Sumber Pendanaan dan Pembiayaan untuk Permodalan UKM

Sumber Pendanaan dan Pembiayaan untuk Permodalan UKM / Koperasi, Sebelum menulis tentang sumber dana dan pembiayaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UMKM, sebaiknya anda memahami terlebihdahulu mana usaha yang masuk dalam kategori ini. Kalau menurut wikipedia yang termasuk dalam kateogri ini adalah mereka yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200,000,000 (tidak termasuk tanah dan bangunan).

Sumber Pendanaan dan Pembiayaan untuk Permodalan UKM menurut KepRes No 99 tahun 1998 yang dimaksud kategori ini adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Untuk membantu para pemilik dan pengelola usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kementrian negara koperasi dan UKM telah membantuk sebuah lembaga untuk mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan koperasi dan UMKM dalam bentuk pinjaman serta pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan para koerasi dan pemilik/pengelola UMKM. Dengan dibentuknya lembaga ini diharapkan pengelolaan dana bergulir ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk koperasi dan UMKM.

Jasa Optimasi Website

Jasa Optimasi Website

Ada beberapa jenis bantuan atau pinjaman pembiayaan permodalan UMKM yang disediakan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah ini, beberapa diantaranya adalah sbb:

Pinjaman dan Pembiayaan untuk Koperasi Sektor Rill

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koprrasi:

  1. Koperasi Primer dan/atau Sekunder yang telah berbadan hukum;
  2. Berpengalaman menjalankan usaha terkait dengan tujuan penggunaan pinjaman/pembiayaan dan memiliki kinerja baik selama 2 (dua) tahun terakhir yang ditunjukan dengan: memperoleh SHU yang positif serta melaksanakan RAT.
  3. Untuk seluruh Pinjaman/Pembiayaan atau dalam bentuk lainnya, dengan plafond di atas Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), harus dilengkapi dengan laporan keuangan audited minimal 2 (dua) tahun terakhir dengan opini minimal wajar dengan pengecualian.
  4. Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil untuk Pinjaman/Pembiayaan diatas Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah), sedangkan untuk Pinjaman/Pembiayaan sampai dengan Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) menandatangani surat perjanjian secara dibawah tangan.
  5. Bersedia menandatangani surat perjanjian secara notariil.

Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Lembaga Perantara

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koperasi dan UKM melalui Lembaga Perantara:

  1. Berpengalaman menjalankan kegiatan usaha minimal 3 (tiga) tahun dan memiliki kinerja baik pada 1 (satu) tahun terakhir yang ditunjukkan dengan menunjukkan laba yang positif.
  2. Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  3. Berpengalaman menjalankan usaha produktif di sektor riil terutama mengusahakan komoditi unggulan dan/atau berorientasi ekspor.
  4. Meningkatkan ekonomi perempuan dan/atau kelompok masyarakat miskin dan/atau kelompok penderita cacat tubuh dan/atau kelompok keagamaan yang mempunyai aktivitas produktif, atau
  5. Berlokasi di daerah perbatasan dengan Negara lain, atau
  6. Adanya unsur pemberdayaan sesuai dengan kebijakan Pemerintah.
  7. Bersedia menandatangani surat perjanjian pinjaman secara otentik
  8. Bersedia memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh lembaga yang dibentuk oleh pemerintah tersebut.

Pinjaman dan Pembiayaan Untuk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Strategis Melalui Perusahaan Modal Ventura

Persyaratan Pinjaman Pembiayaan Koperasi dan UKM melalui Perusahaan Modal Ventura:

  1. Menjalankan usaha produktif.
  2. Memenuhi kriteria Koperasi, atau Usaha Kecil, atau Usaha Menengah sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  3. Memiliki kelayakan usaha yang dipersyaratkan oleh perusahaan modal ventura untuk mengembangkan usahanya.
  4. Dapat menciptakan lapangan kerja.
  5. Sanggup memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan modal ventura

Demikianlah beberapa jenis pinjaman atau bantuan pembiayaan untuk badan usaha yang berbentuk koperasi dan mereka yang bergerak disektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk informasi lebih lengkap, termasuk form pengajuan dan proposal pengajuan pinjaman dapat di unduh dan dibaca lebih lengkap di website lpdb-kumkm sebagai lembaga pengelolaan dana bergulir untuk koperasi dan UMKM ini. Atau jika Anda ingin mempelajari dari sumber lainnya bagaimana cara mendapatkan modal usaha, maka panduan mencari modal usaha yang dibuat oleh bpk. sariyanto di semarang bisa menjadi referensi yang cukup baik.

Modal Usaha untuk Bisnis UKM

Modal Usaha untuk Bisnis UKM

Bagaimana Cara Cari Pembiayaan UKM dengan Cara Lain?

Apa tantangan tersulit bagi seorang pengusaha? Umumnya mencari sumber pendanaan yang tepat untuk memulai bisnis.

Pendanaan sangat penting sebagai modal awal peluncuran bisnis. Bagi para pengusaha UKM yang baru akan memulai bisnis mencari sumber pendanaan bukanlah perkara mudah. Belum memiliki portofolio yang mumpuni adalah salah satu alasan yang bias membuat investor besar tidak berani bertaruh berinvetasi modal.

Berikut lima cara mencari modal untuk UKM Anda

Bootstrap: Manfaatkan sumber finansial sendiri

Menggunakan uang pinjaman untuk tahap awal bisnis mungkin tak terlalu aman. Oleh karena itu, menggunakan uang tabungan sendiri bisa jadi cara yang lebih baik. Namun, cermat dan bijaksanalah dalam memanfaatkan uang tabungan dalam membangun usaha.

Keluarga dan teman

Jika tidak punya cukup tabungan untuk memulai bisnis, jangan patah semangat dulu. Undang keluarga dan teman untuk berinvestasi dalam UKM kita. Jika usaha kita sukses di kemudian hari, jangan lupa untuk mengembalikan uang mereka. Sebelumnya, katakan kepada mereka bahwa untuk mengembalikan uang mereka akan membutuhkan beberapa waktu.

Crowdfunding

Jika kedua cara di atas tidak memungkinkan, cobalah cari pendanaan dengan crowdfunding. Crowdfunding atau dalam bahasa sederhananya “patungan” bisa menjadi alternatif mendapatkan modal untuk memulai bisnis. Kini ada banyak situs yang memungkinkan kita melakukan crowdfunding. Pengguna situs cukup memaparkan ide bisnisnya. Jika ide bisnis cukup menarik, orang-orang akan mau patungan agar bisnis tersebut berjalan. Jangan lupa ya untuk menawarkan imbalan yang menarik untuk mereka. Biasanya imbalan bisa berupa produk awal bisnis.

Angel investor

Jika UKM kita sudah berkembang ke tahap selanjutnya dan membutuhkan dana, maka angel investor bisa menjadi opsi pendanaan yang oke punya.  Angel investor sendiri adalah individu atau sekelompok orang kaya yang menawarkan permodalan. Biasanya, para pemodal ini akan menjadi pemilik saham sebagai imbalannya.

Pinjaman bank

Pinjaman bank adalah opsi yang tepat bagi UKM yang memang sudah berjalan dan sedang membutuhkan dana. Tapi, bersiaplah dengan proses yang biasanya cukup sulit dan memakan waktu karena bank harus mengulas bisnis yang sedang berjalan.

Selalu ada risiko dalam berbisnis. Pilihlah cara permodalan yang sesuai dengan tahap perkembangan UKM kita.

 

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply