Startup UKM Lokal yang Mendunia

Startup UKM Lokal yang Mendunia, Saat ini, sudah banyak perusahaan startup yang berdiri dan meraih kesuksesan. Tak ketinggalan dengan peran startup milik anak negeri yang bisa unjuk gigi dan akhirnya bisa mendunia. Memang, tidaklah mudah untuk bisa membangun bisnis atau perusahaan startup.

Oleh sebab itu, perusahaan startup bukanlah jenis dari investasi mudah karena memang ada banyak resiko. Jika tidak jeli, investor bisa saja mengalami kegagalan karena bisnis startup memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.

Tapi, tidak sedikit bisnis startup yang juga berhasil bahkan mendunia. Berikut beberapa perusahaan startup lokal yang berhasil hingga mendunia:

Startup UKM Lokal yang Mendunia

1. Go-Jek

Siapa yang tidak kenal dengan si pasukan hijau ini. Go-Jek mulai beroperasi dari tahun 2011 di Jakarta dan kini hampir di seluruh kota besar perusahaan ini sudah menyebar. Nadiem Makarim sebagai founder Go-Jek mengaku walau bisa diminati pasar internasional,

Go-Jek khusus untuk Indonesia. Memang, persaingan semakin ketat dengan hadirnya GrabBike, Ojek Syari, LadyJek, BlueJek dan lain-lain, nyatanya Go-Jek masih mendominasi pasar. Penambahan fitur seperti Go-Clean, Go-Busway, Go-Glam, Go-Mart, Go-Box, Go-Courier dan Go-Ride menjadi bukti bahwa Go-Jek semakin berkembang.

Perusahaan ini juga kabarnya akan diboyong oleh Presiden ke Sillicon Valley. Sumber dana investasi juga berasal dari dalam dan luar negeri. Sebagai contoh, Arthur Benjamin dikabarkan menjadi angel investor perusahaan si pasukan hijau ini bahkan dari awal berdiri.
2. Tokopedia

Awalnya, ide bisnis William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia diremehkan banyak orang mengingat tak satupun dari keluarganya yang merupakan pebisnis. Ia juga awalnya bekerja sebagai karyawan IT dan Bussiness Development Manager selama 10 tahun.

Dengan ketekunannya, tahun 2009, ia pun berhasil mendirikan marketplace dengan nama Tokopedia. Bahkan, Tokopedia dengan lantang dan percaya diri mengkalim dirinya adalah salah satu pimpinan dari semua perusahaan e-Commerce di Indonesia.

Pendanaan juga didapatkan dari dua perusahaan investasi besar yakni Sequoia dan Softbank yang memberi dana hingga Rp 1,2 triliun.
3. Kaskus

KasKus atau Kasak Kusuk didirikan oleh Andre Darwis, Budi dan Ronald. Awalnya mereka yang sedang kuliah di Seattle, Amerika, memiliki perasaan rindu dengan Indonesia yang menjadi negara kelahirannya. Mereka kemudian membuat forum berisi berita Indonesia yang diterjemahkan.

KasKus pun lahir pada tanggal 6 November 1999. Kemudian, dalam perkembangannya berubah menjadi website komunitas bahkan hingga menjadi komunitas terbesar di Indonesia.

Berbagai penghargaanpun KasKus dapatkan seperti The Best Market Driving Company, The Best Innovation in Marketing diberikan oleh Marketing Magazine serta The Greatest Brand of the Decade tahun 2009-2010 oleh Mark Plus Inc.

slider_desktop_id
4. Kakatu

Perusahaan startup ini didirikan pada tahun 2014 oleh Robi Tanzil Ganepi yang saat ini bekerjasama dengan perusahaan Samsung Galaxy Tab 3V.

Kakatu merupakan aplikasi yang dibuat untuk membatasi konten atau aplikasi pada smartphone yang dikhususkan bagi orang tua agar anak-anak mereka yang menggunakan gadget bisa dikontrol dengan baik.

Hal ini karena tingkat keprihatinan yang tinggi karena fakta menunjukkan pengguna Internet di Indonesia didominasi oleh anak dan remaja usia 10 sampai 19 tahun.

Ada banyak fitur dari aplikasi ini. Wajar jika Kakatu kemudian mendapat penghargaan bernama Bubu Wards v.09 sebagai startup terbaik.
5. e- Fishery

Bisa dikatakan, e-Fishery merupakan perusahaan startup yang lain dari yang lain. Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy yang memiliki bisnis peternak ikan lele membuat terobosoan dengan menggunakan sistem cerdas bernama e-Fishery.

Alat ini dikatakan cerdas karena bisa memberi makan secara otomatis, mendeteksi nafsu makan ikan, bahkan bisa mencatat serta melaporkan performa dari pemberian pakan.

September 2015 lalu, perusahaan ini mendapat investasi pra-seri A dari Aqua Spark, perusahaan asal Belanda serta VC dalam negeri, Ideosource.

Pastinya, masih ada banyak perusahaan startup lokal yang berhasil membawa nama Indonesia ke dunia. Paling tidak, dari 5 perusahaan startup diatas telah membuktikan bahwa anak negeri juga bisa bersaing di pasar global.

Jika Anda berminat untuk meninggalkan investasi mudah dan beralih ke bisnis startup yang memiliki resiko serta keuntungan yang lebih besar, maka sudah seharusnya Anda mempersiapkan dengan baik dari mulai tahap perencanaan hingga target yang ingin diraih.


Berita UKM | Bisnis Online | Even Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Inspirasi Bisnis UKM | Koperasi | Kredit UKM | Manajemen Bisnis | Pelatihan Bisnis UKM | Peluang Bisnis UKM | Peluang Usaha | Pemasaran Bisnis UKM | Pembiayaan UKM | Seputar UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM | Ulasan Bisnis UKM

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply