Menjadi Orang yang Lebih Kreatif Dalam Berbisnis

Menjadi Orang yang Lebih Kreatif  Dalam Berbisnis, Kamu pernah merasa di ambang ide yang menakjubkan namun tiba-tiba terhenti tanpa sebab yang jelas? Jika kamu mengalami kejadian seperti itu sebelumnya, kamu mungkin tertarik untuk belajar bagaimana ide-ide kreatif mengalir kembali.

Di usia yang sudah matang, kreatifitas sama pentingnya dengan perjalanan hidupmu. Bahkan dalam dunia bisnis, keberhasilan terbesar dicapai melalui inovasi yang tak bisa lepas dari kreatifitas.

Jika kamu pernah merasa dikecewakan oleh tingkat kamu dalam berkreatifitas, saatnya untuk belajar meningkatkan itu. Berikut jurus-jurus yang patut kamu ketahui untuk mengembangkan kreatifitas seperti dilansir lifehack.org:

Percaya kreatifitas bisa tumbuh

Sementara ini mungkin tampak jelas, sangat penting bagi kamu untuk memanfaatkan semua kemauan kamu dari awal. Kepercayaan lah salah satu motivator paling kuat.

Kamu harus membuang jauh konsep bahwa kreativitas adalah bawaan sejak lahir. Menyelaraskan keyakinan kamu sekarang dan kamu harus berkomitmen untuk menjadi lebih kreatif.

Belajar Hal Baru

Secara garis besar, ada dua cara yang berbeda kita memperoleh pengetahuan. Belajar vertikal ialah spesialisasi dalam bidang pengetahuan tertentu. Sedangkan pembelajaran lateral yang memberi kita pemahaman pada berbagai bidang pengetahuan yang berbeda.

Selain kamu fokus mempelajari bidang ilmu tertentu, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lain yang belum kamu ketahui sebelumnya. Dari situ lah kamu akan mendapatkan banyak referensi ide-ide menarik.

Melatih Otak Layaknya Melatih Otot

Untungnya, kita bisa melatih fungsi kreatif otak seperti kita melatih otot-otot kita di gym. Dengan memberikan stimulasi yang teratur dan mendorong kemampuan berpikir diri kita sendiri, pertumbuhan kreatifitas dapat dipacu.

Praktek peregangan kreativitas kamu bisa menggunakan metode seperti pertukaran ide atau menulis ide sebanyak yang kamu bisa di atas kertas. Ketika kamu menjadi lebih kreatif, kamu akan melihat ide-ide mengalir lebih mudah.

Dedikasikan Waktu untuk Kreatifitas

Jika kamu serius tentang menjadi lebih kreatif, kamu harus mendedikasikan waktu untuk itu. Menyimpan setidaknya satu jam bebas per hari semata-mata untuk kreativitas kamu sendiri. Biarkan pikiran kamu mengembara tanpa kegiatan dan tugas berat setiap hari.

Catat Ide Bisnis yang Datang

Apakah kamu sering mendapat ide-ide luar biasa tapi di kemudian hari kamu lupa apa ide tersebut? Solusinya kamu harus mencatatnya tak lama setelah ide itu datang.

Ide-ide kreatif memang secara alami datang dari pikiran kita. Namun, tanpa mencatatnya, ide-ide itu akan datang sia-sia di pikiran kamu yang akhirnya tak terpakai di kemudian hari.

Seimbangkan Kemampuan Otak

Kreativitas bukan sesuatu hitam dan putih. Ini bukan kasus sederhana otak kiri untuk logika dan otak kanan untuk berpikir kreatif. Kreativitas sejati berasal dari keseimbangan yang harmonis antara keduanya.

Menjadi lebih memahami diri akan membantu meningkatkan kreativitas kamu. Mulai dengan mengidentifikasi pola berpikir dan sengaja menyeimbangkan diri kamu. Misalnya, jika berpikir logis terlalu mendominasi, kamu harus mensimulasikan sisi kreatif dengan kegiatan seperti menggambar atau melukis.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply