Penjual Sate Maranggi Cibungur Purwakarta Omzet Milyaran Perbulan

Sate Maranggi Cibungur Purwakarta Hj. Yetty Penjual Sate Terkaya di Dunia, Sate Maranggi merupakan kuliner khas indonesia yang berasal dari Purwakarta- Jawa Barat. Bahan utama dari Sate Maranggi purwakarta adalah daging kambing & daging Sapi. disetiap sudut Kota Purwakarta sebagian besar menjajakan sate Maranggi ini. ada yang menjual sate maranggi dengan cara berkeliling & ada juga di warung-warung sudut kota Purwakarta.

Sate maranggi terkenal dengan dagingnya yang empuk sehingga menjadikan pecinta kuliner sate selalu ketagihan dibuatnya. tampilanya tidak jauh berbeda dengan sate-sate pada umumnya. perbedaanya akan terasa saat anda mencicipi sate Maranggi ini pada gigitan pertama. rasa daging yang khas seperti memakan daging dendeng beserta aroma rempah-rempah yang khas menjadikan kuliner yang satu ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

 

Ratusan orang memenuhi meja-meja di Sate Maranggi Hj Yetty, di Jalan Raya Cibungur, Purwakarta. Melihat penuhnya sentra kuliner kebanggaan Purwakarta itu, agak pesimis bisa dilayani cepat. Padahal perut sudah lapar, udara panas, dan jalan dari Pintu Tol Pondok Gede Jakarta ke lokasi lumayan macet. Sekitar 4,5 jam menempuh jarak 75 kilometer baru tiba di lokasi.

 

LOKASI ALAMAT SATE  MARANGGI HAJI YETTY PORWAKARTA

Libur panjang di akhir pekan ini, karena tanggal merah perayaan Kenaikan Isa Almasih, menyebabkan arus lalu lintas dari Jakarta melalui Cikampek sangat padat. Sebagian yang mengambil jalan lama, mampir untuk menikmati Sate Maranggi di Cibungur.

Beruntung, ada satu meja yang ditinggalkan pengunjung yang usai santap siang. Saya dan keluarga duduk, dan memesan 50 tusuk sate kambing, 20 tusuk sate sapi, 10 tusuk sate ayam, satu asinan, semangkok sop kambing, dan tiga gelas es kelapa muda.

Penyaji menaruh beberapa bungkus nasi yang sudah dibungkus daun pisang dan empat gelas teh tawar hangat. Seporsi, isinya 10 tusuk, dengan harga Rp 40.000. Lima menit setelah pesanan dibawa penyaji, sate sudah siap di meja kami. Wow! Pelayanan cepat.

Jumlah penyaji cukup banyak, dan melayani semua gerai. Selain sate sebagai menu andalan, ada gerai karedok, gado-gado, sop dengkul sampai asinan.

Dulu kami sering makan di Sate Maranggi Cibungur ini jika pergi ke Bandung. Lokasinya luas, dikelilingi pepohonan Jati. Kini bangunan makin bagus, dilengkapi dengan toko cinderamata dan oleh-oleh. Mushola juga tersedia.

Baca Juga: Kantong Plastik Tak Lagi Berbayar Apa Alasannya

Saya lupa berapa lama tak ke lokasi. Makanya agak pangling melihat perkembangannya. Saya memang mengikuti dari media sosial bahwa pemerintah kabupaten giat mendorong promosi kuliner andalan ini.

Pakar periklanan Subiakto Priosoedarsono bahkan diminta pemerintah daerah untuk menjadi konsultan “branding” bagi usaha kecil dan menengah Sate Maranggi. Bahkan, saat Presiden Joko “Jokowi” Widodo ke Washington DC, AS, Oktober 2015, pakar kuliner William Wongso memasak menu Sate Maranggi untuk acara di sana.

LIPUTAN HJ YETTY

Apa yang istimewa? Beberapa tahun lalu, seingat saya, ukuran dagingnya cukup besar. Kini mengecil, tapi saya memahami karena harga daging juga mahal. Sate Maranggi tak perlu bumbu kacang atau bumbu kecap cabe sebagaimana kebiasaan kita makan sate kambing.

Daging kambing, sapi, maupun ayam sudah dibumbui. Agak manis. Saya pernah membuat sate manis, saya bumbui dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, gula merah, jahe dan kecap manis.

Apakah ini bumbunya? Terus-terang saya tidak cek. Sate Maranggi Cibungur melengkapi sajiannya dengan semacam sambal tomat. Irisan tomat dominan.

Pak Haji Deden, salah satu senior di Sate Maranggi Cibungur mengatakan bahwa pada hari libur, mereka menyiapkan satu ton daging. Ini dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

“Kebanyakan memesan sate kambing. Tapi sate sapi dan sate ayam juga lumayan,” ujar Haji Deden, sambil membalik deretan sate yang tengah dibakar.

Baca Juga: Anak 19 Thn Omzet 300 Juta dari Keripik Pisang

Melihat “dinamika” di dapur tempat menyiapkan makanan di resto ini, terutama ribuan tusuk daging sate, kita bisa membayangkan sukses sebuah usaha yang dimulai sejak 1985.

Nah, mumpung akhir pekan, mengapa Anda tidak mencoba ke kuliner ini? Kalau pas waktu berangkatnya, bisa terhindar dari macet, lho. Selain kelezatannya, nikmat menyantap sate ini karena suasananya. Siap-siap berkeringat.

Menu Sate Maranggi Cibungur Manis Gurih Sate Daging yang Bikin Ketagihan

Dagingnya empuk dengan bumbu gurih manis yang meresap. Dinikmati hangat dengan irisan tomat yang dicampur dengan gerusan cabai rawit hijau. Ah, sedapnya!

Ya, sekali mencicipi sate ini dijamin pasti ketagihan. Sate khas Purwakarta ini pun disukai banyak orang. Sangat populer di saat mudik karena lokasinya tak jauh dari pintu tol Cikampek.

Tampilan warung sate maranggi Cibungur ini agak berubah dibandingkan beberapa tahun silam. Tempat makan yang berupa bangku-bangku dan meja makan panjang ditata di tempat lebih luas. Tempat membakar sate dan parkir juga lebih lebar.

Aroma wangi semerbak sate yang sedang dibakar langsung terendus saat kami duduk di meja. Beberapa panggangan berisi arang batok kelapa tak henti-henti mengepulkan asap wangi.

 

Ada beberapa baskom berisi puluhan sate yang siap dipanggang. Bisa pilih sate kambing, sate sapi atau sate ayam. Selain sate bisa memesan menu lain. Ada ayam bakar, ikan bakar, pepes ati ampela, sup kambing, soto daging, gado-gado, karedok hingga siomay.

Belum lama duduk menunggu sate disajikan. Ada pramusaji menawarkan tutut (kerang sawah), asinan sayuran, buah potong segar hingga tahu dan tempe goreng. Kalau berminat bisa langsung diambil. Harganya berkisar Rp. 15.000 per porsi.

Sepuluh tusuk sate daging (Rp.40.000) disajikan dengan irisan tomat yang dicampur dengan gerusan cabai rawit hijau. Aromanya wangi dengan segar aroma tomat.

Dagingnya dipotong kecil dengan selingan potongan lemak. Per tusuk ada sekitar 4 potong. Tusuk satenya juga tak terlalu padat berisi daging. Warnanya kecokelatan sedikit berminyak.

 

Rasanya manis gurih dengan aksen ketumbar yang renyah dan bawang yang wangi. Sate ini berbeda dengan sate yang umumnya berupa potongan daging yang dibakar langsung.

Potongan dagingnya dibumbui dan direndam bumbu selama beberapa saat. Rasa bawang merah, bawang putih, ketumbar dan manis gula merah terasa meresap ke dalam daging. Mirip dengan bumbu empal. Hanya saja ada sedikit jejak rasa asam Jawa yang kecut enak.

 

Tekstur dagingnya empuk, ini karena direndam bumbu dalam waktu lama. Pemakaian asam Jawa membuat tekstur daging lunak dan rasanya enak. Juga karena pemakaian daging sapi muda sehingga lemaknya lembut juicy.

Sate ayam dan kambing tak jauh beda rasanya. Hanya saja sate ayamnya terasa lebih ringan bumbunya. Jodoh sate yang gurih ini adalah racikan ‘salsa’ khas warung Cibingur.

Tomat merah segar setengah masak diiris tipis dan diaduk dengan cabai rawit merah dan bawang putih. Rasanya renyah asam segar sekaligus pedas. Kontras rasanya dengan rasa sate. Tetapi justru terasa enak di mulut.

Sate tanpa bumbu kacang dan direndam bumbu sebelum dibakar merupakan ciri khas sate maranggi. Sate yang dirintis oleh Hajjah Yeti ini tak punya cabang di lokasi lain.

Konon nama maranggi diberikan oleh pelanggannya karena 25 tahun silam saat ia membuka warung sate, sate racikannya tak punya nama. Disebut maranggi karena mirip dengan sate dari Eretan, Kedunghaur, Indramayu.

Baca Juga: Pameran Untuk Promosi UKM

Kalau suka, bisa disantap dengan nasi hangat yang disajikan dalam bungkusan daun pisang (Rp. 6.000). Beberapa orang suka menambahkan kecap manis. Namun, jika disantap begitu saja rasa manisnya sudah pas.

Jodoh paling pas buat mengiringi santapan sate ini adalah es kelapa muda (Rp. 15.000) yang disajikan dalam gelas stainless steel. Kelapa muda yang dikeruk halus diberi sirop vanili yang wangi dan es batu.

Sebagai pendamping tutut yang direbus dengan bumbu gurih pedas juga enak. Disedot-sedot sambil mencungkili dagingnya yang kenyal.

Sebagai pencuci mulut bisa memilih potongan buah segar atau colenak. Tape bakar yang diberi siraman sirop gula merah dan taburan kelapa parut.

Rasa sate yang khas ini membuat banyak orang menjual sate yang mirip dengan sate Cibungur. Karenanya hampir di seluruh pelosok Purwakarta mudah ditemui sate ini.

Namun, kalau mau yang asli Anda harus ke Cibungur. Lokasinya mudah dicari. Kalau dari arah Jakarta, keluar tol Cikampek, belok ke kanan, dan sekitar 3,3 km warung sate yang tak pernah sepi ini ada di sisi kiri. Ke Purwakarta, jangan lupa mampir ke sate maranggi ini!

 

Harga sate maranggi cibungur 2016 | Pejarah sate maranggi cibungur | Pemilik sate maranggi cibungur | Sate maranggi cibungur bulan puasa | Sate maranggi cibungur alamat

 

Alamat Sate Maranggi Cibungur – tidak ada cabang
Jl. Raya Cibungur
Purwakarta
Telpon: 0264-351077

Sumber: berbagai sumber

Save

Save

Save

Save

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply