Tugas dan Job Deskripsi Direktur Operasional

Tugas dan Job Deskripsi Direktur Operasional, jabatan direktur pada bagian tertentu. Karena sesungguhnya di perusahaan-perusahaan besar, biasa jabatan direktur itu di uraikan sesuai bidang-bidang yang dibutuhkan dalam perusahaan. Nah, salah satu jabatan yang akan kita bahas kali ini adalah direktur operasional.
Apa itu Direktur Operasional?

Direktur operasional adalah merupakan suatu fungsi kerja di sebuah perusahaan atau instansi yang bertanggung jawab pada semua aktivitas operasional perusahaan yang di bawahinya, mulai dari perencanaan proses hingga bertanggung jawab pada hasil akhir proses.

Deskripsi tugas Direktur Operasional ini biasanya mengikuti bidang perusahaan dimana ia bekerja, misalnya tugas direktur operasional transjakarta tentu akan berbeda dengan direktur operasional pertamina mengingat kedua perusahaan tersebut berkecimpung di dua bidang pekerjaan yang berbeda pula.

Tugas dan Wewenang Direktur Operasional

Dalam struktur perusahaan seorang direktur operasional berada di bawah langsung seorang direktur utama. Tugas dan tanggug jawab direktur utama sebelumnya sudah pernah kami ulas, bisa Anda lihat di sini.  Untuk mengetahui apa saja  deskripsi tugas direktur operasional perusahaan, berikut ini tugas dan tanggung jawab direktur operasional :

Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi seluruh pelaksanaan operasional perusahaan
Membuat standar perusahaan mengenai semua proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi
Membuat stategi dalam pemenuhan target perusahaan dan cara mencapai target tersebut
Membantu tugas-tugas direktur utama
Mengecek, mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan
Merencanakan, menentukan, mengawasi, mengambil keputusan dan mengkoordinasi dalam hal keuangan untuk kebutuhan operasional perusahaan
Mengawasi seluruh karyawan apakah tugas yang dilakukan sesuai dengan standar operasional perusahaan
Bertanggung jawab pada pengembangan kualitas produk ataupun karyawan
Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama
Bertanggung jawab pada proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi

Tugas dan wewenang direktur operasional perusahaan memang banyak dan tidak mudah, karena tugas dan tanggung jawabnya yang besar. Biasanya seorang direktur operasional memiliki asisten yang membantunya dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Kriteria Direktur Operasional

Seorang direktur operasional haruslah yang cerdas dan memiliki wawasan luas  Anda ingin menjadi direktur opersional handal di perusahaan impian Anda ? baca dulu syarat dan kriteria untuk menjadi seorang direktur operasional berikut ini :

Berperilaku baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana
Menguasai ilmu-ilmu dasar administrasi, keuangan, pembukuan dan urusan umum
Dapat berkomunikasi dengan baik
Mampu berbahasa asing
Memiliki jiwa pemimpin
Dapat memperkirakan dan memprediksi peluang dan resiko dalam bekerja
Bijaksana, sabar, teliti, tegas dan jujur
Dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
Dapat menjadi panutan dan menginspirasi bawahannya

Dengan alasan setiap bidang perusahaan berbeda-beda Job description direktur operasional di atas mungkin belum semuanya tertulis, namun paling tidak Anda mengetahui beberapa point penting tugas wewenang seorang direktur operasional.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Tugas dan tanggung jawab Direktur Operasional, semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengincar posisi jabatan tersebut.


Support Keyword: Bisnis UKM, Info UKM, Peluang Usaha, Tips Bisnis, Peluang Bisnis UKM, Seputar UKM, Bisnis Online, Ulasan Bisnis UKM

Menyediakan Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, Bisnis Waralaba, Promosi Bisnis UMKM. Potensi Bisnis Usaha kecil menengah (UKM) merupakan motor penggerak perekonomian di Indonesia. BisnisUKM.id media Bisnis Online di harapkan menjadi wahana sumber informasi terbaru pelaku bisnis UKM. Informasi Periklanan & Review Hub: info@bisnisukm.id

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply