Mengenal Strategi Cakupan Pasar dan Jenis-Jenisnya

bisnis-ukm-solo-cakupan-pasar.jpg

Mengenal Strategi Cakupan Pasar dan Jenis-Jenisnya – Untuk menentukan strategi pemasaran, perusahaan juga perlu melihat lingkup atau cakupan dari pasar yang dapat dilayani. Strategi tersebut dikenal dengan istilah strategi cakupan pasar. Strategi cakupan pasar dibagi menjadi tiga jenis strategi. Adapun ketiga jenis strategi tersebut adalah:

Strategi Pasar Tunggal

Strategi pasar tunggal biasanya dijalankan oleh bisnis yang baru atau kecil. Setiap perusahaan yang masuk dalam pasar tunggal tentu saja memiliki alasannya masing-masing. Alasan yang sering dipakai adalah karena bisnis memiliki keterbatasan sumber daya, sehingga untuk mencapai posisi yang kuat maka perusahaan memutuskan masuk dalam pasar tunggal.

Tujuan strategi pasar tunggal adalah mencari segmen pasar yang masih diabaikan dan kurang dilayani, kemudian perusahaan akan berusaha mencakup kebutuhan yang ada di pasar tersebut. Sehingga perusahaan dapat mencapai keuntungan yang besar dan pengeluaran biaya rendah. Apabila berhasil, perusahaan akan mendapatkan reputasi yang baik di mata masyarakat.

Namun, bukan berarti mudah untuk masuk dalam pasar tunggal. Strategi pasar tunggal juga memiliki risiko, apabila lingkungan berubah terlebih jika selera pasar yang ada berubah. Mengapa hal ini menjadi risiko? Ya, jika selera pasar berubah maka permintaan akan produk mengalami penurunan dan jika terjadi terus menerus maka keuntungan perusahaan menjadi terganggu. Selain itu, masalah lain juga akan muncul saat usaha bisnis Anda menjadi sangat menguntungkan. Saat keuntungan meningkat maka pesaing akan banyak yang masuk dalam pasar Anda dan mengakibatkan profitabilitas perusahaan Anda turun.

Sehingga untuk menerapkan strategi pasar tunggal, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam berbagai macam keadaan.
  2. Menghindari persaingan dengan perusahaan besar dan mapan, hal ini disebabkan karena perusahaan yang sudah mapan pasti memiliki banyak konsumen yang tetap selain itu produk mereka juga sudah lebih dahulu dikenal.

Strategi Multi Pasar

Seperti namanya, multi pasar maka strategi ini akan beroperasi tidak hanya dalam satu pasar saja tetapi dalam beberapa pasar atau segmen sekaligus. Tujuan dari strategi multi pasar adalah untuk mengurangi risiko dan mendiversifikasi pasar. Sehingga perusahaan tidak bergantung hanya pada satu pasar saja. Dengan begitu jika terdapat risiko atau masalah dalam suatu segmen, operasional perusahaan tidak akan terganggu. Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, sebaiknya Anda menjual produk-produk yang berbeda dalam segmen pasar yang berbeda pula. Sementara untuk kegiatan distribusinya, Anda dapat mendistribusikan produk yang sama dalam segmen pasar yang berbeda. Sama dengan strategi pasar tunggal, untuk menjalankan strategi multi pasar juga terdapat syarat yang harus dipenuhi:

  1. Memilih dan mempertimbangkan dengan teliti, matang, dan hati-hati segmen-segmen pasar mana yang akan dilayani.
  2. Menghindari konfrontasi dengan perusahaan yang melayani setiap segmen pasar.

Strategi Pasar Keseluruhan

Cakupan strategi pasar keseluruhan ini lebih besar dari strategi multi pasar. Strategi pasar keseluruhan dilakukan dengan cara melayani setiap spektrum pasar dengan menjual produk-produk yang terdiferensiasi kepada segmen-segmen yang berbeda. Adapun tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan dari produk-produk yang sudah ada dipasar. Oleh karena itu, strategi ini banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang yang berskala besar. Untuk menerapkan strategi ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Perusahaan melakukan kombinasi yang berbeda-beda terhadap produk, promosi, harga, dan strategi distribusi pada segmen-segmen pasar yang berlainan.
  2. Manajemen memiliki komitmen yang kuat agar dapat melayani semua pasar.
  3. Perusahaan harus memiliki keuangan yang kuat.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

scroll to top