Pengertian Konsep Pemasaran dan Strategi Pemasaran

Pengertian Konsep Pemasaran dan Strategi Pemasaran,  Setiap manajemen mempunyai kontribusi pada saat perencanaan strategi. Pemasaran mempunyai peranan yang paling besar terhadap lingkungan eksternal (konsumen) , sedangkan sebuah perusahaan hanya memiliki sedikit dari kendali eksternal tersebut.

Maka dari itu pemasaran mempunyai peranan penting dalam pengembangan strategi. Pemasaran mempunyai peranan untuk mencangkup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan konsumen untuk memberikan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan dua masalah pokok.

Kedua masalah tersebut adalah :

Pertama, jenis usaha apa yang akan dilakukan saat ini dan juga jenis usaha yang akan dapat dimasuki dimasa mendatang.
Kedua, bagaimana menjalankan bisnis yang telah dipilih untuk menjadi sukses dalam persaingan kompetitif dengan dasar perspektif produk, harga, promosi dan distribusi untuk melayani pasar sasaran.

Dalam penyusunan strategi pemasaran mempunyai dua dimensi yaitu dimensi saat ini dan masa mendatang.Untuk dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah terjalin antara perusahaan dengan lingkungannya.

Sedangkan dimensi yang akan datang mencangkup hubungan yang  akan datang yang diharapakan akan terjalin dan program yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Adapun pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, diantaranya adalah:

Bannett (1988) mendiskripsikan sebagai pernyataan terbaik mengenai bagaimana suatu produk untuk mencapai tujuannya.
Tull dan Kahle (1990) mendefinisikan sebagai alat yang sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan yang sebelumnya telah direncanakan dengan mengembangkan daya saing untuk melayani pasar sasaran.

Strategi pemasaran merupakan bagian dari strategi bisnis yang memberikan arah pada semua fungsi manajemen sebuah perusahaan.

Menurut orey (dalam Dolan, 1991) strategi pemasaran terdiri dari lima elemen.

Pemilihan pasar, yaitu memilih pasar / konsumen untuk dilayani oleh produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan.
Perencanaan produk, ini seperti spesifikasi, kelebihan produk kita dari produk pesaing, dan yang jelas manfaat yang akan diterima bila konsumen membeli produk kita. Manfaat meliputi nama (brand) dari produk, ketersediaan, garansi, dan bantuan teknis.
Penetapan harga, ini sangat penting sebelum produk kita luncurkan di pasar kita harus mempertimbangkan dengan matang matang. Harga ini harus sesuai dengan sasaran pasar yang perusahaan pilih.
Sistem distribusi, penyaluran produk dari perusahaan kepada pedagang ecer atau grosir hingga mencapai tangan akhir dari konsumen.
Promosi, ini sangat penting bagi penjualan produk dari perusahaan. Promosi ini dapat dilakukan melalui periklanan, personal selling, dan public relations.

Kemampuan strategi pemasaran suatu perusahaan untuk menanggapi perubahan perubahan yang ada dalam pasar dan juga mempertimbangkan biaya tergantung pada analisis terhadap beberapa faktor, seperti faktor lingkungan, pasar, persaingan, analisis kemampuan internal, perilaku konsumen, analisis ekonomi.

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply