Bisnis Rumah Kos Kosan Menjadi Usaha Yang Menggiurkan


Banyak sekali macam investasi yang bisa anda pilih. Ada satu bentuk investasi yang paling menguntungkan, menarik serta menjanjikan di masa depan yaitu rumah kos.

Anda pasti tidak asing dengan pepatah yang berbunyi, “bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian” agaknya pepatah ini cocok untuk memberi gambaran anda tentang jenis investasi rumah kos.

Kita juga dapat mengibaratkan proses investasi rumah kos ini seperti menanam pohon di halaman rumah. Memang pada awalnya kita harus mengeluarkan tenaga untuk merawat, memberi pupuk, menyiram, serta memeliharanya.

Tetapi kemudian saat pohon ini telah tumbuh besar dan menghasilkan buah, kita dapat menikmati buahnya dikemudian hari.

Itulah gambaran tentang berinvestasi rumah kos. Memang benar bahwa awalnya modal yang dibutuhkan besar, tetapi apabila menilik hasilnya maka modal yang besar tersebut menjadi sebanding.

Dengan begini bahkan anda dapat menikmati hari tua anda tanpa takut kekurangan finansial. Mengapa demikian? karena memang kenyataannya berinvestasi rumah kos akan mendapatkan jaminan keuangan yang stabil, jauh dari kata rugi, dan bisa dikatakan amat menjanjikan.

Potensi dan profit yang sangat menjanjikan dari bisnis rumah kos

Lalu, apa sajakah keuntungan berinvestasi pada rumah kost-an?

Dapat dikatakan bahwa usaha rumah kost dapat mengembalikan modal awal dengan cepat.

Mengapa demikian? karena perputaran uang pada bisnis rumah kost tidaklah lama. Dalam kurun waktu kurang lebih sepuluh tahun, dapat dipastikan bahwa modal awal yang anda keluarkan telah kembali seluruhnya, serta ditambah keuntungannya pula!

Berinvestasi pada rumah kost akan jauh dari kemungkinan rugi.

Mengapa hal ini bisa terjadi? karena faktanya tidak ada riwayat penurunan harga pada kost kost an, bahkan setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.

Apalagi jika terdapat fasilitas yang anda tambahkan pada rumah kost, maka anda dapat menaikkan harga sewa hingga 10-15 persen dari harga pasarnya.

Peminat dari rumah kost adalah tinggi, maka anda tidak perlu khawatir kekurangan penyewa.

Ada data menunjukkan bahwa sebesar hampir sembilan puluh persen para perantau membutuhkan rumah kost. Terlebih apabila ternyata anda membangun rumah kost tersebut tidak jauh dari kampus, maka dapat dipastikan kost tersebut penuh.

Bisnis rumah kos dapat memberikan peluang bisnis yang lainnya.

Apa saja bisnis yang lainnya itu? banyak sekali contohnya seperti jasa laundry binatu, kantin, warung makan, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? karena para perantau biasanya amatlah sibuk, jadi lebih memilih membeli atau menggunakan jasa orang lain.

Angka Capital Tinggi

Apabila anda telah menggeluti investasi dibidang rumah kost, tentu saja anda mengerti bahwa ini sangat berbeda dengan apabila anda hanya menjual tanah saja.

Menggeluti bisnis rumah kost ini memberikan anda investasi yang berjangka panjang, karena tentu saja keuntungan yang diberikan jauh lebih tinggi apabila anda hanya menjual tanah kosong. Mengapa demikian? disini anda tidak hanya menjual bangunan, tetapi juga jasa.

Modal Awal yang Tinggi untuk Keuntungan yang Besar

Memang tidak dapat dihindari kenyataan bahwa berbisnis rumah kost membutuhkan modal yang amat banyak. Apabila dilakukan perhitungan biaya, memang dalam membangun satu unit rumah kost akan menghabiskan banyak biaya yang hampir sama dengan biaya ketika membangun rumah anda sendiri! Bahkan bisa lebih dari itu.

Terlebih apabila ternyata anda membuat rumah kost yang memiliki banyak kamar serta dilengkapi berbagai fasilitas seperti kamar mandi dalam, AC, Televisi, dan lain sebagainya.

Dengan fakta bahwa modal untuk berbisnis kost cukup besar, rasanya hampir mustahil apabila memulai bisnis kost tanpa uang modal.

Kost-kost seperti yang telah disebutkan diatas biasaya diminati oleh para pekerja yang sudah berpendapatan, atau mungkin bagi pendatang/perantau dari luar kota yang ingin menyewa tempat tinggal dengan fasilitas yang mencukupi.

Kelebihan dari kost seperti itu adalah harga sewa yang dapat lebih tinggi setiap bulannya. Sedangkan kekurangannya adalah tentu saja modal yang dibutuhkan untuk membangun rumah kost tersebut dapat dikatakan cukup tinggi.

Tetapi apabila ternyata modal anda tidak terlalu banyak, mungkin anda cukup membangun rumah kost yang setidaknya cukup layak untuk dihuni. Biasanya kost semacam ini harganya dilihat permeternya saja. Yang terpenting dari kostan layak huni adalah adanya kamar tidur, kamar mandi, terdapat listrik, dan fasilitas mendasar lainnya.

Mengapa anda tidak perlu khawatir? karena pelanggan tidak hanya pada kalangan elit saja, Bahkan pangsa pasar yang besar terdapat pada pelanggan kelas menengah kebawah. Biasanya untuk kost ini targetnya adalah mahasiswa yang merantau.
Hal yang perlu anda perhatikan apabila akan mendirikan bangunan rumah kos

Ada beberapa kiat maupun tips yang perlu anda simak apabila anda ingin terjun pada investasi rumah kost. Beberapa tipsnya antara lain:

Pilihlah Lokasi Pembangunan yang Strategis

Ini sangat penting untuk anda perhatikan. Apabila anda mendirikan rumah kost pada posisi yang strategis, tentu saja memperbesar peluang peminatnya.

Lokasi strategis bisa ia terletak dekat institusi pendidikan, dekat jalan raya, dekat dengan perusahaan atau pabrik, dan lain sebagainya.

Akan berbeda jalan ceritanya apabila anda ternyata mendirikan usaha rumah kost anda dipedesaan. Pertanyaannya adalah siapa orang yang mau menyewa kost di pedesaan?

Maka dari itu, pilihlah lokasi yang tepat. Dan juga, lokasi startegis tersebut harus anda sesuaikan dengan target pasar anda. Misalkan target anda adalah karyawan, maka anda mendirikan rumah kost di dekat perusaahan atau pabrik, dan lain sebagainya.

Memperhatikan Tingkat Keamanan

Tips yang kedua adalah anda perlu menganalisa serta memastikan apakah daerah tempat pendirian kost anda tersebut aman serta kondusif.

Kenyataannya banyak para penghuni kost yang kemudian memilih untuk berpindah hunian dikarenakan daerah tersebut rawan pencurian, kekerasan, preman, dan lain sebagainya.

Desain yang Minimalis dan Modern

Selanjutnya adalah aspek desain pada rumah kost anda. Ini adalah hal yang harus diperhatikan,karena tentu saja menambah daya tarik bagi para calon penyewa.

Apabila target pasar anda adalah mahasiswa maka baiknya anda membuat lokasi hunian yang nyaman untuk belajar. Apabila ternyata target pasar anda adalah karyawan atau pekerja, maka anda perlu menciptakan desain yang nyaman untuk beristirahat.

Fasilitas

Selanjutnya adalah fasilitas yang perlu anda pertimbangkan dalam membangun rumah kost anda. Seperti misalnya, apakah rumah kost anda menyediakan fasilitas kamar mandi dalam ataukah luar, berapakah luas rumah kost, berapa besar daya listriknya, dan lain sebagainya.

Atau mungkin anda dapat menambah fasilitas penjunjang seperti wifi dan lain sebagainya. Harga kos anda akan berbanding lurus dengan fasilitas yang anda tawarkan. Apabila demikian, otomatis pendapatan bulan anda semakin tinggi juga.

Harga Sewa

Aspek yang satu ini akan sangat penting terlebih jika target pasar anda adalah pelajar atau mahasiswa.

Seorang pelajar atau mahasiswa perantau belum berpenghasilan, maka uang yang didapatkan pun masih dari pemberian orang tua.

Maka dari itu perlu untuk anda menyesuaikan harga yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Juga mungkin anda dapat menentukan harga kost anda berdasarkan harga kost disekitar anda.

Itulah informasi yang kami sediakan untuk anda, yang mana bisa menjadi pegangan untuk anda mulai merencanakan pembangunan investasi rumah kost anda.

There is no more story.
Next Pakar Branding UKM - BISNISUKM.ID

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *