Pemasaran Efektif untuk UKM Dengan Video Marketing


Digital marketing video atau video marketing merupakan salah satu strategi dari pemasaran melalui internet. Selain menggunakan tulisan, pemasaran melalui video juga menjadi salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh para pelaku usaha.

Adanya media sosial juga telah menjadi wadah yang menampung banyaknya ide-ide para pebisnis yang membuat video marketing. Lalu apa itu sebenarnya digital marketing video? Seberapa berpengaruhkah digital marketing video dalam sebuah bisnis UKM?

Apa itu Digital Marketing Video?

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang belum banyak dilirik oleh pelaku usaha UKM. Padahal, strategi pemasaran melalui video termasuk cara jitu untuk menggaet para pelanggan.

Video yang diunggah pun biasanya bukanlah sebuah iklan biasa yang menyuruh penontonnya untuk membeli produk tersebut. Kebanyakan dari video marketing menarik perhatian penonton dengan jalan cerita yang dibuat seperti film atau drama.

Hal ini cukup ampuh karena video marketing memiliki kekuatan tersendiri, sehingga jauh lebih mudah untuk menarik perhatian audiens melalui video dibandingkan dengan konten yang tertulis.

Seberapa Besar Pengaruh Video Marketing pada Perkembangan Bisnis UKM Anda?

Semakin hari, pengguna media sosial seperti Youtube dan Instagram semakin berkembang. Hal inilah yang akhirnya membuat popularitas video marketing semakin naik dan menjadi trend. Mengapa? Karena video marketing disajikan secara menarik dan komunikatif.

Tentu saja hal ini berpengaruh pada produk-produk yang Anda keluarkan. Menggunakan video marketing terbukti merupakan cara yang efektif untuk melakukan promosi. Berikut cara video marketing mempengaruhi bisnis Anda.

Memperkenalkan Brand yang Anda Miliki

Membuat video marketing terbukti efektif dalam mengenalkan sebuah produk. Video marketing bisa ditaruh di media sosial ataupun website yang Anda miliki. Hal ini tentu tak luput dari media sosial yang bisa menjangkau banyak kalangan, dan akhirnya membuat sebuah produk menjadi lebih mudah dikenali.

Video Marketing Meyakinkan Kualitas Produk Suatu Bisnis

Video marketing biasanya juga berisi testimoni atau tanggapan dari pelanggan. Karena itulah, video marketing sangat berguna untuk menghindari black campaign (fitnah dan tidak relevan untuk diungkapkan) yang dapat mengancam kesejahteraan bisnis Anda. Adanya testimoni juga membuat pelanggan baru yakin akan kualitas yang Anda miliki.

Menjangkau Pasar Secara Global

Tujuan utama promosi adalah agar dapat menjangkau lebih banyak pasar, dan video marketing sangat berpotensi untuk melakukan hal itu. Kemudahan dalam mengakses internet membuat Anda berkesempatan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Adanya media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk meng-upload video seperti Instagram dan Youtube, membuat video marketing semakin diminati.

Anda tak perlu lagi membayar biaya iklan di televisi. Cukup mengungga video yang telah dibuat, maka semua orang bisa menontonya. Lalu, kelebihan dan kekurangan apa yang dihasilkan oleh video marketing?

Kelebihan Video Marketing

Kelebihan yang diberikan oleh video marketing membuat cara pemasaran jenis ini menjadi yang terbaik. Berikut beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan video marketing sebagai cara Anda pemasaran.

Cepat Meraih Target

Video marketing bisa dengan cepat meraih target konsumen dalam waktu yang singkat karena dibantu dengan adanya media sosial. Penonton yang tertarik biasanya akan melakukan re-posting, re-tweeting, dan lainnya sehingga membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Adanya Tambahan Audio Visual

Perbedaan yang paling signifikan antara konten video dengan konten tertulis adalah adanya tambahan audio visual yang menampilkan suara, wajah, dan bahasa tubuh seseorang dalam menyampaikan suatu pesan. Hal ini dinilai menarik karena akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan konten berbentuk tulisan.

Tidak Hanya Memperkenalkan Merek

Video marketing memiliki kelebihan lain yakni bukan hanya dapat memperkenalkan merek, namun juga dapat memberikan hiburan bagi para penontonnya.

Menyederhanakan Kerumitan

Dikarenakan bentuknya yang berupa video, maka kerumitan jarang sekali ditemukan. Jalan cerita dibuat sesederhana mungkin agar penonton dapat memahami isi cerita dengan baik dan tanpa rasa bosan.

Kekurangan Video Marketing

Memiliki banyak kelebihan, bukan berarti video marketing tidak memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan video marketing.

Biaya yang Cukup Tinggi

Walaupun di-upload secara online dan tidak memerlukan biaya iklan di televisi, Anda tetap membutuhkan sejumlah biaya yang dipergunakan untuk produksi video marketing tersebut. Selain itu, Anda juga harus memikirkan naskah, jalan cerita, properti, pemainnya, serta proses editing.

Jika Anda mampu membuat video marketing yang tidak biasa dan mampu menarik perhatian konsumen, maka efeknya akan lebih banyak dari marketing tertulis.

Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan jasa outsource untuk dibuatkan video marketing, namun berarti Anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya dibanding memproduksinya sendiri.

Cepat Termakan Waktu

Video marketing yang bagus akan memberikan dampak yang besar kepada penjualan produk dan bisnis Anda. Sayangnya, konten video sering kali mengikuti perkembangan atau suatu trend yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat.

Hal itu membuat konten video hanya relevan pada waktu tertentu saja. Anda harus memperbarui video marketing lain jika suatu saat muncul trend baru lagi dikalangan mayarakat. Misalnya saja, Anda membuat video marketing mengenai bulan Ramadhan, maka di bulan depan video tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Alasan Mengapa Video Marketing Cocok untuk Bisnis UKM

Banyak pebisnis diluar sana, khususnya pemula, menganggap bahwa strategi pemasaran cukup dilakukan melalu tulisan saja. Padahal, video marketing juga merupakan cara jitu untuk menarik minat pelanggan. Mengapa? Berikut beberapa alasan video marketing sangat cocok untuk UKM

Warga Internet Senang Menonton Video

Sebagian besar pengguna internet lebih senang menonton sebuah tayangan. Apalagi, jika tayangan yang Anda buat memiliki jalan cerita yang tidak biasa. Namun, Anda tetap harus memperhatikan durasi video marketing yang Anda buat.

Meskipun pengguna internet lebih senang menonton video, bukan berarti Anda harus membuat video yang berdurasi panjang. Buat saja secukupnya agar penonton tidak merasa bosan.

Bisa Terhubung dengan Konsumen

Sama dengan cara marketing lainnya, video marketing juga bisa membuat Anda terhubung dengan konsumen. Saat Anda mengunduh video marketing di beberapa media sosial, konsumen bisa memberikan komentar mereka mengenai video tersebut dan membagikannya kepada orang lain. Secara tidak langsung, konsumen Anda telah melakukan promosi pada produk yang Anda jual.

SEO Friendly

Situs berbagi video seperti Youtube sering kali tampil pada bagian teratas mesin pencari Google. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk mencari atau menemukan video marketing yang Anda buat. Selain itu, situs berbagi video juga merupakan salah satu aplikasi Google yang paling sering dibuka oleh pengguna internet.
Membangun Kepercayaan Konsumen

Mendapatkan kepercayaan konsumen adalah hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, Anda bisa menggunakan video marketing sebagai media untuk mengenalkan dan menyampaikan bisnis serta produk-produk yang Anda miliki.

Tipe Konten Video Marketing di Indonesia

Masyarakat Indonesia termasuk pemilih dalam menonton sebuah tayangan. Jika video marketing yang Anda buat tidak menarik, maka masyarakat tidak akan tertarik dengan video marketing Anda. Berikut tipe konten video marketing yang disukai oleh masyarakat Indonesia

Branded Films

Branded films merupakan kolaborasi antara visi pembuat film dan nilai sebuah perusahaan. Tipe video marketing yang satu ini biasanya dibuat menyerupai sebuah film yang mencantumkan produk penjualan ditengah ataupun akhir cerita.

Web Series

Mirip dengan branded films, web series juga bergantung pada kekuatan cerita dan visi pembuat film. Yang membedakan antara web series dengan branded films adalah durasi dan banyaknya cerita. Branded films hanya terdiri dari satu video untuk satu produk, sedangkan web series terdiri dari beberapa episode.
Educational Video

Di dalam sebuah video marketing, pasti akan ada sebuah isu yang diangkat. Dalam sebuah isu yang diangkat tersebut biasanya akan berisi sebuah informasi yang bisa dibagikan kepada konsumen. Educational video biasanya disukai karena konsumen suka mempelajari sesuatu hal yang baru secara singkat, cepat, dinamis, dan menghibur.

Profile Video

Profile video bisa dibuat untuk membangun kpercayaan konsumen. Misalnya dengan membuat sejarah dan perjalanan perusahaan dalam bentuk video. Konsep profile video harus dibuat menarik dan tidak membosankan.
Documentary Video

Di Indonesia, jenis video ini sedang banyak digunakan. Dengan menghadirkan kisah-kisah inspiratif, documentary video bermaksud agar penonton dapat terisnpirasi.

Tutorial Video

Video tutorial merupakan media yang digunakan untuk menjelaskan produk Anda. Baik secara pengenalan fitur dan desain, hingga cara efektif untuk memperkenalkan produk baru maupun membuat pelanggan Anda mengerti tentang cara menggunakan produk Anda.

Cara Membuat Video Marketing

Melakukan sebuah strategi pemasasaran tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Perlu adanya persiapan yang matang agar menghasilkan video yang bagus dan diminati.

Berikut cara membuat video marketing:

Tentukan Target

Seperti yang telah diketahui bahwa video marketing memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu target yang ingin Anda capai dari video marketing tersebut. Setiap target memiliki konsep, persiapan dan cara berbeda dalam pembuatannya. Menentukan target akan membuat video marketing Anda lebih efektif dan maksimal

Buatlah Konsep

Konsep yang dimaksud disini ialah penentuan jalan cerita, pemeran, serta mempersiapkan narasi hingga lokasi yang akan Anda gunakan.

Membuat Persiapan

Setelah target dan konsep sudah tersusun secara matang. Maka Anda tinggal mempersiapkan semua perlengkapan dan peralatan untuk pengambilan video. Selain itu, persiapkan juga kostum dan properti yang akan digunakan.

Proses Editing

Tahan ini merupakan tahap akhir yang bisa dikatakan sebagai penentu. Dengan adanya proses editing, video yang Anda buat menjadi lebih menarik. Biasanya proses editing dilakukan menggunakan beberapa aplikasi khusus yang digunakan untuk mengedit sebuah video

Banyaknya keuntungan yang didapatkan video marketing membuat Anda semakin tergiur dan mencoba menggunakan strategi ini kan? Cobalah untuk membuat video yang kreatif serta tambahlah pengetahuan Anda mengenai cara membuat video marketing yang menarik. Selamat mencoba.

Previous Rahasia Meraih Profit 10 juta Sebulan Bagi UKM
Next Panduan Lengkap Cara Beriklan di Facebook Ads untuk Pemula

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *