Pembukuan Simple yang Efektif dan Efisien untuk Bisnis UKM Anda

bisnis-ukm-solo-software-pembukuan.jpg

Pembukuan Simple yang Efektif dan Efisien untuk Bisnis UKM Anda – Kita semua menginginkan efisiensi di tempat kerja. Dan tidak ada tempat di mana efisiensi itu lebih penting dan diinginkan dari akuntansi. Berikut adalah 7 kebiasaan pembukuan yang efektif yang dapat Anda terapkan:

Membuat Sistem Pembukuan

Terlalu banyak pemilik usaha tanpa sistem pembukuan yang optimal, bahkan tidak ada. Memang benar dan terkadang mereka menyimpannya dalam spreadsheet Excel, pemilik lainnya juga menggunakan aplikasi akuntansi online, tetapi mereka tidak benar-benar paham tentang apa yang mereka lakukan sebenarnya. Ada ketidak yakinan yang kerap muncul mengapa orang memilih untuk mencoba-coba dalam profesi sepenting akuntansi jika mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan. Jika Anda memiliki kebocoran di atap rumah Anda, Anda pasti memanggil seorang profesional.

Buat sistem pembukuan dan menggunakan software akuntansi untuk menjalankan fungsi akuntansi dan pembukuan dalam bisnis Anda. Dewasa ini telah muncul begitu banyak pilihan software yang sangat menarik untuk usaha Anda. Mungkin masuk akal untuk menyarankan para profesional untuk memilih perangkat lunak yang cocok untuk bisnis Anda dan mendapatkan beberapa pelatihan dasar untuk mendukung penggunaan perangkat secara optimal.

Update Buku Transaksi Secara Harian atau Mingguan

Sering memperbarui buku transaksi adalah salah satu hal yang paling penting dalam daftar ini. Mungkin Anda setiap harinya pergi ke kantor dan memulai hari dengan cara yang sama, secangkir kopi dan update cepat untuk buku-buku transaksi perusahaan yang mungkin membutuhkan waktu Anda 10-15 menit sehari. Ini sangat diperlukan untuk mengetahui dan meneliti transaksi dan selalu tahu bagaimana kondisi arus kas bisnis Anda. Memiliki pembukuan seperti ini mampu dijadikan sebagai alat bisnis yang kuat dalam performa perusahaan.

Rekonsiliasi Semua Akun

Dapat dikatakan bahwa rekonsiliasi akun aplikasi akuntansi online Anda mungkin adalah hal terpenting pada daftar dan tugas yang paling diabaikan. Rekonsiliasi adalah satu-satunya cara Anda mengetahui dan menjelaskan segala sesuatu. Jangan berhenti dengan rekonsiliasi hanya pada rekening bank Anda, setiap rekening yang dapat Anda kaitkan dengan saldo akhir harus direkonsiliasi juga. Ini meliputi rekening bank, kartu kredit, pinjaman, kewajiban kredit serta gaji. Jangan menunggu sampai laporan akhir bulan, dan coba lakukan rekonsiliasi harian pada rekening bank Anda.

Membuat Laporan Keuangan yang Berarti

Anda harus menggunakan sistem pembukuan yang sering diperbarui, ter-rekonsiliasi, dan mampu membentuk laporan yang berarti untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Mengidentifikasi beberapa metrik yang benar-benar penting bagi usaha Anda. Informasi apa yang akan benar-benar Anda butuhkan? Selain neraca perusahaan dan laporan laba rugi, ada beberapa laporan lain yang mungkin dapat dilihat secara teratur untuk membuat perbedaan yang berarti dan positif serta berdampak dalam menjalankan bisnis Anda.

Gunakan Pembukuan untuk Membantu bisnis Anda Tumbuh

Pada titik ini sistem pembukuan Anda akan terkait dengan semua aspek bisnis sehingga Anda dapat membawanya ke tingkat lebih lanjut. Ubah pembukuan menjadi alat yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Tarik beberapa kesimpulan saat meninjau laporan dan bersama dengan tim Anda. Begitu banyak bisnis ingin tahu apakah mereka telah melakukan pekerjaannya dengan baik, tetapi mereka tidak memiliki cara untuk mengukurnya. Kembangkan anggaran bisnis dan Anda dapat membandingkannya dengan performa bulanan. Tidak ada cara untuk mengetahui apakah Anda baik-baik jika Anda tidak memiliki tujuan dan Anda tidak mengukur kinerja Anda terhadap tujuan tersebut.

Buku Transaksi Diulas oleh Profesional

Anda harus memiliki buku-buku Anda ditinjau oleh seorang profesional. Ini bisa dilakukan dalam sebulan sekali, per kuartal, atau per tahun. Tidak harus mahal, Anda hanya harus memastikan semua pekerjaan Anda telah benar terkonfirmasi. Jika Anda melihat laporan yang tidak akurat, maka Anda memiliki penafsiran yang salah atas kinerja bisnis Anda. Membuat keputusan penting dengan laporan keuangan yang tidak akurat adalah pertaruhan berbahaya.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top