Tips Menghemat Biaya Produksi

bisnis-ukm-solo-biaya-produksi.jpg

Tips Menghemat Biaya Produksi – Apakah usaha Anda masih tergolong usaha golongan kecil dan menengah? Salah satu hal yang Anda lakukan pasti menjaga kondisi finansial usaha Anda? Untuk menjaga operasionalnya, usaha UKM harus menjaga kondisi finansialnya.  Biasanya, pelaku usaha akan condong untuk melakukan penghematan biaya produksi agar kondisi finansialnya baik.

Tentu saja penghematan biaya produksi tidak dapat dilakukan dengan mudah karena Anda harus memastikan kualitas produk UKM juga bagus, sehingga konsumen tidak pergi ke kompetitor Anda. Oleh karena itu efisiensi menjadi kunci dalam melakukan penghematan biaya produksi. Lalu bagaimana cara menghemat biaya produksi agar menjadi efisien? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya produksi UKM Anda.

Buat Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku

Bahan baku merupakan faktor utama dalam proses produksi, karena itu untuk menghemat biaya produksi, Anda dapat mulai dari perencanaan bahan baku. Jika usaha Anda masih dalam skala UKM, Anda dapat mengatur bahan baku menjadi lebih mudah. Caranya, Anda bisa mulai dengan membuat grafik rata-rata penjualan harian dengan data penjualan Anda. Kemudian, jumlahkan rata-ratanya dan angka yang didapat tersebut menjadi dasar sebagai informasi untuk merencanakan pembelian bahan baku. Dengan begitu, biaya produksi yang dikeluarkan menjadi efisien.

Gunakan Bahan Baku dengan Bijak

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan bahan baku yang ada secara bijaksana. Maksudnya, gunakanlah bahan baku sesuai dengan kebutuhan, tidak boros, dan tidak berlebihan meskipun jumlah persediaan bahan baku banyak. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluarsa bahan baku juga. Aturlah bahan baku sesuai dengan tanggal kedaluwarsa, bahan baku dengan tanggal kedaluwarsa yang dekat digunakan terlebih dahulu dibandingkan dengan bahan baku dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Dengan demikian, tidak akan ada bahan baku yang terbuang sia-sia karena alasan habis masa expired-nya dan kualitas produk tetap terjaga.

Menekan Biaya Overhead

Biaya overhead yang sebaiknya Anda atur adalah biaya overhead yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Contohnya seperti biaya listrik, telepon, uang lembur, biaya pemakaian peralatan, dan lainnya. Sebagian pelaku usaha biasanya tidak memperdulikan biaya ini padahal jika dapat Anda atur dengan baik akan membantu Anda mengurangi biaya produksi. Bagaimana cara mengetahui dan menghitungnya? Coba lihat catatan keuangan usaha Anda, perhatikan setiap biaya yang terjadi, kemudian deteksi biaya mana yang dapat dikurangi penggunaannya atau biaya mana yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Lakukan Perawatan Peralatan Produksi

Menjaga peralatan produksi merupakan salah satu bentuk investasi. Jika peralatan tidak dan jarang mengalami kerusakan, maka biaya untuk perbaikan atau penggantian aset dalam bentuk peralatan menjadi tidak ada. Sebaliknya, jika Anda tidak merawat peralatan produksi maka alat produksi dapat rusak dan akibatnya kualitas produksi menjadi buruk atau keluar biaya untuk perbaikan. Jadi untuk menghindarinya, lakukanlah perawatan alat-alat produksi secara teratur dan rutin. Sehingga peralatan produksi mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan. Peralatan produksi yang berusia panjang ini akan membantu Anda menghemat biaya produksi.

Berikan Upah Tenaga Kerja yang Wajar

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya produksi adalah dengan memberikan upah tenaga kerja yang wajar. Namun, perlu Anda tahu bahwa upah tenaga kerja merupakan hal yang sensitif sehingga berhati-hatilah untuk melakukan langkah ini. Berikanlah upah yang wajar dan sesuai dengan kebutuhan, lingkungan, kinerja karyawan. Untuk menentukan gaji atau upah Anda dapat mengajak diskusi dengan para karyawan Anda kemudian sesuaikan dengan faktor-faktor lain. Gaji atau upah merupakan hal yang menyangkut kepentingan banyak orang sehingga cara ini sebaiknya Anda lakukan sebagai opsi terakhir untuk menghemat biaya produksi.

 

Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top