Pertanyaan Pelaku Usaha UKM dalam Analisa Pasar

bisnis-ukm-solo-pabrik-sabun-herbal.jpg

Pertanyaan Pelaku Usaha UKM dalam Analisa Pasar – Pasar bisnis adalah semua organisasi yang mendapatkan atau menerima barang dan atau jasa yang dipakai dalam memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau dipasok terhadap pihak atau organisasi lain.

Pertanyaan Pelaku UKM dalam Analisa Pasar buat Bisnis Optimal bagi Para Wiraswasta

Beberapa industri yang masuk dalam pasar bisnis diantaranya pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, perusahaan manufaktur, kontruksi, transportasi, komunikasi, sarana biasa, perbankan, keuangan, asuransi, distribusi serta jasa-jasa.

Bila Anda berharap membuat atau merintis bisnis maka berharap tak mau, Anda sepatutnya membuat business plan. Dan salah satu analisis dalam business plan atau rencana bisnis ialah membikin analisis dari pasar bisnis.

Berikut model isi dalam analitik pasar bisnis dalam business plan Anda. Analisis pasar bisnis ini memuat antara lain:

1. Kepada siapa Anda akan memasarkan / gambaran target pasar?

Umpamanya sasaran Anda adalah wanita usia 18­30 tahun, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan patut dikemas layak dengan target pasar tadi. Sebagai contoh: Anda memiliki bisnis spa, maka melalui spa tadi Anda sepatutnya bisa membangun citra diri bagi konsumen Anda (wanita umur 18­30 tahun), merupakan muda, keren, seksi, dsb.

Pertanyaan dalam Analisa Pasar buat Bisnis Optimal bagi Para Wiraswasta

Gambaran pasti perihal sasaran pasar ini betul-betul penting bagi bisnis Anda, sebab bisa membantu Anda berpikir dalam mempertimbangkan karakteristik dalam bisnis yang Anda jalankan;

2. Mengapa mereka (para calon konsumen Anda) membeli produk / jasa ini?

Konsumen tertarik pada produk / jasa ini bisa karena popularitas atau yakni kebutuhan. Oleh karena itu Anda patut terampil­pintar menawarkan produk yang Anda miliki. Lebih bagus lagi sekiranya Anda dapat membuat produk yang sesungguhnya hanya kemauan, menjadi kebutuhan utama. Sebagai contohnya spa.

Mungkin dahulu spa dianggap sebagai kemewahan, melainkan seiring dengan perkembangan jaman, spa dianggap sebagai keperluan. Keperluan untuk relaksasi, menyegarkan pikiran, dan lainnya.

3. Mengapa mereka membeli dari Anda?

Anda mesti yakin, konsumen membeli dari Anda sebab produk yang Anda tawarkan berbeda atau tidak sama dengan produk lain yang sejenis. Apa yang membedakan? Nah, itulah yang akan menjadi keunggulan kompetitif bisnis Anda! Produk yang Anda tawarkan haruslah mengandung sesuatu yang unik dan sesuatu yang tak dapat ditiru dengan cepat oleh para pesaing.

Pertanyaan Pelaku UKM dalam Analisa Pasar buat Bisnis Optimal bagi Para Wiraswasta

Sebagian contoh keunggulan kompetitif: biaya, teknologi, merek, mutu produk, tampilan / kemasan, citra diri bagi si pembeli, monopoli lokal (misalnya menjadi satu­satunya spa di kawasan hal yang demikian), lokasi (umpamanya spa dengan pemandangan terbaik), distribusi, pembelian (umpamanya konsumen akan mendapatkan produk eksklusif atau satu­satunya), layanan pendorong purna jual, dan lainnya.

Bagaimana Anda mendistribusikan produk / jasa?

Apabila produk yang Anda tawarkan membutuhkan jalur distribusi karenanya perlu dipikirkan jauh­jauh hari sebelumnya merupakan pada sistem pendistribusiannya pada konsumen. Perlu dipertimbangkan apakah produk akan dijual langsung melalui telepon, display lewat toko, penjualan lewat dunia online, atau dengan katalog per pos. Atau mungkin Anda akan menjual melewati agen, pedagang grosir, atau pengecer.

Segala harus dipertimbangkan, karena bagaimanapun cara Anda mendistribusikan produk, Anda semestinya yakin bahwa distribusi ini akan sukses. Melewati alternatif distribusi ini, yakinkan juga para konsumen bahwa hal ini akan berjalan tepat sasaran dibanding dengan cara­metode lain yang tak Anda pilih.

Secara lazim siapa saja yang menjadi pesaing Anda?

Cermati dan pelajari bagus­bagus siapa yang menjadi pesaing usaha Anda. Cari tahu siapa saja pesaing Anda, sekaligus bagaimana bisnis mereka beroperasi. Para pesaing ini bisa jadi adalah orang­orang yang berharap “menyingkirkan” Anda dari bisnis. Perlu pula Anda pikirkan strategi yang akan Anda lakukan untuk menguasai mereka.

Perhatikan juga apa yang dapat mereka lakukan untuk menyerang Anda. Gambarkan dan prediksikan seteliti mungkin ukuran, tenaga, kelemahan dan sarana operasi mereka. Dengan kata lain, Anda sepatutnya mengerti betul “tenaga lawan” sehingga Anda bisa mengalahkan mereka.

Bagaimana mereka berkompetisi?

Perhatikan baik-baik para pesaing yang ada, bagus itu pemain lama maupun baru. Mereka segala yaitu saingan Anda. Jangan anggap enteng para pemain baru. Dapat jadi mereka jauh lebih “berbahaya” dibandingkan pemain lama.

Bagaimana Anda dapat menjelang pasar?

Untuk dapat menjelang pasar, Anda perlu tahu seberapa besar porsi pasar yang masih terbuka bagi produk Anda. Selain itu, Anda perlu mewujudkan produk yang mempunyai skor tambah yang dibutuhkan pelanggan, bagaimana metode terbaik membikin produk hal yang demikian, serta bagaimana caranya mendayagunakan seluruh potensi produk untuk bisa bersaing secara menguntungkan.

Kecuali analitik pasar modal, Anda juga wajib mengerti dan memahami tentang dunia industri. Dalam business plan juga dicantumkan mengenai analitik industri. Analisis industri ini meliputi strength (daya), weakness (kelemahan), opportunity (kans), dan threat (hambatan / kendala) atau umum disebut SWOT, yang memuat keadaan industri secara internal dan eksternal, yang akan dijabarkan lebih detil dalam analisa pasar.

Sekian informasi mengenai Pertanyaan dalam Analisa Pasar buat Bisnis Optimal bagi Para Wiraswasta, semoga post kali ini membantu kawan-kawan semua. Mohon artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

 

scroll to top