Peluang Usaha: Ribuan Dolar Berkat Aksesoris Bebatuan Turki

Aneka batu perhiasan warna-warni memenuhi kotak-kotak penyimpanan di meja kerja Fardal Dalle Yilmaz, 48 tahun. Buku-buku referensi tentang bebatuan dan perlengkapan untuk membuat kalung, gelang, dan anting pun memenuhi meja kerjanya.

“Sudah sejak 2011 saya membuat aksesoris dari bebatuan khas Turki. Saya otodidak,” kata Fardal di lantai apartemennya di Istanbul daratan Asia. detikFinance menemuinya, di sela-sela mengikuti wisata religi puluhan franchiser busana muslimah Zoya pada 7-14 Juni lalu.

Aktivitas ekonomi semacam itu tergolong pemandangan langka di Turki. Perempuan, khususnya ibu rumah tangga di Negeri Ataturk, lazimnya hanya melakukan pekerjaan domestik seperti memasak dan merawat rumah. Budaya di sana tak memberi peluang bagi mereka untuk berwirausaha, atau semacam industri rumahan dan kreativitas lainnya.

Sebelum berbisnis aksesoris, Fardal bekerja sebagai instruktur di sebuah sekolah kepribadian di Indonesia. Hal itu ia tinggalkan, setelah menikah dengan pria asal Turki, Enver Yilmaz. Beralih ke bisnis perhiasan Turki dilakukan dengan alasan unik, cantik, dan punya daya seni tinggi. “Cocoklah dengan selera saya,” ujarnya.

Selain keuntungan materi, bisnis ini memberinya kepuasan tersendiri. Apalagi bila aksesoris kreasinya membuat penampilan si pembeli menjadi terlihat lebih cantik, menawan, dan percaya diri. Soal keterampilannya membuat assesoris, Fardal mengaku berlatih secara otodidak lewat berbagai buku dan internet.

“Saya pernah ikut kursus super singkat hanya untuk teknik tertentu seperti wiring,” ujar perempuan kelahiran Toraja itu.

Fardal tak mengalami kesulitan saat blusukan mencari batu permata dan bebatuan lain di seantero Istanbul. Enver Yilmaz yang menikahinya pada 2009 menjadi pemandu setianya.

Ia menawarkan kalung, cincin, dan gelang paling murah seharga US$ 25 hingga ratusan dolar AS. Pembelinya selain teman-teman di Indonesia juga mereka yang bermukim di mancanegara. “Promosi dan pemasarannya CTCR (Customers to customers reference),” ujar Fardal.

Ia juga memajang hasil kreasinya di media sosial seperti facebook dan path. “Lumayan, bulan kemarin saya dapat US$ 5.000,” ujarnya.


Support Keyword: Bisnis UKM, Info UKM, Peluang Usaha, Tips Bisnis, Peluang Bisnis UKM, Seputar UKM, Bisnis Online, Ulasan Bisnis UKM

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply