Pemasaran Online Kunci Sukses Wirausaha Harus Kuasai

Pemasaran Online Kunci Sukses Wirausaha Harus Kuasai, Ketua Umum Kadin DK Jakarta, Eddy Kuntadi menyatakan, di era persaingan global saat ini  metode pemasaran produk secara online atau dikenal electronik marketing menjadi keharusan. Tentunya kualitas produk sarat teknologi yang dihasilkan juga mendukung keberhasilan pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah ini.

Jumlah pengguna internet aktif sebanyak 88,1 juta orang dan jumlah pembeli online 70 juta, sedang di ASEAN pengguna internet aktif 245,8 juta dan jumlah pembeli online 182,6 juta atau 74% dari total populasi.

Betapa tidak. Bayangkan saja, kata Eddy yang mengutip data yang dilansir We Are Social 2016 bahwa potensi pengguna dan pembeli secara online di Indonesia cukup tinggi.

”Jumlah pengguna internet aktif sebanyak 88,1 juta orang dan jumlah pembeli online 70 juta, sedang di ASEAN pengguna internet aktif 245,8 juta dan jumlah pembeli online 182,6 juta atau 74% dari total populasi,” katanya,di sela Pelatihan Training of Trainer (ToT) Kewirausahaan Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) di Jakarta Barat, Rabu (7/9).

Hal ini,katanya, merupakan potensi luar biasa jika UKM bisa ”melek” teknlogi dalam memasarkan produknya.Makanya, sangat tepat jika pengurus kadin di wilayah Jakarta Barat mengambil rangkaian Pelatihan ToT khusus di bidang pemasaran online.

Karena,kata Eddy, pemasaran online adalah bagian dari pemasaran berbasis internet yang saat ini sudah menjadi trend dan sudah mendunia baik produk atau jasa.

“Pemasaran online kini bukan lagi merupakan tren asal-asalan yang sekedar muncul karena kepopuleran internet sebab telah menjadi sebuah pasar yang kuat dan mempunyai potensi tinggi yang akan berlangsung dan bertahan lama.”

Kegiatan pemasaran online katanya, pada umumnya meliputi pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.

Ada beberapa manfaat pemasaran online antara lain : waktu untuk memasarkan produk yang tidak terbatas karena bisa diakses 24 jam, biaya pemasaran lebih murah karena tidak perlu mendirikan outlet dan tidak perlu brosur, spanduk dan lainnya. Selanjutnya bisa menjangkau pasar yang lebih luas bahkan sampai ke mancanegara, juga memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan, dll.

Sebagai seorang wirausaha/entrepreneur harus memiliki kemampuan melihat dan memanfaatkan peluang bisnis seperti pemasaran online.

Dalam menghadapi persaingan usaha di era global khususnya MEA kita dituntut untuk meningkatkan inovasi tepat guna dalam  pemasaran online  agar tampilan websitenya lebih menarik.

“Dalam kaitan itulah, kami menganggap ToT ini sangat penting untuk dimanfaatkan para peserta guna mengembangkan usahanya melalui pemasaran online dan diharapkan juga dapat menggetoktularkan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat disekitarnya khususnya kepada pengusaha pemula atau wirausaha baru, dan kepada semua pihak khususnya perbankan dan instansi terkait (Pemerintah Pusat/Daerah, KADIN, Asosiasi dll) berkenan mendukung program ini sehingga memperkuat daya saing produk, pemasaran dan pembiayaan.” (fitri) Sumber: http://possore.com

 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply