Tips Memulai Bisnis Makeup Artist (MUA) yang Menjanjikan

bisnis-ukm-solo-mua.jpg

Tips Memulai Bisnis Makeup Artist (MUA) yang Menjanjikan – Profesi sebagai MUA (makeup artist) sangat menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Karena tidak hanya saat pernikahan saja jasa ini dibutuhkan, acara lain seperti wisuda, photoshoot, prewedding, karnaval budaya, acara-acara formal, maupun non formal lainnya juga membutuhkan jasa MUA.

Profesi ini terbilang menjanjikan karena penghasilan yang diperoleh seorang MUA tidak main-main. Misalnya sekelas MUA ternama, mematok tarif makeup pernikahan tanpa jasa sewa baju bisa mencapai 9 Juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk akomodasi, transportasi, dan konsumsi jika merias di luar kota. Bagi Anda yang ingin atau sedang memulai bisnis jasa MUA, ikuti beberapa tips berikut ini untuk meraih kesuksesan dan keuntungan.

Asah Kemampuan

Berprofesi sebagai MUA, berarti Anda harus memiliki kemampuan dalam urusan merias. Entah kemampuan itu Anda dapatkan dari pendidikan formal seperti kursus maupun otodidak. Profesi ini membutuhkan keterampilan, sehingga Anda harus banyak latihan untuk mengasah kemampuan Anda. Mintalah teman atau saudara Anda menjadi model percobaan riasan Anda. Semakin sering Anda mencoba, kemampuan Anda akan secara otomatis berkembang.

Persiapkan Peralatan

Peralatan makeup merupakan senjata MUA dalam mempersiapkan peralatan dengan baik dan wajib dilakukan. Anda harus mempersiapakan beberapa pilihan kosmetik karena klien Anda pasti memiliki jenis kulit yang bebeda-beda. Pastikan Anda memiliki ragam peralatan untuk dapat merias berbagai acara sesuai permintaan klien.

Buat Portofolio di Social Media

Membuat portofolio bagi MUA merupakan hal yang penting dilakukan. Setiap sebelum dan setelah makeup Anda dapat meminta izin kepada klien untuk mendokumentasikannya, kemudian upload ke social media yang terpisah dengan akun pribadi. Mintalah klien Anda yang selesai dirias untuk melakukan promosi dengan me-mention posting-an hasil makeup ke akun bisnis Anda. Dengan portofolio, calon konsumen dapat lebih percaya dan tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Kerja Sama dengan Wedding Organizer

Mengandalkan portofolio di akun social media saja belum cukup, cobalah untuk menawarkan jasa makeup pada wedding organizer. Selain menambah jam terbang, juga dapat memperluas relasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet lagi untuk mencari klien. Anda cukup menuggu kabar dari wedding organizer tersebut.

Memang tidak mudah menjadi MUA terkenal yang memiliki keuntungan yang lebih, semua harus melalui proses panjang. Namun, hasil kerja keras Anda akan terbayar apabila Anda memegang komitmen dan mencintai pekerjaan Anda. Pengelolaan keuangan dalam profesi ini tidak kalah penting. Karena Anda tidak cukup membeli peralatan tersebut satu kali saja. Setiap kali habis Anda harus membeli yang baru dengan memutar uang penghasilan dari jasa MUA. Jika tidak memiliki laporan keuangan yang jelas, Anda akan kebingungan memperhitungkan berapa keuntungan yang sebenarnya Anda dapatkan dan berapa yang harus digunakan untuk membeli alat.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top