Pendanaan UKM Crowdfunding bagi Pelaku UMKM

“Crowdfunding” Akan Menjadi Alternatif Pendanaan Baru bagi Pelaku UMKM

Pendanaan UKM Crowdfunding bagi Pelaku UMKM, Permodalan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, akibat kurangnya akses kepada perbankan dan kurangnya informasi terhadap sumber pendanaan alternatif membuat pelaku UMKM urung mengembangkan usahanya atau menggunakan dana sendiri agar tetap bertahan.

Chief Operating Officer (COO) PT. Mitrausaha Indonesia Grup Iwan Kurniawan menjelaskan, pelaku UMKM belum mengetahui ada alternatif pendanaan di luar perbankan. Selama ini, mereka hanya mengetahui untuk mendapatkan pinjaman harus melalui bank. Sementara tidak semua pelaku UMKM bankable dan memiliki agunan untuk mendapatkan pinjaman.

Metode crowdfunding (urunan dana) adalah mekanisme investasi alternatif berbasis teknologi digital yang bisa digunakan untuk memberikan pinjaman kepada UMKM. Di Tiongkok, metode seperti ini sudah banyak dilakukan sebagai solusi untuk memberikan pinjaman kepada pelaku UMKM dan para start-up atau usaha rintis.

Pada mekanisme crowdfunding ini, para kreditur bisa berasal lebih dari satu pihak. Begitu pula debiturnya, bisa berbentuk institusi atau individu. Selain metode multiple ini, mekanisme crowdfunding juga bisa dilakukan secara person to person (p2p) lending atau seorang atau sebuah institusi bisa memberikan pinjaman khusus kepada satu individu atau institusi.

Perusahaan crowdfunding bertindak sebagai mediator yang mempertemukan kedua pihak tersebut. Melalui perusahaan crowdfunding ini pula, debitur yang akan mendapatkan pinjaman dianalisis terlebih dahulu dengan menggunakan data dari sosial media dan informasi lain berbasis digital.

Pinjaman Modalku (www.modalku.co.id) adalah pinjaman yang melalui proses Jaminan Kredit. “Modalku” adalah merek dagang terdaftar. Seluruh hak kekayaan intelektual telah dilindungi Undang-Undang.

PT Mitrausaha Indonesia Grup (Perusahaan) merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia merupakan perusahaan yang tidak diatur oleh dan/atau dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran pendanaan atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam website ini. Isi dan materi yang tersedia pada website ini dimaksudkan untuk memberikan informasi, dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran atau rekomendasi untuk membeli atau menjual pendanaan, sekuritas atau produk pasar modal atau jasa keuangan lainya. Perusahaan dalam memberikan jasanya hanya terbatas pada fungsi administratif. Perusahaan dan tidak memberikan saran, memberi kewajiban atau kewajiban lainya untuk jasanya. Dana ditempatkan di rekening Modalku, adalah tidak dan tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh Perusahaan seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang Perbankan di Indonesia. Baik Perusahaan atau setiap Direkturnya, Pegawai, karyawan, wakil, afiliasi-afiliasi atau agen-agennya tidak memiliki tanggungjawab terkait setiap gangguan atau masalah yang terjadi atau yang dianggap terjadi, yang disebabkan atau karena kekurangan dari persiapan atau publikasi dari materi yang tercantum pada website Perusahaan. Semua Informasi yang didapatkan dari website Perusahaan akan disimpan sebagaimana diatur dalam Undang-undang 11/2008 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan PP No 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Dan Transaksi Elektronik, Syarat dan Ketentuan dari Perusahaan, dan Pencatatan Data Personal Perusahaan.

Alternatif investasi mudah melalui teknologi terkini, mari berdayakan UKM Lokal dan dapatkan return yang menarik! Inovasi teknologi membuat proses peminjaman menjadi lebih mudah dan aman.

SIAPAKAH MODALKU?

Tim Indonesia bertaraf internasional
Beranggotakan spesialis industri terkait

Pengunaan teknologi mutakhir
Analisa kredit dapat dilakukan secara akurat, tanpa melalui proses berbelit dan memakan waktu

Manajemen risiko yang kuat
Kami memiliki keunggulan dalam penilaian setiap pinjaman yang diajukan

TENTANG MODALKU
Kondisi finansial di Indonesia mendorong terciptanya kebutuhan akan terobosan inovasi dalam mengakses modal dan mengivestasikan dana bagi masyarakat. Terinspirasi dari kesukesan di negara maju lainnya, Modalku menyediakan platform untuk mendukung pertumbuhan pengusaha dan bisnis kecil, serta mendirikan alternatif investasi yang menarik dan terpercaya untuk pemberi pinjaman.

Di Modalku, kami percaya bahwa inovasi dapat berkembang pesat apabila dilandasi dengan kepercayaan. Sebagai platform bagi komunitas, Modalku menerapkan nilai kepercayaan sebagai budaya agar dapat memberikan perlindungan konsumen dan masyarakat luas, menerapkan transparansi penuh atas risk dan return, dan menyediakan pendanaan dan layanan yang tepat waktu untuk peminjam dan pemberi pinjaman.

TEAM MODALKU
Reynold adalah seorang wiraswasta yang bertekad memberikan dampak positif bagi Asia Tenggara. Sebelum mendirikan Modalku, Reynold bekerja sebagai eksekutif di salah satu perusahaan ternama di Indonesia, dengan fokus di operasi dan manajemen tim. Melalui pekerjaannya, Reynold menjadi sadar akan pentingnya dukungan dan pendanaan untuk membantu pertumbuhan UKM. Reynold memegang dua gelar masters: MBA dari Harvard Business School dan Master of Science dari The University of Michigan. Sebelumnya, ia lulus dengan predikat Summa Cum Laude dari jurusan Teknik Industri The University of Michigan. Sebagai wujud jiwa sosialnya, Reynold menjadi co-founder Let’s Go to School, sebuah lembaga nonprofit yang berkomitmen memberikan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu di Jakarta.

Kelvin adalah seorang visioner dengan harapan membuat dampak positif di masyarakat. Dilahirkan di Malaysia, Kelvin pindah ke Singapura di umur 15 melalui program beasiswa. Kadang sebuah kesempatan bisa merubah jalan hidup kita. Kelvin berharap bisa berbagi kesempatan tersebut dengan menolong UKM yang berpotensi tinggi untuk mewujudkan potensi mereka. Sebelum mengembangkan Modalku, Kelvin adalah seorang konsultan manajemen di Accenture dan McKinsey & Co., dimana dia mengembangkan dan menerapkan strategi untuk bank, telekom, dan perusahaan-perusahaan besar lainnya di Asia Tenggara. Kelvin juga menjalankan operasi di KKR Capstone, salah satu perusahaan private equity terbesar di dunia. Dia menerima pendidikan dari Harvard Business School and lulus sebagai Valedictorian di National University of Singapore. Selain itu, Kelvin juga seorang akuntan terakreditasi dan anggota dari Young Professionals Advisory Committee di The Institute of Singapore Chartered Accountants.

Iwan Kurniawan merupakan Sosok inovator yang bercita-cita memberikan dampak sosial secara optimal melalui pendobrakan tradisi. Selama karirnya, Iwan seringkali dipaparkan pada tantangan finansial yang dialami oleh Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan pengusaha mikro di Indonesia, serta turut menyaksikan dampak positif yang diberikan peer-to-peer lending kepada masyarakat melalui pengalaman kerja terkait FinTech di Cina. Sebelum di Modalku, Iwan merupakan seorang konsultan manajemen di Oliver Wyman yang berbasis di Singapura, dimana ia membangun strategi pertumbuhan dan model operasional manajemen risiko untuk bank dan institusi keuangan di seluruh Asia. Ia pun merupakan seorang konsultan strategi untuk perusahaan dan institusi pemerintahan di Indonesia dalam suatu perusahaan boutique consultant. Selepas masa kuliah, Iwan mengantongi gelar Bachelor of Science in Applied Economics & Management dari Cornell University.

APA ITU ALTERNATIF INVESTASI MODALKU?

  • Registrasi Online secara singkat dan mudah
  • Diversifikasi pinjaman usaha yang ingin didanai
  • Dapatkan pengembalian pokok dan bunga secara bulanan

Untuk mengetahui lebih jauh, silahkan lihat Forum, Kami percaya tindakan kami jauh lebih berharga dari janji kami. Inilah alasan mengapa founders dan beberapa teman kami yang bekerja di Modalku ikut memberikan pinjaman di setiap pinjaman yang kami tawarkan. Sering kali senilai puluhan juta rupiah di setiap pinjaman. Ketika kami berkomitmen mengalokasikan dana pribadi kami sendiri ke UKM, setiap pertanyaan yang pemberi miliki juga kami miliki dan kami berkomitmen penuh untuk menerapkan cara pemberian pinjaman terbaik di dalam pekerjaan kami. Kami di sini bersama Anda.

MENGAPA MODALKU?
Alternatif investasi yang terjangkau
Dimulai dari Rp. 1 juta dengan minimum deposit Rp. 10 juta
Risk Exposure yang terkendali
Menggunakan analisis kredit yang ketat, diversifikasi Portfolio, dan asuransi kredit
Return menarik hingga 18% p.a.
Dapatkan return yang lebih besar dari deposit biasa
Lipat gandakan return Anda dengan compounding effect. Pelajari di sini!
Kendali penuh atas alternatif investasi yang anda miliki
Teknologi yang dapat membantu dan memudahkan anda
Review ketat untuk para peminjam
Lebih ketat dari review yang dilakukan oleh bank dan multifinance

DIVERSIFIKASI & PENDANAAN ULANG
Minimalkan Risiko Anda!

Risiko terhadap setiap calon peminjam selalu ada dan tidak dapat dieliminasi. Bagaimana cara meminimalkan risiko Anda di Modalku?
Apa itu diversifikasi?     Maksimalkan Keuntungan Anda!
Manfaatkan cicilan pinjaman yang Anda terima setiap bulan! Ingin memaksimalkan keuntungan Anda sehingga dana awal berlipat ganda.

modalku

Sumber: https://modalku.co.id/

 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply