Peluang Usaha: Sukses Jualan Boneka Zaman Baheula

Di tengah maraknya mainan-mainan canggih, boneka-boneka kuno alias oldschool masih punya hati di masyarakat. Boneka berbentuk klasik ini punya keindahan tersendiri.

Modal pembuatan boneka ini tidak besar, tapi setelah dijual bisa menghasilkan omzet yang lumayan tinggi. Mantan karyawati yang satu ini berhenti kerja untuk menjadi perajin boneka klasik.

Ia adalah Dina Leonard (34), pemilik Dindun Doll, yang sudah lima tahun ini berkarya membuat aneka boneka salah satu yang jadi andalannya adalah country doll.

“Sebelumnya saya sempat kerja 5 tahun, tapi setelah ibu sakit kanker, saya putuskan untuk resign. Saya sehari-hari di rumah, lalu berpikir apa yang bisa dikerjakan dan menghasilkan uang,” ujarnya kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Awalnya ia mencoba ikut kursus craft patchwork. Ia pun terinspirasi guru kursusnya yang membuat boneka berbahan dasar kain flannel.

“Waktu itu lagi belajar juga bikin boneka country. Idenya dari buku-buku keterampilan impor dari Jepang. Lama-lama country doll lebih banyak yang suka dan lebih bebas dikreasikan. Kita bisa sesuka hati bikin boneka sesua ciri khas kita, pemilik sekaligus pembuatnya,” jelasnya.

Ia pun membuat boneka dengan ekspresi wajah karakter dari komik-komik Jepang. Rambutnya dibuat beda dari boneka country doll umumnya yang menggunakan benang woll kecil, sementara karya Dina pakai woll besar.

“Sekarang sudah sering buka kelas private bikin boneka country untuk 1-15 orang tiap pertemuan. Sekali datang dijamin langsung bisa bikin dan bawa pulang satu boneka karya sendiri,” katanya.

Menurutnya, modal dalam usaha yang ia jalani adalah kemauan dengan modal beberapa ratus ribu saja untuk membeli kain. Selain menjual boneka, Dina juga dapat omzet dari mengajar pembuatan boneka.

“Omzetnya kalau dari kursus per minggu bisa 8-10 orang, per orang Rp 275.000 selama 5 jam, itu sudah Rp 2 jutaan. Setiap bulan bisa adakan 4 kali kursus. Produksi kalau lagi serius bisa 1 bulan bikin 200 boneka. Sekarang sudah ada mesih jahit dan dibantu 1 pekerja. Omzet bisa puluhan, di atas Rp 15 juta,” ujarnya.

Boneka yang dibuat ada mini doll dan country doll. Boneka ini bisa dibuat sesuai permintaan yang pesan.

“Ada yang ingin bajunya warna pink, rambutnya cokelat, dikasih pernak-pernik, sesuai selera. Harga boneka mulai dari Rp 30.000 untuk mini doll sampai Rp 400.000 untuk boneka country besar. Harga tergantung pernak pernik dan ukuran,” tambahnya.

Selain jual boneka dan kursus, Dina juga menjual bahan-bahan pembuatan boneka seperti kain, pita, dan benang woll. Ada juga paket boneka untuk dirangkai sendiri di rumah.

“Murid saya sampai sekarang udah lebih dari 50 orang, bahkan hampir 100 orang mungkin. Biaya pelatihan saya kasih Rp 275.000 sekali pertemuan praktik dan pasti langsung bisa bikin boneka berukuran 35 cm. Buat pemula nggak perlu khawatir karena pola sudah ready saya siapkan. Tinggal Belajar jahit dasar sedikit, bikin badan bonekanya, pasang baju lalu diberi rambut,” tuturnya.


Support Keyword: Bisnis UKM, Info UKM, Peluang Usaha, Tips Bisnis, Peluang Bisnis UKM, Seputar UKM, Bisnis Online, Ulasan Bisnis UKM

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply