Rencana Bisnis UKM Simple Tapi Mendatangkan Omset Besar

bisnis-ukm-solo-Strategi-Pemasaran-bisnis.jpg

Rencana Bisnis UKM Simple Tapi Mendatangkan Omset Besar – Selain modal, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan sebelum membangun sebuah bisnis. Itu artinya modal saja belum lah cukup. Perlu pemahaman yang baik pada hal hal lainnya agar bisnis Anda benar benar sukses besar.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita membuat plan bisnis. Dengan adanya plan bisnis atau rencana bisnis, maka usaha yang kita jalankan selalu terang, terarah dan fokus. Perhatikan saja para pebisnis besar, rata rata mereka membuat plan besar yang diikuti oleh plan kecil dan detail.

Fungsi rencana bisnis selain untuk usaha baru, ternyata juga berfungsi untuk menyelamatkan usaha yang sudah berjalan. Oleh sebab itu, kita bisa melihat bahwa rencana atau plan bisnis harus diterapkan. Baik itu bagi perusahaan UKM atau perusahaan besar.

Rencana Bisnis UKM

Untuk menyusun sebuah rencana bisnis, lakukanlah dengan hati hati dan penuh dengan analisa. Tujuannya tentu agar rencana Anda tepat sasaran. Nah berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda perhatikan ketika menyusun rencana bisnis UKM.

Memaksimalkan Pengetahuan Anda Tentang Rencana Bisnis
Semakin mahir seseorang biasanya akan semakin jago pada suatu bidang. Begitu juga ketika membuat plan bisnis ini. Anda harus memahami dengan benar tentang apa itu rencana bisnis.

Dari mana saya harus belajar?

Tenang saja, sekarang ini teknologi sudah canggih, ada begitu banyak tutorial yang menjelaskan tentang apa itu rencana bisnis Bagaimana cara membuatnya dan apa saja yang harus diperhatikan.

Dengan teknologi, Anda bisa membaca artikel di internet, Anda bisa menonton video bahkan Anda bisa komunikasi langsung dengan para pakar bisnis yang ada sekarang ini.. Manfaatkan saja teknologi tersebut untuk tujuan Anda yaitu membuat plan bisnis yang tepat.

Buatlah rencana bisnis dengan catatan yang jelas, jangan hanya di ingat saja. Buat konsep dengan rinci antar rencana. Ini penting!!!!.

Sebagai contoh, katakanlah Anda mencari investor, lalu investor meminta penjelasan tentang rencana bisnis Anda. Anda tentu dapat dengan mudah memberikan penjelasan karena semua sudah tercatat kan?

Itulah alasan yang sangat kuat, mengapa plan bisnis harus dibuat sungguh sungguh, jangan hanya di ingat saja.

Terukur dan Jelas

Ketika membuat rencana bisnis, kita juga harus membuat perencanaan yang terukur dan realistis berdasarkan potensi yang ada. Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan target berapa jumlah penjualan dan omset Anda dalam jangka waktu tertentu.

Apa tujuannya?

Dengan cara tersebut, Anda bisa lebih fokus dan bergerak sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Kegiatan Anda pun terarah dengan baik.

Setelah tujuan tercapai, Anda bisa menerapkan tujuan yang lebih tinggi lagi. Sehingga step step kesuksesan bisnis Anda dilalui dengan baik.

Memahami Potensi Pasar

Setelah Anda memahami bagaimana cara membuat rencana bisnis, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memahami potensi pasar yang ada. Karena setiap bisnis pasti butuh pasar, semakin jago Anda menguasai pasar, sudah dapat dipastikan binsi Anda mudah berkembang.

Pada langkah ini, Anda harus bisa melakukan riset dan mengumpulkan data. Atau mungkin Anda melakukan percobaan terlebih dahulu dengan cara terjun langsung ke lapangan.

Setiap bisnis punya pasar pangsa pasar masing masin. Sehingga Anda harus pintar menyesuaikan agar plan bisnis Anda berjalan dengan baik. Dan kesuksesan bisnis Anda mudah tercapai.

Meneliti SDA dan SDM

Bagi usaha UKM yang memanfaatkan sumber daya alam, Anda harus paham dengan benar seberapa besar ketersediaan bahan baku yang diperlukan untuk bisnis Anda. Tulis lah dengan jelas bagaimana potensi yang ada, apakah sesuai dengan target yang tertulis dalam rencana Anda.

Selain SDM, SDA juga penting untuk diteliti ketika membuat rencana. Misalkan bagaimana target Anda untuk menghasilkan produksi besar, berapa jumlah karyawan yang harus diambil, berapa jumlah tenaga ahli yang harus di rekrut untuk mencapai tujuan tersebut.

Itupun harus tetap realistis. Mengapa?

Terukur dari segi modal

Selain mengukur dari segi SDA dan SDM, Anda juga harus tahu bagaimana potensi modal yang telah Anda miliki atau yang akan Anda dapatkan. Sehingga, Anda dapat membuat rencana bisnis yang terukur juga.

Tujuan rencana bisnis yang hebat akan lebih mudah untuk dikerjakan. Anda pun terasa ringan dan mudah untuk mencapai tujuan berikutnya.

Itulah alasan yang kuat mengapa rencana harus terukur, baik dari segi modal, SDA dan SDM dan lain sebagainya.

Membuat Kegiatan yang Akan Dilakukan Untuk Mencapai Tujuan
Langkah selanjutnya, Anda harus membuat list item pekerjaan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah Anda buat. Dengan kata lain, Anda membuat jadwal pekerjaan sesuai dengan plan bisnis Anda.

Untuk mewujudkan rencana bisnis dengan cepat, Anda juga harus mampu membuat jadwal pekerjaan dengan baik. Lalu, coba disiplin dengan jadwal yang telah Anda buat.

Semakin disiplin Anda dalam bekerja, maka semakin besar kesempatan Anda mencapai kesuksesan rencana bisnis Anda.

Agar jadwal kegiatan Anda lebih maksimal, manfaatkan apapun yang serasa menyenangkan bagi Anda. Misalkan dengan memanfaatkan teknologi smartphone, atau degan memanfaatkan aplikasi tertentu.

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi kegiatan yang sangat lengkap, Anda dapat melakukan input durasi waktu, inter koneksi antar kegiatan dan lain sebagainya.

Koreksi atau Tinjau Ulang

Setelah pada periode tertentu, Anda tentu harus mereview ulang kegiatan Anda. Bukan hanya kegiatan saja, Anda juga harus mereview ulang rencana bisnis Anda pada periode waktu tertentu.

Apa tujuannya?

Sudah jelas bahwa setiap perencanaan tentu perlu perbaikan atau penambahan jika memang diperlukan. Cara ini cukup efektif mengingat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi terkadang cenderung membawa perubahan.

Lakukan analisa dengan cermat dan baik pada setiap perubahan pasar yang ada agar Anda tetap mampu berkembang apapun perubahan yang terjadi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin membuat rencana bisnis UKM. Penulis yakin Anda juga tentu memiliki segudang pengetahuan tentang rencana bisnis. Apalagi teknologi sudah maju, manfaatkan teknologi tersebut untuk menambah wawasan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top