Tips Sukses Cara Mulai Bisnis UKM


Tips-Bisnis-UKM
Tips-Bisnis-UKM

Tips Sukses Cara Mulai Bisnis UKM, Tips dan Kiat Sukses untuk Memulai UKM Untuk meraih kesukesan tidak ada jalan yang instant. Termasuk dalam bidang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut Gunawan Ardiyanto, konsultan bisnis sekaligus penulis buku-buku tentang UKM, untuk bisa menuju kesuksesan dan peluang usaha, UKM memerlukan proses dan waktu proses tersebut tidak sama antara usaha yang satu dengan usaha lainnya.
Agoen, sapaannya, menilai bahwa proses tersebut juga harus ditunjang oleh pengetahuan dalam menjalankan bisnis UMKM. Berikut ini 5 tips untuk sukses di bidang UMKM untuk Anda yang ingin memulai usaha.

Pahami Kebutuhan Pasar

Analisis yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan produk seperti apa yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. Ini akan sangat membantu Anda agar bisa membuat produk sesuai permintaan pasar.

Kenali Pesaing

Anda harus mengamati produk yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Temukan kelebihan dan kekurangannya.

Jual Kualitas

Mutu dan kualitas adalah hal yang sangat penting. Jika Anda ingin menjadikan produk Anda sebagai national flag dibidangnya, tentu mutu dan kualitas harus menjadi standar utama. Produk yang baik menentukan harga.

Business Plan

Trial and error adalah usaha dengan coba-coba dan tidak mau belajar dari ahlinya, tidak mau mengeluarkan biaya untuk proses belajar tersebut dan akhirnya malah mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk kegagalan yang dilakukandan juga mengalami kerugian yang sebenarnya bisa dihindari atau paling tidak diminimalkan.
Rencana bisnis (business plan) ini tidak hanya diperlukan pada saat memilih dan memulai suatu usaha, tetapi bisa juga digunakan untuk mengevaluasi sampai mengembangkan usaha.

Standar Operasional Prosedur (SOP)

SOP bisa diartikan sebagai perincian dari rencana bisnis yang Anda miliki. Adanya SOP dalam suatu perusahaan bermanfaat untuk menjaga konsistensi suatu prosedur kerja dalam memberikan kejelasan prosedur kerja, tanggung jawab dan wewenang serta yang paling penting dapat meminimalisir kesalahan karena langkap-langkahnya sudah dijelaskan dalam SOP ini. Selain itu, SOP juga berfungsi agar pekerjaan menjadi lebih mudah karena pendelegasian pekerjaan lebih jelas.

Strategic Plan

Strategic plan ini digunakan sebagai strategi untuk setiap permasalahan yang ada baik intern maupun ekstern., jangka pendek, menengah atau jangka panjang dan juga dapat digunakan untuk menghadapi partner, supplier, bahkan karyawan Anda sendiri.

Membangun Network

Membangun network atau jaringan bisa dilakukan dengan berbagai cara, jaringan ini diperlukan untuk mencari partner yang akan selalu mensupport usaha kita misalnjya supplier, transporter, distributor, dan lain sebagainya.
8. Memanfaatkan Internet dan Media Sosial
Selain iu, membangun jaringan atau network juga dapat dimulai dengan penggunaan media sosial secara efektif sehingga dapat menghemat waktu dan juga biaya yang dikeluarkan. Calon pelaku UKM harus belajar melek media yaitu menggunakan berbagai media sosial seperti email, facebook, twitter, BBM, membuat blog dan atau website.

Previous Potensi pembiayaan UMKM tak tersentuh perbankan capai Rp1.000 triliun
Next LPEI dorong daya saing UMKM melalui e-commerce

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *