Strategi Tarik Perhatian Pelanggan

Strategi Tarik Perhatian Pelanggan, sebagai pelaku usaha tentu kita harus memikirkan cara untuk mempromosikan produk atau jasa kita ke khalayak umum. Tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang matang dan inovatif untuk bisa menggaet calon pelanggan.

Apalagi melihat perkembangan industri di Indonesia sekarang ini, setiap pelaku usaha harus mempunyai cara yang unik, kreatif, dan anti mainstream untuk menggaet perhatian calon pembeli atau pelanggan.

Dalam menyusun strategi pemasaran, pastikan kita harus mencetuskan ide yang original, utuh, dan kredibel. Sehingga akan menarik rasa penasaran calon pembeli, dan pada akhirnya akan terjadi peningkatan angka penjualan produk atau jasa.

Ada beberapa strategi pemasaran  yang harus dicoba untuk menarik simpati banyak calon pembeli, antara lain :

 

Berikan Keuntungan Ganda

Pada dasarnya para pembeli ingin mendapatkan perhatian lebih dengan mendapatkan keuntungan ganda dari transaksi jual beli, seperti mendapatkan voucher belanja atau penawaran spesial. Memberi kesan yang baik kepada pembeli akan terus berlangganan dengan produk tersebut. Prospek besarnya, para pembeli secara tidak langsung akan melakukan promosi lewat mulut ke mulut kepada teman atau koleganya dan memberikan keuntungan berlipat ganda bagi pelaku usaha.
Bonus Gratisan Menarik

Memberikan bonus gratisan menarik setelah keuntungan ganda kepada para pembeli, akan semakin memberi kesan memikat kesetiaan pembeli untuk jatuh hati ke produk atau jasa dari pelaku usaha tersebut. Mengkombinasikan keuntungan ganda dengan bonus gratisan merupakan strategi yang sangat luar biasa menarik hati pembeli. Bonus gratisan ini harus sesuai dengan minimal nominal yang ditetapkan oleh pelaku usaha. Contoh bengkel mobil akan memberikan garansi selama 2 minggu setelah melakukan service di bengkel tersebut, jika terjadi kerusakan atau kesalahan.

 

Display Produk Kreatif

Buatlah display kreatif, lucu, dan unik pada produk, toko, atau tempat usaha, untuk menarik pembeli untuk segera membeli atau hanya sekedar foto saja. Karena jika pangsa pasarnya menyasar anak sekolah atau mahasiswa, akan memberikan nilai marketing yang spontan dalam arti, anak muda sekarang sangat update sosial media dengan berfoto tempat, produk, atau destinasi yang unik. Sehingga dengan tersebarnya foto tersebut, akan memberikan nilai pemasaran yang efektif tanpa harus memerlukan biaya mahal.

 

Event Kuis dan Kompetisi

Strategi pemasaran dengan membuat event kuis dan kompetisi lebih menitik beratkan pada pemasaran yang menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Dengan memberikan hadiah atau reward yang menarik dan unik, tentu mengundang decak kagum para peserta dan pembeli untuk mengikuti event itu, serta dengan syarat menggunakan produk dan brand dari pelaku usaha tersebut. Hal ini sangat efektif membuat rasa penasaran dengan mengharapkan untuk memenangkan kuis dan kompetisi itu.

 

Adakan Free Trial

Pemasaran produk dengan strategi ini sangat efektif untuk menarik simpati dari para pembeli. Cara free trial, tester, dan free produk adalah sebuah bentuk cara promosi dari sebuah produk, brand atau jasa yang sangat sulit dilewatkan oleh para pembeli. Sehingga langkah ini, termasuk cara pemasaran yang tepat dan menimbulkan rasa kecanduan untuk terus berlangganan.

Dengan mencoba strategi pemasaran di atas, rasa penasaran calon pembeli bisa semakin tinggi dan tidak menutup kemungkinan jika kemudian terjadi transaksi jual beli. Tentu prinsipnya harus mengutamakan kualitas dan kepercayaan dalam melakukan pemasaran atau promosi dari produk.

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply