Panduan Pemasaran Bisnis UKM Lengkap

Panduan Pemasaran Bisnis UKM Lengkap, Pertumbuhan jumlah UKM di Indonesia yang semakin hari kian melonjak pesat, mau tidak mau mendorong para pelakunya untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran. Seperti kita ketahui bersama, strategi pemasaran sering kali diibaratkan sebagai jantung kehidupan sebuah usaha. Karenanya saat ini para pelaku UKM harus bisa jeli dan teliti dalam menciptakan strategi pemasaran yang tahan banting di tengah ketatnya persaingan pasar.

Sebagai seorang pelaku UKM yang kreatif harus mengetahui dan mempelajari Panduan Pemasaran Bisnis UKM , Anda dituntut untuk bisa untuk menentukan komoditas apa saja yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran dan sebagai seorang yang jeli Anda memiliki aturan analisis dalam dunia pemasaran modern yang kedepannya bisa digunakan untuk melacak dan mengukur seberapa potensial pasar yang Anda bidik.

Nah, agar Anda tak salah langkah dalam menentukan strategi pemasaran. Berikut ini kami informasikan 10 strategi pemasaran untuk tingkatkan daya saing UKM yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Strategi pemasaran yang Anda jalankan harus mampu memberikan pemahaman kepada para konsumen, tentang apa yang Anda kerjakan, dan apa yang Anda produksi. Hal ini penting agar mereka bisa memahami bisnis Anda sebelum memutuskan apakah mereka membutuhkan produk atau layanan anda.
Jangan hanya memberikan pelayanan prima pada pelanggan Anda, namun berikan sebuah pembeda agar bisnis Anda terlihat unik di mata calon konsumen. Jika Anda telah memutuskan untuk memberikan nilai unik pada bisnis Anda, pastikan untuk menjalankannya secara konsisten agar brand image bisnis Anda bisa terjaga.
Tentukan tujuan pemasaran yang Anda jalankan dan pisahkan mana yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda dan mana yang belum sesuai. Setelah menentukan tujuan pemasaran, selanjutnya mulailah mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana pemasaran bisnis Anda.
Bidik target pasar Anda dan berikan nilai tambah produk sebelum menyusun strategi pemasaran. Agar strategi pemasaran Anda bisa bekerja dengan maksimal, mulailah dengan membidik target pasar yang tepat dan memberikan nilai tambah pada produk Anda untuk meyakinkan calon konsumen.
strategi pemasaran ukmBerikan keuntungan pada konsumen Anda. Setiap konsumen tentunya menginginkan kebutuhannya bisa terpenuhi dengan membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan. Karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan pada konsumen Anda agar mereka tak berpaling ke pemain yang lain.
Jika Anda bukanlah seorang networker yang kompeten, maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar menjadi seorang networker atau mempekerjakan seorang tenaga pemasaran yang bisa diandalkan sebagai ujung tombak perluasan jaringan bisnis Anda.
Tak ada salahnya memanfaatkan papan iklan di tempat strategis untuk memasang iklan Anda dalam waktu yang cukup lama. Agar calon pelanggan Anda familiar dengan produk atau jasa yang Anda produksi, maka mereka perlu melihat pesan iklan yang Anda tawarkan sebelum mereka siap untuk mengambil keputusan pembelian.
Konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran. Selain kreatif, pelaku UKM juga dituntut untuk bisa konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang Ia pilih. Hal ini penting, karena kepercayaan konsumen akan terbangun apabila Anda konsisten dibidang usaha yang digeluti dan menjadi salah satu orang ahli di bidang tersebut.
Mencari cara untuk menjadikan diri Anda sebagai orang yang ahli di bidang usaha yang sedang dijalankan. Contohnya saja bila Anda membuka bisnis toko kue, maka asah diri Anda agar tidak hanya bisa memproduksi kue yang lezat namun juga bisa memberikan pelatihan bagi para pemula tentang bagaimana kiat-kiat membuka toko kue, mempublikasikan buku tentang resep membuat kue yang lezat, atau menjadi nara sumber di berbagai seminar cake & bakery untuk membangun personal branding yang cukup kuat.
Bangun komunikasi pemasaran yang jelas, singkat dan terfokus. Hindari hal-hal atau kegiatan yang merusak fokus utama Anda dan singkirkan beberapa hambatan pemasaran yang bisa merusak nama baik bisnis Anda.

Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung memasarkan produk-produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM (Usaha Kecil Menengah)

 

Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang mencapai di atas enam persen (6,5%), membuat potensi sektor UKM (Usaha Kecil Menengah) masih relatif tinggi di Indonesia. Berbicara mengenai pemasaran UKM, menurut salah satu penelitian pada perguruan tinggi di Inggris ternyata pemasaran UKM cenderung terjadi secara spontan, apa adanya dan tidak terarah. Salah satu alasannya adalah karena model perencanaan strategi pemasaran UKM adalah lebih fleksibel dan tidak terlalu pusing dengan perencanaan yang berbelit-belit (Parrot, 2010).
Untuk skala bisnis kecil seperti UKM tentunya memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan besar. UKM biasanya memiliki budget pemasaran yang terbatas, sehingga diperlukan kreatifitas untuk menemukan cara yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa dengan biaya pemasaran yang rendah atau bahkan tidak memerlukan biaya.
Berikut ini langkah sederhana pemasaran yang efektif untuk UKM:
1. Membuat produk yang unik dan memiliki kelebihan dibandingkan produk lain yang sejenis.
Pesaing ada dimana-mana, jika produk atau jasa yang ditawarkan tidak memiliki kelebihan, maka akan sulit bersaing. Produk yang berkualitas saja tidak cukup, produk juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, tentunya kebutuhan konsumen pun ikut berubah, jika produk kita lambat berinovasi maka akan tertinggal dengan produk pesaing.
2. Dekat dengan pelanggan yang sudah ada dan terus menerus mendapatkan pelanggan yang baru.
Dalam mengembangkan usaha kecil, harus terus menerus mencari pelanggan baru, sekaligus juga bagaimana membuat suasana yang menyenangkan bagi pelanggan yang sudah ada. Jadilah sahabat pelanggan, layani dengan keramahan, jika tidak mereka akan membicarakan hal negatif mengenai produk kita. Me-maintain pelanggan yang sudah ada (existing) bisa dilakukan dengan cara memberikan sesuatu secara gratis kepada pelanggan existing, sebagai imbalan agar mereka tetap mengontak kita, dengan cara ini kita dapat selalu berhubungan dengan pelanggan. Manusia memiliki ingatan terbatas, setelah kita mengadakan kontak awal, sebaiknya kita melakukan follow up kontak secara teratur. Jika dalam sebulan kita tidak melakukan kontak, kemungkinan besar pelanggan akan melupakan produk kita.

Menemukan cara yang paling baik untuk menarik pelanggan baru dalam usaha kecil dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
a. Bergabung dengan jaringan sosial.
b. Menawarkan produk gratis sebagai tester produk.
c. Dorong calon pelanggan kita supaya memberikan informasi kontak mereka. Berikan alasan supaya mereka mengontak kita, misalnya e-book gratis. Ketika calon pelanggan telah memberikan informasi kontak mereka, follow up secara reguler untuk membangun kredibilitas perusahaan kita dan memperjelas nilai produk atau jasa kita.
3. Melakukan publikasi di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh calon pembeli potensial.
Mini display merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi produk yang dihasilkan oleh UKM, dengan memamerkan contoh produk dilengkapi informasi tentang harga, bahan baku dan lain-lain. Setelah melakukan publikasi produk, sebaiknya kita telusuri dari mana para pelanggan mengetahui produk atau jasa kita. Informasi ini penting, untuk mengetahui program pemasaran mana yang efektif dan mana yang kurang efektif, sehingga kita dapat menentukan perubahan strategi berdasarkan hasil temuan tersebut.
4. Memanfaatkan e-commerce dalam pemasaran produk UKM
E-commerce atau internet marketing merupakan sarana promosi produk melalui internet, dengan memanfaatkan e-commerce, bisnis memiliki peluang untuk menjangkau pasar yang luas bahkan global. E-commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi, sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga murah. Contoh perusahaan-perusahaan yang sukses dengan memanfaatkan e-commerce antara lain Dell computer, Wall-mart dan sebagainya. Pemasaran produk dengan e-commerce memiliki beberapa manfaat antara lain, murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas, dan memperpendek jarak distribusi produk.
5. Menyusun “pesan pemasaran” yang tepat saat mempromosikan produk.
Pesan pemasaran yang tepat sangat penting untuk mendapatkan atensi dari calon pelanggan, caranya adalah sebagai berikut:
a) Buatlah pesan pemasaran yang menggambarkan keunikan dan daya tarik produk dan yang membuat calon pelanggan mengontak kita.
b) Sesuaikan pesan pemasaran dengan masalah yang dihadapi calon pelanggan sehingga mereka akan memperhatikan.
c) Gunakanlah pesan pemasaran yang cerdas, baik dalam meeting, bertelfon, surat menyurat maupun dalam website.

Para pelaku UKM telah mengadopsi strategi pemasaran praktis menjadi lebih teoritis yaitu dengan melakukan inovasi strategi pemasaran. Beberapa contoh inovasi tersebut antara lain dengan melakukan pemasaran yang terintegrasi, fokus pada variabel pemasaran, fokus pelanggan, fokus pasar, modifikasi dan memiliki cara yang unik dalam melakukan pemasaran (O’Dwyer, 2009).

 

Panduan Pemasaran Bisnis UKM Lengkap, Panduan Pemasaran Bisnis UKM LengkapPanduan Pemasaran Bisnis UKM LengkapPanduan Pemasaran Bisnis UKM LengkapPanduan Pemasaran Bisnis UKM LengkapPanduan Pemasaran Bisnis UKM Lengkap


Bisnis Online, Even Bisnis UKM, Info Bisnis UKM, Inspirasi Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Seputar UKM, Pemasaran Bisnis UKM, Peluang Usaha, Peluang Bisnis UKM 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply