan serba-serbi yang patut dipertimbangkan sebelum Anda memulai usaha furniture. Lalu, ketika usaha Anda sudah mulai jalan, masih ada serba-serbi lainnya yang DuitPintar.com sarankan selanjutnya.


Tips 10 Cara Bisnis Furniture Untung Besar

Bisnis Furniture atau dalam istilah yang lebih familiar dalam bahasa sehari-hari lebih disebut dengan mebel adalah salah satu peluang usaha dengan modal yang tidak sedikit tetapi memiliki peluang sukses yang luar biasa.

Memang, dengan semakin berkembangnya waktu dan zaman, berjualan beraneka ragam Furniture untuk perlengkapan rumah adalah peluang usaha yang sangat luar biasa. Apalagi, didukung dengan semakin padatnya penduduk di Indonesia, serta daya kemajuan mereka yang justru semakin konsumtif. Hal ini menjadi celah tersendiri bagi anda yang mulai melirik untuk berbisnis Furniture.
Peluang Usaha Furniture

Bisnis Furniture akan selalu ada. Kebutuhan akan sandang, pangan, serta papan adalah pokok kehidupan manusia. Sedangkan semakin berkembangnya zaman dan era yang kian global inilah yang membuat kebutuhan tersiernya pun juga meningkat pesat.

Kebutuhan tempat tinggal semakin tinggi, seiring dengan semakin meledaknya pertambahan penduduk khususnya seperti yang ada di Indonesia saat ini, maka secara otomatis memiliki dampak pada peningkatan ketertarikan dan permintaan masyarakat pada Furniture ini.

Cara Memulai Usaha Furniture

Modal Usaha

Untuk beberapa pebisnis yang baru mengawali usaha dalam bidang Furniture ini mungkin sedikit merasa kesulitan, terlebih karena tidak ada pengalaman sama sekali dalam bidang Furniture. Berbeda jika seseorang yang memang sedikit-banyak sudah memiliki pengalaman dalam bidang Furniture ini. namun, tidak ada kata terlambat dalam mencoba segala sesuatunya. Terlebih mencoba dalam hal usaha.

Modal usaha untuk bisnis ini bisa anda sesuaikan. Jika tidak punya uang, cobalah untuk menjadi reseller atau sales furniture. Ini akan memberi anda pengalaman, networking, dan tentu saja uang kas.

Jika sudah yakin dengan kemampuanmu, anda bisa mengajukan modal ke Bank. Cobalah KUR BRI atau Mitra Mandiri yang mematok bunga rendah.

Lokasi Strategis

Dalam memulai karir sebagai pengusaha Furniture, maka yang sangat perlu anda fikirkan setelah modal dan kolega dalam memulai usaha adalah tempat yang strategis. Jika seseorang bilang sulit dalam memilih tempat yang tepat untuk mengawali usaha Furniture, sebenarnya tidak juga. Karena memang sebenarnya tidak sulit, hanya pencarian lokasi yang tepat saja sesekali memberikan hambatan.

Anda bisa menyewa tempat strategis hanya untuk display, tidak perlu luas yang penting elegan dan terkesan pas untuk calon konsumen. Gudang dan produksi tidak harus ditempat yang strategis, di samping rumah.

Nilai plus jika anda mampu menyewa tempat yang cukup luas. Karena ini juga berpengaruh pada minat pembeli dalam mengenal serta berkunjung di tempat usaha Furniture anda.

Selain itu, tempat yang ramai, dan lebih kepada lokasi sekitar perkotaan adalah tempat yang cocok untuk memulai usaha Furniture ini. dengan tempat yang ramai akan lalu lalang masyarakat, maka akan lebih mudah meraih perhatian masyarakat. Dan dari poin itulah, maka toko anda akan mulai dikenal serta dikunjungi para calon-calon konsumen anda.

Cerdik membaca peluang

Baru-baru ini juga marak investasi perumahan, dengan lahan yang tak cukup luas namun banyak perumahan-perumahan baru dibangun. Nah, itu merupakan salah satu asset bagi anda yang peka terhadap peluang usaha. Karena mampu meraih perhatian konsumen. Mereka adalah target-target pemasaran anda untuk menjadi konsumen di usaha Furniture anda. Jangan pernah melewatkan kesempatan.

Selain itu, jika memang anda dapat menyewa sebuah ruangan yang ada di mall, anda juga dapat menggunakannya untuk mulai mengenalkan lebih luas tentang produk Furniture anda. Dengan modal brosur dan kartu nama, anda dapat mengenalkan usaha Furniture anda pada khalayak yang lebih luas lagi. Ditambah lagi jika ada beberapa pameran, anda dapat menyewa suatu area untuk dapat mengikuti pameran tersebut.

Jika lokasi-lokasi perkotaan dan banyak menyita orang yang berlalu-lalang disekitarnya, maka anda juga dapat mencari sentra-sentra yang berjualan khusus Furniture. Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi anda yang ingin memulai usaha dalam bidang Furniture.

Jadi, lokasi yang tepat dan strategis akan sangat mempengaruhi perjalanan karir anda dalam mengepakkan sayap pada bidang usaha Furniture.

Target Pasar

Sekarang anda wajib memilah target pasar. Jika target pasarmu adalah kaum borjuis yang berduit tebal. Lokasi yang tepat adalah di jalan protokol yang sering dilewati mobil. Bahan bakunya pun harus kualitas bagus dan benar-benar sudah jadi.

Beda lagi kalau targetnya kelas menengah ke bawah. Bahan bakunya kualitas no.2 dan furniturenya belum dicat pun tetap laris manis.

Bahan Baku

peluang usaha furnitureGunakan bahan baku sesuai target pasar anda. Sesuaikan dengan keahlian dan harga yang ingin ditawarkan ke pembeli. Sedikitnya ada 3 jenis bahan baku yang banyak dipakai di indonesia

a.medium Densitey fireboard. Pernahkah melihat meja belajar dari merk terkenal? Bahannya dibuat dari serbuk gergaji kayu yang dipadatkan lalu dilapisi lempengan kayu tipis dan halus. Ini adalah pilihan bagus dan murah untuk produksi masal.

b. Rotan. Bahan satu ini sedang naik daun di pasaran internasional. Indonesia pun kaya akan bahan ini. Namun, anda perlu melakukan pelatihan khusus karena tidak semua orang bisa mengolah rotan.

c. Kayu. Ini adalah bahan yang banyak diminati publik. Bentuknya yang elegan juga menunjukkan harganya yang mahal.

Tenaga Kerja

Berbisnis di bidang furniture pasti memerlukan tenaga kerja. Anda tidak mungkin menghandlenya sendiri. Memberikan instruksi yang jelas untuk karyawan namun tidak mengekang kreativitas adalah hal wajib bagi anda.

Pemerintah

Berbisnis apapun, apalagi yang terlihat jelas oleh masyarakat pasti berurusan dengan pemerintah. Misalnya saja anda harus memiliki NPWP dan SIUP. Segeralah urus, darpada anda terkena denda di kemudian hari.

Anda juga bisa ikut berbisnis dengan pemerintah. Jika nilainya lebih dari 200juta, anda bisa ikut lelang. Jika nilainya kurang, sebaiknya kita memanfaatkan kenalan dan jaringan. Ya benar, kenalan dan jaringan yang kita bangun dari pengalaman dan kerja keras selama ini.

Asosiasi

Ikut asosiasi itu penting, lebihlebih jika anda di kota mebel seperti Jepara. Wadah isi ini bisa membagi isu terkini terkait kondisi pasar. Selain itu anda juga bisa memperoleh peluang usaha baru dari teman-teman asosiasi

Ekspor

Bisnis MebelSudah mengurus NPWP, SIUP, dll? Kenapa ragu untuk ekspor. Banyak kok yang modalnya cekak tapi berani ekspor. Anda hanya harus siap mental dan cerdik saja.

Sedikit bocoran saja, ekspor itu biasanya langsung satu kontainer dan pelunasannya lama. Ini adalah peluang bagus karena tidak semua orang berani ekspor.

Pasar ekspor sangat laris manis. Penyebab utamanya adalah musim dngin di eropa. Di musim dingin, furniture yang telas berumur akan dibakar untuk perapian.

Online

Bergeraklah ke bidang online. Jika gagal di google, beralihlah ke facebook. Gunakan jangkauan lokal atau nasional agar penjualanmu tertarget.

Semakin anda serius dan tekun dalam menjalani sebuah usaha. Maka dengan berjalannya waktu, akan terdapat pula hasil-hasil yang dapat anda petik. Satu hal yang tidak boleh membuat seorang pengusaha luruh, yaitu putus asa. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk usaha Furniture adalah menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Salah satu asset utama dalam segala bidang usaha, termasuk usaha Furniture adalah pelayanan. Bagaimana cara pelayanan anda terhadap konsumen, disitulah raport peluang usaha anda.

 


 Bisnis UKM, Info UKM, Peluang Usaha, Tips Bisnis, Peluang Bisnis UKM, Seputar UKM, Bisnis Online, Ulasan Bisnis UKM

COMMENTS