Peluang Usaha Agrobisnis yang Menjanjikan Bisnis UKM

bisnis-ukm-solo-peluang-usaha-agrobisnis.jpg

Peluang Usaha Agrobisnis yang Menjanjikan Bisnis UKM – Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, menjalankan bisnis atau usaha dari rumah adalah pilihan banyak masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satunya menjalankan agrobisnis. Agrobisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agrobisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

Banyak alasan yang membuat seseorang akhirnya mengelola usaha yang berkaitan dengan pertanian ini. Selain tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar, Anda sebagai pengelola bisnis juga bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Berikut adalah beberapa peluang usaha agrobisnis yang perlu Anda coba untuk menambah penghasilan.

Membuat Hidroponik

Saat ini, mencari lahan untuk bercocok tanam tentu sulit sekali, maka membuat tanaman hidroponik menjadi solusinya. Apalagi jika Anda berada di daerah ibu kota yang semakin kesulitan lahan tanam, begitu juga media tanamnya yang berupa tanah. Meskipun tidak semua orang mengetahui cara bercocok tanam dengan hidroponik. Namun sebenarnya budidaya tanaman ini cukup mudah. Selain itu, dengan membuat hidroponik Anda dapat menghemat tempat dan dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar sebagai media tanamnya seperti toples, ember, gelas, botol plastik, dan lain sebagainya.

Tanaman hidroponik kini juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena tanaman hasil hidroponik lebih sering dicari oleh restoran maupun pasar. Mengapa demikian? Karena tanaman hidroponik hemat air untuk mencuci, aman karena tidak menggunakan pestisida, serta higienis karena tidak menyentuh tanah dan tidak mudah terserang hama.

Reseller Jual Beli Bibit Secara Online

Tanpa bibit, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Kalimat tersebut menegaskan bahwa jual-beli bibit tanaman adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda lakukan. Dengan adanya Internet dan kemudahan mencari informasi di zaman sekarang, Anda bisa dengan mudah mengenal jenis bibit tanaman yang baik untuk dikembangkan. Ditambah lagi, saat ini banyak toko online yang memberikan kesempatan untuk menjadi reseller. Anda dapat membuka toko online sendiri untuk melakukan penjualan. Dengan begitu, usaha pemasaran bisa lebih mudah.

Budidaya Tanaman Hias

Salah satu usaha agrobisnis lainnya yang menjanjikan yaitu budidaya tanaman hias. Tanaman hias memang banyak ragamnya. Namun, dalam melakukan usaha budidaya tanaman hias, sebaiknya hindari untuk membudidayakan tanaman hias yang beragam jenisnya karena dapat menyebabkan kualitas tanaman Anda tidak maksimal. Tetapkan satu atau beberapa jenis variasi tanaman hias yang banyak disukai masyarakat dan mulailah untuk membudidayakannya secara serius. Selain itu, untuk menjalankan usaha ini Anda juga harus mengikuti tren pasar yang seringkali berubah dari waktu ke waktu.

Menjual Bunga Potong

Bunga potong tidak jauh halnya dengan tanaman hias. Perbedaannya, bunga potong merupakan tanaman hias yang akarnya sudah dipotong dan biasanya digunakan untuk acara pernikahan seperti mendekorasi pelaminan, maupun sebagai bunga tangan sang mempelai. Bunga potong juga bisa digunakan sebagai hadiah untuk orang yang wisuda, untuk acara pemakaman, dan lain-lain. Melihat dari banyaknya penggunaan bunga potong di kehidupan kita sehari-hari, maka menjalankan usaha untuk menjual bunga potong adalah salah satu usaha yang menjanjikan.

Membuat Terarium

Di kota-kota besar tentunya banyak orang yang ingin memiliki tanaman namun tidak memiliki lahan. Sama halnya dengan hidroponik, terarium juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bercocok tanam. Bedanya, terarium dapat diletakkan di dalam ruangan dengan wadah kaca. Ukuran terarium tentunya tidak sebesar tanaman pada umumnya dan biasanya digunakan untuk hiasan meja. Usaha ini sekarang banyak dicari untuk mempercantik ruangan kantor dan lain sebagainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top