Peluang Bisnis Virtual Office Menjanjikan

Peluang Bisnis Virtual Office

Bagi anda yang terbiasa di dalam dunia bisnis yang memakai legalitas seperti PT atau CV, pasti sudah paham dengan yang namanya virtual office ini. Bahasa gaulnya “sewa alamat”.

Para perintis bisnis yang baru memulai action dengan mendirikan PT atau CV biasanya akan terbentur dengan masalah perijinan jika belum memiliki alamat kantor sendiri. Karena perijinan usaha di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya mensyaratkan bangunan yang ber IMB dengan spesifikasi Ruko/Rukan/Kantor untuk mendapatkan ijin usaha seperti SIUP, TDP, Domisili dan lain-lainnya.

Mendirikan CV masih bisa memakai alamat rumah tinggal sebagai alamat kantor. Sekarang sudah tidak bisa lagi dikarenakan adanya peraturan dari pemerintah mengenai penerbitan ijin usaha ini.

Dimana ada kesulitan, disitulah ada kesempatan alias peluang usaha. Bisnis Virtual Office adalah bisnis yang menyediakan jasa sewa alamat kantor untuk para pengusaha pemula yang membutuhkan alamat kantor sebagai syarat dalam mengurus perijinan usaha.

Anda bisa memberikan tarif antara 450ribu perbulan tergantung pada fasilitas yang diambil. Misalnya tarif 450ribu perbulan adalah tarif dasar untuk sewa alamat dengan fasilitas berupa alamat kantor, nomor telepon dan faksimil, forward calling serta surat menyurat,. Tarif 500ribu perbulan dikenakan untuk fasilitas tambahan berupa meja  kerja yang bisa dipakai selama jam kerja.Dan anda juga bisa menyewakan ruang meeting bagi para penyewa yang membutuhkan ruang untuk bertemu klien.
Apa saja yang dibutuhkan untuk menjalani Bisnis Virtual Office ini :

  1. Ruko/ Rukan, lebih bagus jika statusnya sudah milik sendiri bukan sewa.
  2. Furniture Kantor Lengkap, seperti meja resepsionis, meja kerja, ruang meeting, pantry.
  3. Peralatan Kantor Lengkap, Seperti Telepon dan faksimil, Komputer, printer, Infocus.
  4. Personil Kantor, Seperti Resepsionis, Office Boy, Security dan Administrasi (bisa merangkap sebagai marketing dan sekretaris).

Bisnis sampingan yang bisa dilakoni adalah memberikan jasa pengurusan ijin usaha. Anda bisa memberikan penawaran kepada klien bahwa selain menyewakan alamat, anda juga bisa mengurus perijinan usaha seperti domisili, SIUP, TDP, NPWP, dan lainnya.  Belum lagi ditambah dengan potensi bisnis percetakan, dimana anda juga bisa menawarkan kepada klien jasa cetak kartu nama & kop surat.

Potensi bisnin sampingan yang ada sangat banyak yang menyertai bisnis virtual office ini. Pokoknya apa pun kebutuhan klien bisa anda penuhi.

Bagaimana ? Tertarik Bisnis Sewa Alamat atau Virtual Office?

 

Peluang Bisnis Virtual Office Semakin Menggiurkan

Semakin banyaknya para pengusaha kecil dan menengah yang terus menggeliat ternyata memberikan peluang usaha baru bagi Vega Terradia Wijaya untuk membuka jasa layanan kantor virtual (virtual office). Dengan memberikan layanan yang super maximal dan lokasi tempat yang cukup strategis di daerah Yogyakarta, membuat kantor virtual nya diminati banyak pengusaha. Tak heran, jika setiap bulannya ia mampu menggaet hingga 30 klien dengan omset di atas Rp 30 juta.

Seperti apa usaha yang dijalankannya? Virtual Office adalah “ruang kerja” yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas kantor serta melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki “fisik” lokasi usaha. Melihat tingginya biaya sewa tempat/gedung untuk kantor usaha, membuat para pengusaha ini lebih banyak memilih menyewa jasa virtual office dari pada memiliki reall office sendiri. Hal ini selain dapat memangkas biaya modal hingga 80 % lebih, juga dapat menaikkan prestise dari usaha itu sendiri, karena rata-rata lokasi virtual office tersebut berada di sekitar tempat yang strategis dan ternama.

Vega Terradia Wijaya yang cukup jeli memandang peluang usaha bisnis virtual office di Yogyakarta. Ide awal tersebut muncul ketika dirinya berpindah tempat usaha dari jogja kota ke jogja utara yang notabenenya sebagai sentral pelajar. “waktu itu saya menyewa gedung di daerah ring road utara untuk membuka usaha kursus bahasa inggris, karena melihat besarnya harga sewa, saya pun tidak ingin tempat yang saya sewa tersebut terbuang begitu saja, akhirnya terbesitlah sebuah ide, kenapa tidak dibuat virtual office saja,” jelas Vega. Usaha yang diberi nama Blitz Virtual Office ini berdiri sejak tahun 2014 awal dengan modal Rp 10 juta, yang digunakan untuk merenovasi ruangan dan melengkapi keperluan kantor. Nama Blitz Virtual Office yang dipilih oleh wanita yang akrab disapa Vega ini diambil dari usahanya yang pertama yakni Blitz Engglish.

 

Kata Blitz dalam istilah fotografi memiliki makna sebagai alat bantu cahaya. “dengan adanya blitz, didalam ruang yang gelap sekalipun bisa ditangkap oleh kamera, dengan pemberian nama blitz ini, saya berharap agar usaha yang saya jalankan ini bisa menjadi alat bantu bagi yang membutuhkan,” ucapnya. Persaingan Belum Banyak. Menurut Vega, meski bukan yang pertama menjalankan bisnis Virtual office didaerah Yogyakarta, namun pemain usaha virtual office di daerah jogja ini masih sangat sedikit. Melihat hal tersebut, usaha penyedia virtual office masih sangat prospek jika dikembangkan di daerah kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, makassar, Medan dll. “untuk meningkatkan usaha dan menjaga kepercayaan terhadap para kliennya, tentunya banyak pengusaha kecil hingga menengah yang butuh alamat kantor, fax phone hingga urusan surat menyurat.

Untuk itu, usaha penyedia virtual office masih banyak dicari oleh kalangan pengusaha pemula yang membutuhkan kantor sebagai legalitas usaha untuk meningkatkan kepercayaan terhadap para customernya, tetunya dengan harga sewa yang cukup terjangkau,” ungkap Vega. Dengan demikian, usaha penyedia virtual office ini masih memiliki peluang yang sangat bagus.Pangsa pasar yang luas serta ditunjang dengan kebutuhan yang tinggi membuat usaha virtual office ini bisa tetap bertahan hingga dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meskipun para pemain usaha ini masih belum terlalu banyak, namun promosi dengan memberi pemahaman terhadap jasa virtual office itu sendiri juga sangat diperlukan. Pasalnya masih banyak para pelaku usaha yang masih belum mengetahui manfaat dari kantor virtual terhadap perkembangan usahanya. Layanan eksklusife. Untuk membedakan tarif layanan virtual office, Vega membaginya kedalam tiga jenis paket ekslusife, yakni paket standar, medium dan paket deluxe. Dari masing-masing paket tersebut juga memiliki fasilitas layanan yang berbeda-beda. Paket virtual office standar fasilitas yang didapat meliputi. Untuk paket standar ini ditawarkan Vega dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 500 ribu/bulan. Tetapi jika klien menghendaki meeting room maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 100 ribu perhari dengan batas maximal 5 jam.

Sedangkan paket medium fasilitas yang didapat berupa alamat kantor, resepsionis, management telpon dan pesan, management email, urusan surat menyurat dan ditambah dengan meeting room yang dapat digunakan seminggu sekali dengan batas maximal 5 jam. Paket medium ini dipatok Vega dengan harga Rp 750 ribu/bulan. Dan terakhir adalah virtual office dengan paket deluxe, pada paket ini Vega menawarkan kelengkapan layanan dan fasilitas virtual office yang diberikan. Karena selain mendapat fasilitas diatas, Vega juga memberikan fasilitas berupa ruangan khusus yang dapat digunakan kapanpun jika dibutuhkan oleh klien. Ruangan khusus ini juga disetting layaknya ruangan pimpinan. Harga yang ditawarkan untuk paket deluxe ini cukup mahal, yakni Rp 2 juta/bulan. Dari tiga jenis paket yang ditawarkan ini, paket mediumlah yang paling sering diminati kebanyakan klien Blitz Virtual Office. Agar klien yang sudah bergabung di Virtual office tetap loyal, maka Vega selalu memberikan layanan eksklusife pada para pelanggannya.

 

Dalam hal ini, Vega tidak melihat jenis paket yang diambil, karena semua jenis paket yang ditawarkan tetap akan mendapat pelayanan yang eksklusife sekalipun hanya paket standar dengan harga yang cukup murah. “kami selalu memberikan layanan yang semaximal mungkin terhadap semua klien, seperti halnya kebutuhan kantor kami selalu sediakan, semua informasi yang kami terima dari customer baik dari email, telephone, ataupun surat sebisa mungkin langsung kami sampaikan kepada klien, bahkan kami juga memiliki kurir khusus untuk antar jemput berkas jika diperlukan, jadi klien kami tidak perlu repot-repot untuk datang kekantor,” papar Vega. Perlengkapan Usaha. Ibu dari dua anak ini mengatakan, memulai usaha jasa penyedia layanan kantor virtual ini tidak cukup sulit, karena yang paling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah tempat atau kantor dengan lokasi yang strategis.

Bila tidak memiliki tempat sendiri maka bisa juga dengan melakukan kerjasama dengan pemilik tempat dengan sistem bagi hasil.Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, tetntunya ruangan juga harus ditata sebaik mungkin sehingga terkesan kantor yang sesungguhnya. Sedangkan fasilitas lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini meliputi ruang pertemuan/rapat, sambungan internet sebaiknya broadband/cable internet, resepsionist/penerima telepon, pendingin ruangan/AC, mesin fax, LCD Proyektor, Laptop, perangkat komputer, meja kursi kantor, Televisi dan juga halaman parkir.

Karyawan Virtual Office

Usaha jasa virtual office ini tidak memerlukan tenaga kerja yang cukup banyak, karena yang paling dibutuhkan untuk usaha ini adalah tenaga sekretaris yang memiliki kemampuan managerial arsip yang baik serta kemampuan menjawab dan mengatur semua panggilan yang ada. Untuk itu Vega mencari karyawan yang benar-benar profesional, sebab ini akan berkaitan langsung dengan kualitas layanan terhadap para kliennya.

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang profesional, biasanya Vega mencari karyawan yang sudah mengenal seluk beluk dunia kesekretariatan, atau minimal sudah memiliki pengalaman kerja disekretaris. Keuntungan dan omset. Kepiawaiannya dalam menjelajah pasar ternyata menjadi modal utama bagi Vega. Tak perlu menunggu lama, hanya dengan hitungan bulan saja tak kurang dari 30 klien sudah ikut tergabung didalam Blitz Virtual Office. Tak heran jika tiap bulannya Vega bisa mengantongi omset hingga Rp 30 juta. Diakui Vega,bahwa usaha penyedia jasa virtual office ini memang memiliki margin keuntungan yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak? Prosentase keuntungan yang didapat bisa lebih dari 65 %. Untuk mendukung usahanya ini Vega dibantu 6 orang karyawan. 2 orang dibagian resepsionis dan sekretaris, 1 orang bagian marketing, 1 orang bagian office boy, 1 orang satpam dan 1 orang bagian kurrir.

Promosi dan Pemasaran Virtual Office

Pada awal usaha, Vega hanya memasarkan melalui media online saja seperti situs jejaring sosial dan situs jual beli. Namun seiring waktu, Vega sadar betul kalau ternyata jenis usaha virtual office ini masih cukup asing dilingkungan para pengusaha kecil dan menengah.

Dari sinilah, Vega mulai merekrut tenaga marketing yang ditugaskan untuk memberi penjelasan dan pemahaman kepada para pengusaha kecil dan menengah. Hal itu dirasa cukup efektif dalam menjaring klien karena setelah adanya penjelasan mengenai manfaat dan keuntungan memiliki kantor virtual, banyak para pelaku usaha yang ikut bergabung mengambil paket kantor virtual. Hingga saat ini kebanyakan klien blitz virtual office ini datang dari kalangan pengusaha UKM dan juga pengusaha pemula yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Tidak hanya itu saja, untuk menarik minat para calon pelanggan, Vega juga kerap menawarkan paket diskon, misalnya diskon 10-20 % untuk klien yang mengambil paket sewa langsung 6 bulan atau 1 tahun sekaligus.

Untuk menarik calon klien, terkadang Vega juga tidak segan-segan untuk memberikan bonus tambahan berupa situs gratis standar yang berlaku sesuai dengan lama sewa. Selain menawarkan tempat yang strategis, prioritas dalam memberikan pelayanan terhadap para kliennya, juga menjadi kunci utama bagi Vega untuk menjaring klien yang lebih banyak. “yang paling utama adalah memberikan servis yang maximal kepada klien, karena jika klien merasa puas dengan servis yang kami berikan, maka secara otomatis mereka akan merekomendasikan virtual office ini ke rekanan bisnisnya,” terang Vega.

Kendala Usaha Bisnis Virtual Office

Semua jenis usaha tentunya memiliki tingkat resiko dan kendala yang beragam, tak terkecuali dengan usaha virtual office. Untuk saat ini kendala yang kerap dihadapi Vega adalah minimnya pengetahuan masyarakat terhadap layanan jasa virtual office. Untuk ituVega selalu aktif memberikan penjelasan terhadap produk layanan virtual office, baik secara offline ataupun online. Selain minimnya pengetahuan, pemanfaatan terhadap kantor virtual untuk modus kejahatan juga kerap sekali terjadi seperti penggunaan alamat kantor hanya untuk syarat pengajuan kredit pinjaman. Nah, untuk meminimalisir adanya tindakan tersebut, biasanya Vega selalu mensurvey kejelasan dari usaha yang dijalankannya, seperti produk ataupun lokasi dari rumah produksi. Vega juga selalu memberi peringatan terhadap para kliennya untuk tidak nekat berbuat tindak kejahatan yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Sumber : http://www.kompasiana.com/


Cara Mengembangkan Peluang Usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office)

Selalu ada peluang yang datang setiap hari termasuk Peluang usaha. Pertumbuhan populasi di Indonesia yang mencapai angka 240 juta manusia merupakan pasar besar. Peluang usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office) pun menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjadi primadona. Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Berikut Adalah daftar 7 cara aplikatif untuk mengembangkan peluang usaha yang sedang Anda tekuni saat ini.
1. Memodifikasi produk Untuk kembangkan peluang Usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office)
Untuk menngembangkan usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office) Anda salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar.

Sekarang coba lihat, di peluang usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office) yang Anda garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Hasil dari riset ini akan memunculkan ide segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera pasar dan mengikuti trend. Peluang usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office) banyak dilirik orang, saatnya Anda memberikan yang terbaik

Satu saran juga untuk Anda adalah perhitungkan biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.

2. Membundling produk Untuk kembangkan peluang Usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office)
Jika pada poin pertama telah dibahas bagaimana mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk. Apa itu bundling produk ? simplenya anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A maka produk B dapat dibeli dengan harga lebih murah. Contohnya misalnya bundling produk antara rexona dan adidas misalnya, untuk setiap pembelian produk adidas mendapatkan rexona for man.

Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk A dan B di perusahaan sendiri atau jika lebih jauh lagi dapat dilakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan orang lain. Peluang usaha di antara kedua perusahaan bisa tumbuh lebih besar

3. Kembangkan Peluang Usaha : Buat nama produk yang unik
Apakah nama produk mempengaruhi peluang usaha yang kita jalankan ? Nama produk yang unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama ? penamaan produk yang unik akan meudahkan market mengingat apa yang kita tawarkan. Anda ingat dengan produk rawon setan ? bunga gelombang cinta ? Donat pink ? dan sebagainya. Nama / brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi jika nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus digarap dengan maksimal dengan brand/ nama produk yang juga maksimal

4. Kembangkan Peluang Usaha : Bekerjasama dengan komunitas
Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama. Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Garuda indonesia misalnya menafaatkan komunitas golf untuk bekerjasama dalam beberapa event dan program penjualan Garuda.

Tak hanya Garuda, Djarum Black juga sangat cerdas mengelola komunitasnya. Bahkan komunitas ini sangat terkenal di beberapa daerah karena aktif melakukan gathering. Nah bagi Anda yang sedang mengenbangkan peluang usaha Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office) anda boleh menawarkan voucher atau layanan tertentu dan khusus untuk komunitas di kota Anda.

Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk / layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.
5. Kembangkan Peluang Usaha : Promosi dengan social media
Anda masih ingat kripik pedas maicih? Yap produk ini adalah salah satu contoh produk yang sukses menjadikan social media untuk penetrasi pasar. Brand lain adalah Brodo, merek sepatu kulit dari bandung, dan masih banyak lagi.

Menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda.

Perlu Anda ketahui pengguna social media di Indonesia sangat banyak dan aktif, di twitter misalnya indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk berbagai isu. Adapun facebok telah menjangkau hingga pelosok desa karena banyaknya handphone murah sehingga semakin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni

Dengan social media anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar. Tunggu apalagi, buat sekarang akun social media Anda sebagai channel penjualan termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mengenalkan produk Anda.

6. Kembangkan Peluang Usaha : Buat iklan yg unik
Ada yang bilang iklan yang bagus itu adalah iklan yang menjual, alias mampu menghasilkan penjualan, tapi jangan lupa. Iklan hanya akan dilihat orang jika iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk Anda cukup unik. Keunikanlah yang membuat orang mau berhenti selama beberapa detik melihat iklan Anda.

Apakah susah membuat iklan yang unik ? tidak juga. Jika Anda sudah memiliki anggaran iklan . sudah waktunya Anda mengembangkan peluang usaha yang Anda pilih saat ini dengan menggandeng desainer grafis atau vido producer untuk membuat iklan yang unik. Silahkan buka youtube dan carilah referensi ide iklan menarik dari negara Thailand.
7. Kembangkan Peluang Usaha : Bekerjasama dengan endorser
Bagaimana beriklan gratis dan memanfaatkan orang terkenal ? kirim produk Anda pada mereka. Atau ajak mereka datang mengunjungi perusahaan Anda atau merasakan kenyamanan layanan yang Anda berikan. Anggap saja sebagai hadiah untuk mereka. Di Instagram sudah banyak perusahaan yang melakukan ini , baik perusaahaan travel, maskapai penerbangan, hotel, Jasa Persewaan Ruang Usaha (Virtual Office), distro, fashion line, hingga brand kecantikan. Kebanyakan brand fashion dan produk kecantikan yang memanfaatkan endorser di Instagram, sekarang coba cari siapa artis favorit Anda dan apakah mungkin untuk mengirimkan produk untuknya ?

Save

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply